Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bhi3Avatar border
TS
bhi3
Ribuan Hektar Hutan di Riau Terbakar


PEKANBARU - Sebanyak 1.246 hektar hutan dan lahan (Kahutla) di Riau terbakar, sejak 24 Juni hingga 26 Juli 2015. Komadan Satgas Kahutla Riau, Brigjen TNI Nurendi menegaskan bahwa kebakaran hutan dan lahan terjadi di 12 kabupaten dan kota di Riau.

"Dari 1.246 hutan dan lahan yang terbakar, sebanyak 1.125 hektar diantaranya telah berhasil dipadamkan," kata Nurendi kepada wartawan, Senin (27/7/2015).

Dia menjelaskan, daerah terparah kebakaran hutan dan lahan di Riau ada empat wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menempati urutan terbanyak, dengan luas lahan terbakar 400 hektar. Kemudian Kabupaten Pelalawan 232 hektar, Bengkali 177 hektar, dan Kota Dumai mencapai 124 hektar.

"Selain lahan, ada juga kawasan hutan konservasi seperti Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) yang terbakar. Untuk penanganan di TNTN cukup susah, walau hari ini sudah padam, ada angin kencang bisa terbakar lagi," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar engasr menjelaskan saat ini upaya pemadaman terus dilakukan baik dari udara maupun darat.

"Kalau untuk pemadaman dari udara saat kita menggunakan helikopter MI 171 dan Sikorsky. Dua heli itu melakukan water bombing (bom air-red) di daerah terparah," ucapnya.

Selain water bombing, upaya menciptakan hujan dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC) terus dilakukan. Pemerintah sudah menyiapkan hercules untuk menyemai awan. Hal ini dilakukan karena Riau dalam kondisi kemarau panjang.

Sumber News Nusantara Okezone.com
0
1.5K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan