Ingin Email Marketing Agan Optimal? Perhatikan Faktor-Faktor Ini!!
TS
docoblast
Ingin Email Marketing Agan Optimal? Perhatikan Faktor-Faktor Ini!!
9 Faktor Penting Untuk Mengoptimalkan Email Marketing
Spoiler for Gambar:
Sebagai seorang pelaku marketing, mengirim email seharusnya menjadi salah satu alat favorit Agan. Mengirim email bukan hanya cara yang sangat baik untuk berkomunikasi dengan audiens Agan dan menjaga daftar kontak Agan tetap sehat, tetapi email marketing juga bisa (dan seharusnya) digunakan sebagai sebuah jalur untuk menghasilkan leads.
Namun untuk mendapatkan lebih banyak leads dari email marketing, Agan terlebih dahulu harus memastikan bahwa pembaca membuka email-email Agan, dan mengklik link-link yang ada di dalam email. Inilah sebabnya mengapa sebagai seorang pelaku marketing, kita semua terobsesi dengan open rate dan click-through rate – karena peningkatan variabel-variabel ini akan memberikan lebih banyak peluang untuk mengkonversi para pembaca menjadi leads.
Tapi bagaimana cara membuat email yang sempurna? Bagaimana Agan mendorong para pembaca untuk membuka email Agan ketika mereka ada banyak email lain di dalam inbox mereka? Bagaimana Agan membuat penawaran yang menarik dan cukup memikat untuk mendorong mereka mengklik dan mengunjungi landing page yang Agan buat? Terlepas dari apakah Agan baru saja memulai strategi email marketing, ataukah Agan telah melakukannya selama bertahun-tahun, ada 9 komponen email yang penting untuk Agan selalu perhatikan. Mari kita lihat satu per satu.
1. Subject Email
Quote:
Mengapa subject email penting:
Agan perlu merebut perhatian pembaca. Subject email Agan adalah apa yang akan dilihat oleh para penerima email sebelum mereka membuka email Agan. Yang lebih penting, subject email adalah satu dari sedikit informasi yang akan mereka perhitungkan ketika memutuskan apakah harus membuka email Agan terlebih dahulu atau tidak.
Bagaimana Mengoptimalkannya:
Pertama, subject email harus relevan dengan audiens. Subject email harus berkaitan dengan hal-hal yang diminati pembaca. Jika Agan mengirim email ke sebuah list yang berisi para pelaku marketing kelas-menengah dan Agan tahu bahwa salah satu dari penyebab stres utama mereka adalah tidak cukupnya waktu dalam keseharian mereka, maka Agan bisa menggunakan subject email yang mengatakan, “Siap menghemat waktu marketing Agan?”
Coba gunakan kalimat yang menawarkan bantuan atau manfaat bagi audiens Agan. Menawarkan solusi membuat mereka terpikat dan ingin mencari tahu bagaimana Agan bisa membantu memecahkan masalah yang mereka hadapi.
Cara lain untuk mengoptimalkan subject email adalah membuatnya lebih personal. Misalnya, memasukkan nama pertama penerima atau nama perusahaannya..
2.Nama Pengirim
Quote:
Mengapa nama pengirim penting:
Agan perlu membangun trust dengan para pembaca. Nama yang Agan gunakan untuk mengirim email adalah komponen lain yang akan dilihat penerima sebelum membuka email, dan ini berpengaruh bagi mereka dalam membuat keputusan apakah membuka email tersebut atau tidak. Mengoptimalkan pemilihan nama pengirim, dan menggunakan nama tersebut secara konsisten akan membantu membangun rasa percaya terhadap nama tersebut dan memungkinkan para pembaca mengenali email-email Agan secara lebih mudah ke depannya.
Bagaimana mengoptimalkannya:
Email marketing harus dipersonalisasi – kirim email-email Agan dari nama seseorang yang sebenarnya dan masukan juga signature di bagian bawah setiap email. Agan juga bisa mempertimbangkan untuk memasukkan gambar kecil pengirim dengan signature nya jika Agan merasa nyaman dengan ide tersebut; ini dapat membantu dalam menghasilkan kesan ramah dan sangat personal dan memperkuat dugaan bahwa email-email yang datang benar-benar berasal dari orang, bukan robot atau mesin marketing yang tidak memiliki emosi.
Agan juga bisa mengetes beberapa nama pengirim di email Agan untuk melihat yang mana yang paling baik. Mungkin mengirim email dari CEO perusahaan Agan merupakan yang paling efektif, atau mungkin para pembaca Agan suka menerima email tentang ebook baru Agan dari penulis ebook itu sendiri, bersama dengan nama perusahaan untuk membantu pembaca agar lebih baik dalam mengidentifikasi penulis email yang belum dikenal. Cobalah beberapa variasi dan lihat yang mana yang mana yang paling baik.
3. Personalisasi
Quote:
Mengapa personalisasi penting:
Salah satu cara terbaik untuk membuat email Agan tampak lebih relevan bagi pembaca adalah dengan menunjukkan kepada mereka bahwa Agan mengetahui sesuatu tentang para pembaca tersebut – bahwa Agan mengenal siapa mereka, dimana mereka bekerja, apa yang menarik bagi mereka. Tentunya dengan cara yang tidak berlebihan, tetapi dengan cara yang baik seperti “Saya memahami apa masalah Agan, dan saya bisa membantu Agan memecahkannya.” Agan bisa melakukan ini dengan personalisasi.
Bagaimana mengoptimalkan:
Personalisasi lebih dari sekadar mengalamatkan email ke nama pertama seseorang. Manfaatkan data-data demografi dan perilaku yang Agan miliki tentang para pembaca Agan dengan memasukkannya dalam email-email Agan. Agan bisa menggunakan nama perusahaan mereka, lokasi mereka, peran mereka di perusahaan, halaman-halaman yang mereka buka di website Agan, item-item yang sebelumnya mereka telah beli, dan banyak lagi. Cobalah untuk keratif! Marketing massal tidak efektif lagi. Temukan cara-cara untuk menunjukkan kepada pembaca bahwa Agan mengkhususkan pesan Agan kepada mereka.
4. Konten
Quote:
Mengapa konten penting:
Agan perlu membuat email-email Agan singkat dan menarik. Ini sering menjadi komponen yang mendapatkan fokus paling banyak dari para pelaku marketing ketika mencoba untuk mengoptimalkan email-email mereka. Bagaimana membuatnya kedengaran menarik? Bagaimana membuat penawaran lebih meyakinkan? Penting untuk menggunakan bahasa, nada, dan layout yang tepat untuk meningkatkan kemungkinan pembaca akan mengklik untuk mengambil manfaat dari penawaran Agan.
Bagaimana Mengoptimalkannya:
Pertama dan terutama, Agan perlu memastikan bahwa isi email Agan jelas menyampaikan apa penawaran Agan dan mengapa penawaran itu berharga. Ikatkan kembali dengan proposisi nilai Agan. Ketika menulis isi yang baik, Agan membutuhkan bahasa yang singkat dan menarik. Misalnya, dalam sebuah email yang dikirim untuk ebook tentang bagaimana menggunakan Twitter untuk bisnis, bisa dimulai dengan “Cara kita menggunakan Twitter keliru”.
Jadikan isi email Agan singkat, memikat, dan menarik. Ceritakan sebuah cerita, gunakan statistik untuk menekankan sebuah poin, dan jangan takut menggunakan bahasa yang kuat.
Juga penting agar Agan menggunakan paragraf-paragraf pendek dan poin-poin untuk memvariasikan teks secara visual, sehingga tidak terlihat monoton. Sekarang ini tidak ada lagi orang yang punya waktu untuk membaca esai, dan jika email Agan terlihat agak padat secara visual, maka pembaca akan kehilangan minat. Pertahankan agar tetap terlihat ringan.
5.Gambar
Quote:
Mengapa gambar penting:
Seperti halnya setiap aset marketing lainnya, email Agan harus memikat secara visual. Meskipun email teks biasa lebih bagus kinerjanya dibanding email-email berbasis HTML, namun gambar masih bisa memegang peran penting dalam menarik perhatian pembaca ketika mereka membuka email-email Agan. Gambar juga bisa membantu isi email Agan menyampaikan informasi tentang penawaran Agan
Bagaimana mengoptimalkan:
Gunakan gambar-gambar yang relevan. Gambar yang tidak deskriptif tidak akan menjelaskan apa yang ada dalam email Agan, atau apa yang Agan tawarkan kepada pembaca. Jauh lebih efektif jika menggunakan gambar yang serasi dengan penawaran Agan. Jika penawaran Agan adalah ebook, misalnya, Agan bisa cukup menggunakan gambar sampul ebook, yang bisa menjelaskan kepada pembaca bahwa “Ini adalah sebuah ebook dan bisa Agan miliki.”
6.Call-to-Action
Quote:
Mengapa penting:
Agan ingin para pembaca Agan melakukan klik dan berubah menjadi customer. Call-to-action merupakan komponen terpenting dalam email-email Agan, karena tujuan akhir dari email Agan adalah agar para pembaca mengklik dan melakukan tindakan. Bahkan, alasan mengapa Agan mengoptimalkan email-email Agan adalah agar lebih banyak dari pembaca yang mengklik pada call-to-action tersebut untuk mengarahkan mereka ke landing page yang telah Agan buat, dimana mereka kemudian bisa dikonversi menjadi leads.
Bagaimana mengoptimalkan:
Untuk memulai, pertama-tama Agan harus memilih satu call-to-action utama yang akan menjadi fokus. Kerucutkan ke satu tindakan utama yang Agan ingin dilakukan oleh pembaca.
Kemudian, buat call-to-action Agan. Apakah itu berupa tombol atau sebuah link, Agan perlu memastikan bahwa call-to-action Agan menonjol dan impresif secara visual. Ini harus menjadi fokus dari email Agan, jadi buat menonjol dan menarik perhatian pembaca.
Disarankan untuk menempatkan call-to-action di bagian atas, sehingga langsung terlihat tanpa pembaca harus melakukan scroll jauh ke bawah.
Agan juga perlu megoptimalkan bahasa yang Agan gunakan dalam call-to-action. Agan perlu menggunakan isi yang jelas dan berorientasi tindakan (“download“, “daftar”, “shop now”), penting (“sekarang”), dan ramah (“bergabung dengan kami”, “dapatkan…”).
Terakhir, cara yang baik untuk mengoptimalkan call-to-action Agan adalah dengan memasukkan banyak link dan tombol dalam email Agan yang semuanya akan mengarahkan pembaca ke landing page yang sama.Tujuannya untuk menawarkan lebih banyak peluang kepada pembaca untuk segera mengklik.
7.Link Berbagi ke Media Sosial
Quote:
Mengapa link berbagi ke media sosial penting:
Agan ingin mendorong para pembaca untuk membagikan konten-konten yang Agan kirim. Dengan memudahkan pembaca email untuk membagikan penawaran-penawaran Agan dengan jejaring mereka, Agan tidak hanya memperluas audiens dan jangkauan, tetapi Agan juga memperluas peluang untuk menghasilkan leads baru.
Bagaimana mengoptimalkannya:
Masukkan link berbagi ke media sosial dalam semua email Agan! Dan jangan takut untuk memberikan opsi-opsi kepada pembaca – setiap orang memiliki jejaring sosial favorit mereka sendiri. Masukkan link untuk Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, atau Google+.
Tips lain untuk mengoptimalkan link berbagi ke media sosial ini adalah mengkustomisasi mereka dengan isi email Agan sendiri. Tidak perlu menggunakan salinan tweet auto-populated – Agan bisa menulisnya sendiri! Merupakan ide yang baik juga untuk mengoptimalkan meta description dari landing page, karena salinan tersebut adalah apa yang akan ditampilkan oleh Facebook dan LinkedIn ketika orang membagikan tautan-tautan yang menuju ke halaman-halaman tersebut.
Apapun yang Agan lakukan, buat mudah bagi pembaca Agan untuk membagikan konten Agan, dan berikan alasan bahwa mereka memang perlu membagikannya
8.Link Unsubscribe
Quote:
Mengapa link unsbscribe penting:
Pertama-tama, perlu diketahui bahwa tidak memasukkan link unsubscribe dalam email yang dikirim merupakan tindakan ilegal.
Selain masalah hukum, perlu diingat juga jika mereka tidak tertarik mendapatkan email-email Agan, jangan memaksa mereka untuk tetap ada dalam list. Berikan mereka opsi untuk unsubscribe. Ini akan membuat open rates dan click-through rate Agan lebih akurat, karena Agan hanya fokus pada orang-orang yang memang ingin ada dalam list Agan.
Bagaimana Mengoptimalkan:
Mudahkan para pembaca untuk menemukan link unsubscribe. Tidak berarti link ini harus ditonjolkan sama seperti call-to-action, namun jangan juga menyembunyikannya. Jika pembaca ingin unsubscribe dari email Agan tetapi tidak bisa menemukan tombol unsubscribe maka bisa saja mereka akan menandai email Agan sebagai spam, dan itu lebih buruk akibatnya karena akan merusak reputasi IP Agan.
Taktik marketing yang baik lainnya adalah mengisi halaman unsubscribe secara personal. Buat halaman tersebut menyenangkan, lucu, memikat, dan mencoba untuk membuat pembaca berubah pikiran agar tetap bertahan dalam list Agan – atau paling tidak lakukan engagement dengan mereka melalui media sosial atau sarana lainnya. Dengan ini, Agan mengurangi kemungkinan mereka meninggalkan daftar Agan, walaupun Agan memberikan opsi tersebut kepada mereka.
9. Optimisasi Mobile
Quote:
Mengapa optimisasi mobile penting:
Terkadang jika seseorang membuka email di ponsel ada kalanya teks yang tampil terlalu besar atau terlalu kecil atau terlalu penjang, dan scrolling tidak bisa dilakukan.
Agan tidak ingin para pembaca Agan mengalami hal tersebut ketika membaca email dari Agan. Email Agan harus tampil cantik pada semua perangkat.
Bagaimana mengoptimalkan:
Rancang email Agan untuk bisa beradaptasi dengan perangkat manapun yang digunakan pembaca. Gunakan template-template yang dioptimisasi untuk perangkat mobile, dan optimalkan untuk mendapatkan visual mobile yang paling baik. Dengan itu Agan tidak akan kehilangan peluang untuk mengkonversi sebuah leads hanya karena mereka menggunakan perangkat yang tidak menampilkan email Agan secara sempurna.
Banyak pelaku marketing cenderung merasa kesulitan ketika berurusan dengan optimisasi email, tetapi kenyataannya tidak demikian! Selama Agan tahu elemen-elemen apa yang perlu diperhatikan dan bagaimana mengoptimalkannya, maka Agan telah berada pada jalur yang tepat untuk meningkatkan click-through rate dan jumlah konversi tanpa harus menghabiskan banyak waktu.