diazhollicAvatar border
TS
diazhollic
Buah Samolo buah langka Indonesia


Permisi agan agan semua,ijin share buah yang sudah langka kita lihat.
Mudah2an aja tidak emoticon-Blue Repost
Nama buah samolo mungkin agak sedikit asing bagi sebagian orang Indonesia. Tapi untuk sebagian orang Bogor,Cianjur atau Jakarta pasti mengenal buah tersebut.
Secara etimologi berarti buah yang berbulu halus. Buah ini bukan asli dari Indonesia, namun berasal dari kepulauan Sulu, Filipina Selatan. Buah ini didatangkan sebagai koleksi tanaman dalam Kebun Raya Bogor.

Spoiler for Buah Samolo:


Diospyros blancoi A.DC, adalah nama latin dari buah samolo atau bisbul sering disebut juga buah mentega karena merujuk pada rasa daging buahnya ketika matang.BISBUL (Kalimantan) disebut juga sebagai BUAH MENTEGA atau SAMOLO (Jawa Barat) atau BUAH LEMAK (Melayu), SEMBOLO (Jawa Tengah, Jawa Timur). Di Philipina disebut sebagaI KAMAGONG, TABANG & MABOLO. Di Thailand disebut MARIT, sedangkan di dunia internasional dikenal sebagai VELVET APPLE

Buah Bisbul ternyata masih satu famili dengan buah Kesemek, namun yang membedakannya adalah Bisbul biasanya tumbuh di daerah rendah dan berhawa panas. Sedangkan Kesemek tumbuh di daerah dataran tinggi yang berhawa sejuk.
Satu lagi ciri yang membedakannya adalah buah Kesemek dikenal dengan buah berbedak,sementara Bisbul memiliki bulu-bulu halus pada kulit buahnya.

Pada saat muda, warna kulit buah ini berwarna hijau muda berbulu. Ketika menjelang masak warna kulitnya berubah menjadi hijau kecoklatan, atau coklat kemerahan dan pada saat masak penuh, warnanya berubah menjadi merah terang namun agak kusam.

Daging buah berwarna keputihan, agak keras dan padat, agak kering, manis agak sepat dan berbau harum. Berbau menyengat agak mirip keju dan durian. Bagi sebagian orang bisa menimbulkan rasa mual. Bijinya hingga 10 butir, berkulit kecoklatan, berbentuk baji agak mirip keping buah
Menurut hasil penelitian, 100 gram buah samolo/bisbul mengandung 2,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 11,8 gram karbohidrat, 1,8 gram serat ,46 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,6 mg zat besi, vitamin A, vitamin C,tiamin ,roblavin ,dan energi.Dengan kandungan seratnya yang tinggi, maka buah samolo bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki saluran pencernaan, menghaluskan kulit, menjaga kesehatan mata,dan mencegah sembelit.
Sebagian penampakan buah samolo/bisbul/buah mentega :
Spoiler for Penampakan buah:

Spoiler for Sumber Gambar:

Quote:

Quote:

Quote:


emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
0
55.9K
293
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan