Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

s4nit0reAvatar border
TS
s4nit0re
Ada yg Ketakutan Johan Budi Pimpin KPK? Langsung ada yg Melaporkan ke Bareskrim
Dilaporkan Tersangka ke Mabes, Johan Budi Santai
Senin, 6 Juli 2015 | 18:39 WIB

Ada yg Ketakutan Johan Budi Pimpin KPK? Langsung ada yg Melaporkan ke Bareskrim
Johan Budi

INILAHCOM, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi tak ambil pusing terkait laporan Bupati Pulau Morotai Rusli Sebua ke Mabes Polri atas tuduhan pencemaran nama baik.

Demikian juga dengan gugatan praperadilan yang diajukan oleh Rusli kepada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sebab, hal itu adalah hak dari setiap warga negara.

"Itu hak dia, mau praperadilan mau laporan (ke polisi) itu ya hak dia," kata Johan, saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin (6/7/2015).

Johan mengaku, pimpinan tidak menerima laporan terkait ketidakhadiran Rusli dalam pemeriksaan. Hingga pimpinan menggelar jumpa pers, pernyataan ketidakhadiran Rusli tidak sampai ke meja pimpinan.

"Sampai saya konpers belum ada informasi soal ketidakhadiran yang sampai ke saya," ujar Johan.

Namun demikian, kata Johan, sebagai warga negara yang baik, mustinya Rusli menghadiri panggilan. "Kalau dipanggil lagi sebaiknya datang," tegas Johan.

Diketahui, Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua akan melaporkan Plt Wakil Ketua KPK, Johan Budi dan Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha ke Bareskrim Mabes Polri. Laporan itu terkait dengan pernyataan pada media bahwa dirinya mangkir dari panggilan penyidik KPK.

Demikian dikatakan Ruli Sibua melalui kuasa hukumnya, Achmad Rifai dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (5/6/2015). Sebab, lanjut dia, kliennya tidak memenuhi panggilan KPK dengan menyertakan keterangan tertulis.

"Kami selaku kuasa hukum Rusli Sibua akan melaporkan pihak-pihak terkait yang menyatakan Rusli Sibua tidak hadir tanpa keterangan apapun kepada Mabes Polri dengan dugaan tindak pidana fitnah dan pencemaran nama baik," kata Rifai.

Rifai menjelaskan, bahwa tim kuasa hukum pada hari Kamis itu telah mendatangi KPK untuk memberitahu perihal ketidakhadiran Rusli. Selain itu tim juga menyerahkan surat permohonan penundaan pemeriksaan.

Sebagai bukti, dia memperlihatkan tanda terima yang ditanda tangani oleh petugas KPK bernama Wicklief Ruus. "Karena itu tidak benar apabila menurut Johan Budi dan Priharsa Nugraha menyatakan tidak hadir tanpa keterangan," jelasnya.

Seperti diketahui, Bupati Morotai Rusli Sibua ditetapkan sebagai tersangka suap sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Dia diduga menyuap Akil Mochtar selaku ketua MK untuk mempengaruhi putusan majelis hakim dalam sindang sengketa pilkada itu
http://nasional.inilah.com/read/deta...an-budi-santai


Lolos Seleksi Awal Capim KPK, Ini Harapan Johan Budi
04 Jul 2015 at 22:01 WIB

Liputan6.com, Jakarta - 194 Nama lolos uji tahap I oleh Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK). Dari jumlah tersebut, 23 di antaranya adalah perempuan.

Berdasarkan data Pansel KPK, 194 orang yang lolos, terdapat nama-nama peserta yang tidak asing lagi dalam dunia hukum. Seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie dan‎ mantan Juru Bicara KPK yang kini Pelaksana tugas pimpinan lembaga antirasuah tersebut, Johan Budi SP.

"Alhamdulillah lolos tahap pertama. Dan kita sedang menyiapkan ujian berikutnya. Alhamdulillah kalau masih lolos (tahap berikutnya)," ucap Johan Budi kepada Liputan6.com via telepon di Jakarta, Sabtu (4/7/2015).

Menyoal persiapannya bila kelak terpilih kembali, Johan menekankan hal yang pertama adalah marwah pemberantasan korupsi harus semakin ditingkatkan.

"Tapi semuanya kita serahkan kepada pansel. Mudah-mudahan yang terpilih nanti jadi pimpinan KPK, putra-putri terbaik bangsa demi pemberantasan korupsi," tandas Johan.

Tak hanya Johan, dari internal KPK yang lolos terdapat nama Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono dan jaksa KPK, Yudi Kristiana. Selanjutnya ada mantan pegawai KPK juga turut melaju. Di antaranya, Chezna Fizetti Anwar, Roni Ihram Maulana, Lambok Hutauruk, dan Rooseno.

Sebelumnya, menurut Ketua Pansel Capim KPK Destry Damayanti saat jumpa pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu 4 Juli 2015, guna mengetahui nama-nama yang lolos, masyarakat maupun pendaftar dapat melihat di laman [url=http://www.capimkpk.setneg.go.id.]www.capimkpk.setneg.go.id.[/url] Diharapkan dalam laman itu pula masyarakat dapat memberikan masukan terhadap calon pimpinan KPK
http://news.liputan6.com/read/226590...pan-johan-budi


Maju Seleksi Pimpinan, Johan Budi Tak Takut Dikriminalisasi
Selasa, 23/06/2015 17:55 WIB

Maju Seleksi Pimpinan, Johan Budi Tak Takut DikriminalisasiPLT Pimpinan KPK Johan Budi memeberikan keterangan usai pertemuan terkait proses hukum atas penyidik KPK Novel Baswedan, di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu, 2 Mei 2015. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelaksana Tugas Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Sapto Pribowo menegaskan dirinya tak takut dikiriminalisasi oleh pihak lain apabila terpilih menjadi pimpinan lembaga antirasuah. Pertimbangan tersebut menjadi salah satu pemantik dirinya mendaftar dalam bursa calon pimpinan KPK.

"Saya tidak pernah takut pada sesuatu yang fana, saya hanya takut sama Allah," kata Johan ketika ditanya soal potensi ancaman kriminalisasi kepada dirinya. (Baca jugaemoticon-Big Grinapat Restu Ibu, Johan Budi Daftar Seleksi Pimpinan KPK)

Johan mengatakan, dirinya tetap bertahan dalam KPK untuk turut memberantas korupsi. "Saya melihat perkembangan KPK belakangan, ingin mengembalikan marwah," katanya melanjutkan.

Terkait sikap tersebut, Johan mendapat dukungan dari kolega pimpinan lainnya, Taufiqurrachman Ruki, Adnan Pandu Praja, Zulkarnain, dan Indriyanto Seno Adji.

"Sebagai kolega, saya senang kalau ada pimpinan atau mantan pimpinan mendaftarkan diri. Saya harap ada kesinambungan," ujar Ruki saat jumpa pers di kantornya.

Sementara itu, Ruki dan ketiga pimpinan lainnya memutuskan untuk tak mendaftakarkan diri. Beragam alasan mencuat. Zulkarnain dan Adnan Pandu mengaku telah cukup mengabdi pada KPK dan menyerahkan kesempatan kepada orang lain. "Saya ingin back to campus," kata Indriyanto.

Sebelumnya diberitakan, Johan merupakan satu-satunya pimpinan incumbent yang akan mendaftar pada seleksi pimpinan untuk empat tahun mendatang. Johan mengaku kini tengah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam seleksi tersebut.

"Saya memutuskan akan mendaftar pada Minggu malam kemarin, setelah bertemu dengan ibu beberapa waktu yang lalu dan mendapat restu beliau. Saat ini sedang menyiapkan dokumen-dokumen untuk persyaratan pendaftaran, semoga waktunya cukup," ujar Johan.

Johan menjelaskan, dukungan juga telah didapat dari istrinya. Sementara itu, si anak yang masih berusia 14 tahun justru tak sepakat bapaknya mendaftar lagi menjadi calon pimpinan komisi antirasuah. "Sementara anak-anakku sebenarnya kurang setuju, terutama yang kecil, karena kalau jadi pimpinan KPK jarang ada waktu untuk mereka," ujarnya. (Baca juga: Beda Pemikiran Ruki dan Johan Budi Soal SP3 di KPK)

Johan Budi mengawali karier sebagai wartawan di sebuah media di Indonesia. Kemudian, dia memutuskan untuk hijrah ke KPK dan tak berselang lama menduduki jabatannya sebagai Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat. Selanjutnya, pada tahun 2006 hingga tahun 2014, ia mengemban tugas sebagai juru bicara sekaligus Deputi Pencegahan lembaga antirasuah.

Pada tahun 2014, Johan bersama dengan pakar hukum pidana Indriyanto Seno Adji dan mantan Ketua KPK periode 2003-2006, Taufiqurrachman Ruki, ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Pelaksana Tugas Pimpinan KPK. Penujukan ketiganya menyusul pemberhentian sementara dua pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto yang berstatus tersangka.
http://www.cnnindonesia.com/nasional...kriminalisasi/

-------------------------------

Siapa yang sudi KPK tetap 'strong' seperti zaman SBY dulu? Bahaya!

emoticon-Turut Berduka

0
3.3K
24
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan