Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rudnumundurAvatar border
TS
rudnumundur
FR Euro Trip 8 Days (Amsterdam, Berlin, Munchen, Hamburg, Copenhagen, Rotterdam)
Perjalanan ini dilakukan pada tanggal 01 Mei sampai dengan 09 Mei 2015
Tujuan perjalanan ini sebenernya buat nengokin pacar ane gan yang lagi S2 di Rotterdam.
Perjalanan ini ane rencanain sendiri, walaupun pas disana bareng sm pacar dan temen ane, tapi ada beberapa kota yang ane pure 100% sendirian.

PREPARATION
Pertama yang dilakukan adalah hunting tiket pesawat, dan pada bulan november 2014 ane berhasil ngedapetin promo LUFHTANSA JAKARTA - AMSTERDAM PP USD 766.

Beres urusan tiket pesawat, ane lsg ngerencanain itinerarynya dengan hari yang sedikit dan banyak tempat yang ane mau kunjungin jadilah hasilnya seperti ini AMSTERDAM - BERLIN - MUNCHEN - HAMBURG - COPENHAGEN - ROTTERDAM. Untuk urusan akomodasi ane kebanyakan nginep di hostel yang ane book via booking.com

Selanjutnya adalah visa, untuk Visa Schengen ini ane apply di Kedutaan Jerman. Ternyata Kedutaan Jerman ga semenakutkan dan semenegangkan itu untuk urusan Visa Schengen. Buktinya visa ane kelar dalam 4 hari kerja tanpa masalah.

D-DAY
Sekitar pukul 18.00 ane sampe di bandara soetta, segera langsung cek FIDS dan ternyata uda ada flight ane ke Frankfurt dengan stopover di KL. Beres urus bagasi dan imigrasi ane uda duduk anteng di gate sambil menunggu untuk boarding, dan ternyata lancar ontime ga ada masalah.
[img][/img]
Sampe di Kuala Lumpur sekitar pukul 21.00 waktu sana dan ga lama waktu stop overnya cuma 30 menit langsung masuk ke pesawat lagi. Selama 18 jam kurang lebih di pesawat, bikin otot kaku semua. Untung flight entertainmentnya menarik semua.

DAY 1
Sekitar jam 07.00 waktu Frankfurt akhirnya ane mendarat dan menjejakkan kaki ane perdana di benua biru ini.
[img][/img]

Begitu sampe bandara Frankfurt Flughafen ini ane langsung nyari smoking room, rasanya nikmat banget setelah berjam jam di udara. Flight ane ke schipol berikutnya masih lama masi sekitar 5 jam lagi, jadi akhirnya ane memutuskan buat ke downtownnya Frankfurt.

Dengan modal googling ane dapet caranya buat pergi ke downtonnya kota frankfurt dengan naik S-Bahn, walaupun ujung ujungnya ane kelewatan satu stasiun, ane berhenti di stasiun Konstablerwache. Begitu keluar dari stasiunnya langsung angin menusuk telapak tangan ane yang ga pake sarung tangan, dan ternyata suhu menujukkan 4'C pagi itu. Rasanya kayak mimpi bisa ada disana, yang selama ini ane cuma bisa mimpi dan berangan-angan tapi akhirnya ane bisa juga berada di kota Jerman ini. Ane disana lebih banyak nikmatin suasana kotanya, foto-foto, ngerokok ditempatnya, sambil makan pretzel. Sekitar 30 menitan disana ane bergegas kembali ke bandara, walaupun ane masih punya spare waktu banyak ane ga mau ngambil resiko kalo harus ketinggalan pesawat ke Amsterdam
[SPOILER=][/SPOILER]
[SPOILER=][/SPOILER]
[SPOILER=][/SPOILER]

Sekitar pukul 13.30 waktu amsterdam ane mendarat, dan langsung pacar sm temen ane yang berdomisili di Rotterdam dan Wageningen uda nungguin di pintu keluar. Sebelum menuju Amsterdam kita foto-foto dulu di luar Schipol, abis itu langsung naik metro menuju Amsterdam. Rasanya perut ini uda mulai bergeliat minta dikasi makan, maklum perut ane belom kena makan selain makanan tadi pagi di pesawat. Kita mutusin buat cari makan dulu sebelum berkeliling lebih jauh, dan akhirnya kita berhenti di salah satu restoran turki dan makanan spesialnya adalah kapsalon. Makanan ini makanan khasnya Belanda, kalo dicari diturki ga bakalan ada katanya, karena makanan ini di bawa sm imigran yg dateng ke Belanda, tapi kalo dilihat beneran mirip sama kebab. Rasanya enak banget seharga 4-6 Euro dan uda mengenyangkan.

Beres makan kita langsung memulai perjalanan dimulai dari Dam Square, Rijk Museum, nyobain canal cruise turnya, dan berakhir dengan Red Light District. Ane emang tipe yang senengnya ngeliat suasana kota, arsitektur, urban designnya gan, jadi ane lebih prefer ke tempat-tempat terkenal yang ada di kota itu daripada ke museum lagian waktu ane ga banyak buat euro trip ini jadi sangat menghindari objek wisata yang antriannya lama.

Selesai keliling-keliling Amsterdam sekitar pukul 21.00 kita memutuskan untuk balik ke Rotterdam, waktu itu matahari baru mulai terbenam. Itulah enaknya gan travelling ke eropa pas perantara musim semi dan panas, mataharinya bersinar lebih lama jadi enak buat jalan jalan.

[SPOILER=][/SPOILER]
[SPOILER=][/SPOILER]
[SPOILER=][/SPOILER]
[SPOILER=][/SPOILER]

DAY 2
Sekitar pukul 04.00 pagi ane sama pacar ane bergegas menuju ke Rotterdam central. Hari ini kita akan menuju Berlin dengan menggunakan kereta DB Bahn pukul 07.00 yang udah ane beli sebelumnya di Internet dengan harga 40 Euro, ini termasuk mahal karena tiket kereta ini tiket terakhir yang ane beli karena waktu itu masih galau antara mau naik pesawat, kereta atau bis. Sebenernya paling enak naik pesawat karena cepet, tapi ternyata harganya uda mahal banget jadi lah ane milih naik kereta, walaupun itungannya ga terlalu murah tapi masih terjangkau. Kita naik kereta IC sampe Hannover transit, dan naik ICE sampe ke Berlin. Jadi di Jerman ini perkeretaapian antar kotanya itu dikelola oleh DB Bahn (semacam PT KAI nya sini). Jenis keretanya ada banyak dari mulai Regional, Inter City (IC), dan Inter City Express (ICE) buat penjelasannya agan agan bisa googling sendiri aje kali ye di websitenya DB Bahn.

Sepanjang perjalanan Amsterdam Berlin ane habisin buat tidur, pemandangannya beda banget pas masuk ke negara Jerman. Akhitnya kita sampe juga di Berlin Hauptbahnhof sekitar pukul 1 siang, berhubung ane udah janjian disini sama 2 orang temen SMA ane langsung lah kita bertemu di Dunkin Donut. Selesai bertegur sapa dan melepas kangen kita ber 4 memutuskan untuk langsung check in ke hostel yang berada di daerah Friedrichstrasse. Untung satu orang temen ane emang uda sering bolak balik ke Berlin jadi dia uda hafal.

Hostel kita namanya Baxpax Downtown Hostel dengan harga 26 Euro untuk 2 malam perorang fasilitas nya oke banget kok, secara lokasi juga pas ga terlalu jauh dari stasiun kereta atau halte bis. Beres cek in langsung kita menuju spot-spot yang ane idam idamkan dari dulu mulai dari Brandenburger Tor, Holocaust Memorial Park, Tier Garten, dsb.

Perjalanan dimulai dengan mengunjungi Reichstag Building yang merupakan gedung parlemen Jerman, yang menarik adalah di kubahnya ini bentuk kaca transparan, sayangnya ane waktu itu ga sempet buat naik ke atas.
[SPOILER=][/SPOILER]

Tadinya mau duduk duduk di halaman rumput depan reichstag ini, tapi ternyata halamannya di pagerin ga bisa masuk. Lanjut lagi ga jauh kita uda memasuki daerah Unter den Linden, dimulai dari Tier Garten yang merupakan taman kota nya Berlin yang gueedee banget. Banyak monumen monumen bersejarahnya, keluar dari Tier Garten langsung disambut sama Brandenburger Tor yang terkenal itu. Ternyata kedatangan ane di awal Bulan MEI ini bertepatan dengan acara peringatan berakhirnya perang dunia ke dua tahun 1945 dulu, jadi banyak stand-stand tentang sejarah gitu seru banget gan.
[SPOILER=][/SPOILER]
[SPOILER=][/SPOILER]

Setelah terpukau dengan aroma sejarahnya Brandenburger Tor dan sekitarnya, kita menuju ke Holocaust Memorial Park yang letaknya ga jauh dari Brandenburger Tor cuma 5 menit jalan kaki. Holocaust Memorial Park ini tempat mengenang orang-orang yahudi yang udah di bantai Nazi selama Perang Dunia ke dua.
[SPOILER=][/SPOILER]

Beres dari sana sekitar pukul 19.00 ane ada janjian juga sama temen-temen ane yang lagi pada ngambil master di Berlin. Mereka baru beres kuliah dan ngajak kita buat makan malem bareng di daerah Hackescher Markt, langsung lah kita meluncur naik S-Bahn dan turun di stasiun Hackescher Markt dan ane langsung jatuh cinta sama arsitektur stasiunnya, keren banget gan.
[SPOILER=][SPOILER=][/SPOILER][/SPOILER]

Malem itu kita makan di restoran Vietnam hmmm rasanya kalo dibilang so so lah. Oh iya gan FYI aja di Berlin ini banyak banget orang Vietnam selain imigran dari Turki. Asal muasalnya waktu Berlin masih terbagi menjadi dua Barat dan Timur, sekutu waktu itu ngedatengin orang-orang Turki buat jadi pekerja di Berlin Barat, dan sebaliknya Uni Soviet mendatangkan orang-orang Vietnam buat jadi pekerja di Berlin Timur jadi lah sampe sekarang banyak orang keturunan Turki dan Vietnam di Jerman. Selesai makan temen ane ngajakin keliling Berlin, jam uda menunjukkan jam 21.00 mata uda ngantuk tapi kaki masih pengen dibawa jalan kayaknya. Akhirnya kita pergi kedaerah Kufursterdam salah satu shopping centre di Berlin. Yang menarik disana ada gereja namanya Gedachtniskirche yang ancur waktu di Berlin di bom sama sekutu dan sampe sekarang belom dibenerin katanya sih masih ngumpulin dana. [SPOILER=][SPOILER=][/SPOILER][/SPOILER]
Beres dari sana kita langsung balik ke Hostel, karena besok kita akan melanjutkan trip ke Potsdam...


Bersambung..
Diubah oleh rudnumundur 06-07-2015 06:43
tata604
tata604 memberi reputasi
1
7.1K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan