- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
Apa itu Email Transaksional Dalam Email Marketing? Ini Penjelasannya


TS
docoblast
Apa itu Email Transaksional Dalam Email Marketing? Ini Penjelasannya
Apa Itu Email Transaksional?
Banyak profesional marketing yang sangat terampil dalam mengirim email kepada calon customers, lalu membuat mereka menjadi seorang customer aktif atau loyalis brand. Akan tetapi, untuk mereka yang baru dalam dunia marketing dan bahkan beberapa pelaku marketing yang sudah lama berkecimpung pun belum sepenuhnya memahami bagaimana membuat email transaksional yang efektif

Spoiler for Gambar:
Jika Agan bingung, baik karena Agan tidak yakin apa itu email transaksional atau Agan tidak yakin apa perbedaan email transaksional dengan email lainnya, maka tulisan ini sangat tepat untuk Agan

Apa sebenarnya email transaksional itu? Mengapa email transaksional merupakan bagian penting dari email marketing?
Pertama-tama, email transaksional tidak hanya terkait dengan pelaku marketing e-commerce (ini persepsi yang umum yang salah). Email transaksional adalah email yang dikirim perusahaan kepada kontak, leads, atau customer untuk membantu memfasilitasi atau menindaklanjuti suatu jenis tindakan yang telah dilakukan oleh pengguna di website mereka.
Tetapi jenis tindakan apa yang kita sedang bicarakan di sini? Ya, tindakan itu bisa salah satu dari banyak tindakan. Berikut tindakan-tindakan paling umum yang bisa memicu sebuah email transaksional:

Quote:
Beberapa email transaksional bisa mendorong penerima untuk segera melakukan tindakan, sementara beberapa lainnya hanya berfungsi sebagai konfirmasi dan tidak memerlukan tindakan. Pesan-pesan seperti ini hanya merupakan cara untuk mengkonfirmasi bahwa sesuatu telah terjadi sebagai akibat tindakan pengguna, terkadang bahkan menyampaikan informasi tambahan yang terkait dengan tindakan yang mereka lakukan.
Misalnya, seseorang bisa menggabungkan antara email terima-kasih dengan email untuk promosi – dan bahkan memasukkan upsell, cross-sell, atau informasi lain yang membantu menggerakkan penerima lebih jauh ke bawah corong penjualan.
Email Transaksional Memberikan Peluang Marketing yang Besar
Banyak pebisnis mengasumsikan bahwa mereka hanya boleh mengirim email transaksional ke customer ketika customer membeli sesuatu dari bisnis tersebut. Tetapi ingat, Agan tidak harus menjadi seorang pelaku marketing e-commerce untuk mengirim sebuah email transaksional – email seperti ini bisa dikirim untuk setiap transaksi, tidak tergantung pada apakah ada uang yang terlibat atau tidak.
Di situlah dimana peluang besar ada dengan sendirinya bagi pelaku marketing. Email transaksional biasanya dikirim setelah ada tindakan berarti yang dilakukan oleh seorang pengunjung ke website Agan. Sebuah tindakan yang mengindikasikan bahwa mereka mempercayai Agan, tertarik dengan Agan. Inilah sebabnya mengapa email-email transaksional merupakan salah satu dari email yang memiliki open rate paling tinggi karena penerima tertarik terhadap konten email tersebut.
Jika para penerima membuka email-email transaksional Agan, maka itu adalah peluang yang sangat besar untuk memberikan informasi tambahan yang Agan ingin beri tahu kepada para pembaca tersebut tentang perusahaan Agan.
Thread lainnya:

Spoiler for Thread lainnya:
Diubah oleh docoblast 15-09-2015 10:36
0
1.1K
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan