Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zoowieAvatar border
TS
zoowie
FR - Slovenia April 2014
Halo agan2 smua, ane mau coba bikin field report nih untuk perjalanan ane ke Slovenia bulan April 2014.
Sebenernya trip ane liburan ada 2 minggu, 4 hari di Munich, 1 minggu di Slovenia dan 3 hari di Vienna. Tujuan utama memang mau mengunjungi negara ini karena penasaran aja pengen liat keindahan alam nya yg katanya masih bersih dan gak banyak turis.

Perjalanan ke Slovenia dimulai dari Munich. ane sekeluarga, plus 1 keluarga lain, memilih pakai kereta dari stasiun Munich Hbf. Harga tiket untuk dewasa sekitar EUR45 dan anak dibawah 6 tahun, free. Tiket yang kita beli untuk tujuan ke kota Bled, kota kecil diluar ibu kota, Ljubljana, dengan atraksi utama nya Danau Bled.

Lama perjalanan sekitar 6 jam dari Munich dengan berhenti di beberapa kota. Pemandangan sepanjang perjalanan cakep benerrr..dijamin gak bosen lah. Udah itu, tempat duduk di kereta ada pilihan berupa compartment (bilik) yg tempat duduk nya bisa di geser hingga bisa jadi rata seperti tempat tidur.

Spoiler for Perjalanan Munich - Bled:


Sampe di stasiun Lesce Bled, kita dijemput oleh pemilik rumah yang kita sewa. Nama rumah nya, Holiday House Kristan. Kita booking rumah/apartemen ini dari AirBNB.com. Alesan kita pilih rumah/apt karena kita nyari tempat yang bisa muat untuk 8 orang dan juga ada dapur nya biar kita bisa masak, just in case susah nyari makanan yg halal dan jg skalian ngirit hahahaha.

Rumah ini lokasi nya di Razgledna Cesta, gak jauh dari Bled Castle, diatas bukit di tepi danau Bled. Rumah nya terbuat dari kayu, cukup tua tapi nyaman. Ada 3 kamar, 2 kamar mandi, 2 dapur dan 2 lantai. Harga sewa nya juga cukup murah, sekitar $120 per malam untuk 1 rumah yg sebenernya bisa muat untuk lebih dari 10 orang.

Spoiler for Holiday House Kristan & Pemandangan nya.:


Hari Pertama di Bled.

Kota Bled ini cukup kecil. Bisa ditelusuri dengan jalan kaki tapi karena kita bawa 4 anak, takut repot kalo jalan kaki, akhirnya kita sewa mobil yang juga kita pakai selama perjalanan di Slovenia.

Setelah keliling2 kota dengan mobil, kita berhenti di Bled Castle. Kastil ini lokasi nya diatas bukit dan dari bukit ini kita bisa liat pemandangan seluruh kota dan dana Bled dengan jelas. Tiket masuk nya sekitar EUR9 utk dewasa. Didalam kastil ini sih ada musium sejarah kota Bled, tp ane lebih tertarik liat pemandangan nya.

Spoiler for Bled Castle:


Habis dari Bled Castle, kita turun ke tepi danau untuk makan siang. Karena kita termasuk low budget traveller (hahaha), kita udah siapin makanan dari rumah dan kita pilih untuk duduk2 di tepi danau sambi makan siang dan juga keliling, duduk ngopi2, makan es krim hingga sore.

Spoiler for Pemandangan tepi danau:


Hari Kedua - Bohinj.

Hari kedua, kita pergi ke Danau Bohinj yang lokasi nya skitar 30km dari Bled. Lake Bohinj ini cukup terkenal untuk hiking dan juga tempat untuk main ski yang lokasi nya diatas bukit tepi danau. Untuk naik ke ski resort, ada cable car seharga EUR10 pp.

Spoiler for Lake Bohinj & Vogel Ski Resort:


Hari ke 3

Hari ke 3 kita cekout dari Bled dan berpindah kota. Lepas ini, ane skeluarga pergi ke Piran dan keluarga temen ane ke Bovec karena mereka mau liat lokasi syuting film Narnia.
Dari Bled kita konvoi 2 mobil melewati jalan yang cuma selebar 1.5 mobil tapi pemandangan nya yang bagus bangeettt. Akhirnya tiba di kota Most Na Soci dimana kita harus berpisah. Di kota ini kita sempet berhenti untuk makan dan ngopi2. Pemilik kedai kopi nya cukup ramah dan ngasih rekomendasi untuk minum Cocta, coca cola versi Slovenia. Tadinya kita sempet ragu takut ada alkohol nya, tp dia bilang halal, gak ada alkohol hehehe. Ternyata dia berasal dari Bosnia dan ngeliat salah satu dari kita pakai jilbab, dia tau klo kita islam dan gak minum alkohol.
Di kota Most Na Soci ini juga dilalui Soca River. Sungai yang warna air nya cukup unik, hijau tosca.

Spoiler for Most Na Soci:


PIRAN

Lepas dari Most Na Soci, kita menuju ke arah bawah Slovenia ke daerah pantai yang di namain Slovenian Istria. Istria ini sebenernya daerah pantai sepanjang laut Adriatic yg mencakup Kroasia, Slovenia dan Italia. Dulu Istria ini ada lah jajahan kerajaan Venesia, makanya orang2 di daerah ini sangat dipengaruhi oleh Italia, termasuk makanan dan Bahasa. Jarak ke Italia cuma 30 menit lah dari Piran.
Pemandangan ke Piran gradually berubah dari pegunungan es Julien Alpen jadi bukit2 penuh dengan kebun olive dan anggur.

Piran itu kota yang gak bisa di lalui mobil umum. Jadi buat pengunjung, kita harus parkir di gedung parkir Arze di batas kota. Kota nya sih gak besar juga. Palingan klo jalan kaki, bisa 15 menit lah sampai tengah kota. Tp masalahnya, parkir nya mahal!! 1 hari bisa sekitar EUR12.

Spoiler for Piran:


Di Piran, kita sewa 1 apartemen dari AirBNB. Namanya, Apartment Lea.
Lokasi apartemen ini ada didalam2 gang. Bentuk nya cukup unik. Apartemen ini kecil banget, ada 3 lantai. Lantai pertama isinya dapur sama kamar mandi, lantai kedua ruang TV, lantai ke 3 kamar tidur.
Harga sewa nya sekitar $70 per malam.

Spoiler for Apartment Lea:


Di Piran ini ane spend 3 malam. 2 hari santai2 di Piran, makan seafood, ngopi2…pokoknya banyakan leha2 nya lah hehe. 1 hari nya sih keliling daerah sekitar Piran, termasuk ke kota Portoroz, Izola dan juga kota besar nya, Koper.

Soal makanan, mayoritas didominasi Seafood dengan range harga skitar EUR7-15 dengan porsi yang cukup lumayan dan rasa nya enak banget. Tapi ada juga resto halal yang jual kebab.

Spoiler for Menu Kebab:


Cuaca selama disini cerah, sama kayak di Bled tapi 2 hari terakhir hujan terus. Suhu nya lumayan lah, klo siang sekitar 15 derajat.

LJUBLJANA

Stelah cekout dari Apartemen Lea, diantar pemilik nya yang super ramah, namanya Elvis, ke tempat parkir. Akhirnya kita menuju kota terakhir, ibu kota Slovenia, Ljubljana.
Jarak dari Piran sekitar 120km dan pemandangan gak sebagus perjalanan sebelum nya karena jalan toll all the way.

Hari kita ke Ljubljana itu pas wiken nya Paskah. plus point nya, gampang dapet parkir dalam kota dan gratis. minus nya, smua nya tutup!! Jadi pas sampai di Ljubljana, kita parkir di areal parkir tengah kota, pas disebelah kantor car rental dimana kita bakal balikin mobil. Trus jalan skitar 5-10 menit ke apartemen yg kita sewa yg lokasi nya tepat di tengah kota, di pedestrian zone.

Apartemen yg kita sewa namanya Cosy Apartmen Nina/Irena. harga semalam nya sekitar $70. Apartemen nya di bangunan tua. Begitu masuk pintu utama, agak2 gloomy gitu. Trus naik 1 lantai lewatin tangga kayu. Tp begitu masuk apartemen, beda banget. Super modern dan warna warni. Apartemen nya bersih, 1 kamar dan luas. Harus nya sih bisa muat 5 orang karena ada sofa bed juga.

Spoiler for Apartemen Nina/Irena:


Stelah settle, kita jalan keluar. Baru jalan 2 menit, dah nyampe di Preseren Square. Pusat kota Ljubljana, lokasi Triple Bridge.
Sperti yang ane bilang sebelum nya, smua nya tutup. Jadi kita cuma bisa jalan keliling aja. Tp yang bikin stunning, kota nya bersih banget!!! susah deh jelasin nya, tp kebayang kan..kalo kota kita pas hari libur nasional gmana kotor nya krn gak ada tukang sampah/bersih2 yang kerja. Tp ini….udah hari ke 3 libur nasional, masih bersih aja.

Spoiler for Ljubljana:


Hari ke 2 kita di Ljubljana, akhirnya kita putusin utk pergi ke komplek pertokoan dan hiburan yang namanya BTC City. Lokasi nya sih cuma 20 menit lah.
Jadi BTC City itu 1 komplek besar yang isinya mall, bioskop, tpt olahraga indoor, aquapark, outlet store, etc.
Krn udara dingin gara2 hujan, akhir nya kita cuma ngunjungin mall nya aja. toko2nya standard mall eropa lah dan syukurnya, banyak yg buka. Jadi kita spend most of the day disana.
Balik dari sana, mau keliling kota Ljubljana lagi tp hujan deress. Apes lah gak jodoh di Ljubljana. Besokan nya kita dah harus kejar kereta pagi ke Vienna jadi gak ada waktu lagi.

Overall impression: Sangat Recommended dan smoga bisa balik lagi kesana some day. Buat ane, one of the best destination yang pernah ane kunjungin selain Istanbul.
Istanbul is simply stunning dengan bangunan sejarah nya dan juga perpaduan unik antara eropa dan asia. Tp Slovenia…walopun gak ada bangunan megah, kota2 nya tenang, rapih, bersih. Gak nyangka, dengan ekonomi yg gak terlalu maju bisa ngatur kota2 nya segitu bagus.

The End
Diubah oleh zoowie 26-12-2014 19:55
tata604
tata604 memberi reputasi
1
7.7K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan