Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

etod90Avatar border
TS
etod90
Warga Komplain Karena Judul Tulisannya Dipelintir RMOLJAKARTA
Selamat siang gan... tetap semangat buat yang puasa buat yang ga puasa tetap hargai orang yang berpuasa...

Media sebagai sumber informasi masyarakat seharusnya bersikap profesional. Terdapat kode etik jurnalistik yang harus dipatuhi setiap media yang ada. Namun banyak media yang tidak mengindahkan hal tersebut, seperti contohnya ini gan....

kemarin sambil nunggu waktu sahur ane iseng-iseng surfing di dunia maya, ane nemu sebuah tulisan di Kompasiana, judulnya menarik "Judul Tulisan Saya Dipelintir RMOL Jakarta". ane baca detail tulusannya ternyata si penulis melampirkan juga screen capturenya sebagai bukti.

Dari tulisan itu sih ane bisa gambarin gini, awalnya tulisan si penulis bernama Hendy Setiawan itu berjudul "Reklamasi Pantai Utara Jakarta Menurut Pakar" dia menulis pada tanggal 25 Juni 2015, isinya adalah jawaban para pakar terkait polemik Reklamasi Pantai Jakarta. tapi, ketika dicari judulnya malah "Kata Walhi, Jika Reklamasi Dilakukan, Jakarta Dipastikan Tenggelam".. Ini kan jauh banget sama isinya, ketara banget media itu memprovokasi.

buat lebih detainya ini gan

Quote:


merasa kurang yakin ane coba googling dengan keyword judul asli tulisan si Hendy Setiawan dan ternyata
Spoiler for "google search engine":

Spoiler for "isinya":


Spoiler for "coba sendiri gan":


nah itu benar-benar ada, dan menurut ane sebagai penikmat media, rmoljakarta.com dan rmol-rmol lainnya ga pantas dibaca. dalam Kode Etik Jurnalistik tidak ada poin yang mengatakan media berhak menulis sesuatu yang bersifat provokasi..

sekian dari ane gan.. semoga bermanfaat, disini ane sharing aja gan, jangan sampe kejadian kyk si Hendy warga Jakarta Utara itu ke ulang lagi gan.. malah membuat informasi yang seharusnya bermanfaat baik malah menjadi tidak bermanfaat.
terima kasih emoticon-I Love Indonesia (S)
0
3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan