12 Tips Menyusun Subject Email Marketing Yang Baik
TS
docoblast
12 Tips Menyusun Subject Email Marketing Yang Baik
12 Tips Menyusun Subject Email Yang Baik
Ada pepatah yang bilang “don’t judge a book by its cover”. Akan tetapi, kalau dikaitkan dengan email, semua orang akan langsung membuat keputusan hanya dengan melihat subject email.
Spoiler for Ilustrasi:
Subject email yang baik bisa memberikan dampak kuat kepada pembaca.
Kata-kata yang Agan pilih untuk subject email bisa memiliki dampak besar terhadap terbayar atau tidaknya kerja keras yang telah Agan lakukan dalam menyusun email tersebut.
Dengan menghabiskan sedikit waktu ekstra dalam menyusun subject email, hal tersebut akan membantu meningkatkan open rate email, menghindari folder sampah, dan membuat pesan Agan dibaca oleh orang yang tepat.
Sebelum Agan mengklik “send” di email berikutnya, pertimbangkan subject email Agan dengan 12 hal ini:
Quote:
1. Perpendek subject email
Apa artinya subject email yang baik jika orang tidak bisa membacanya? Usahakan subject email Agan memiliki 40 karakter atau sekitar 5-8 kata.
Para pembaca ingin melihat isi inbox mereka secara cepat. Terkadang subject email yang hanya menggunakan satu atau dua kata bisa menonjol dan mendapatkan respon tertinggi.
Misalnya : “Hai!”
2. Singkirkan hal-hal yang berbau spam
Subject yang terkesan agresif paling besar kemungkinan ditandai sebagai spam. Ini berarti Agan perlu menghindari kalimat dengan huruf kapital—yang membuat pesan Agan seperti teriakan—dengan banyak tanda seru, atau bahasa promosi yang berlebihan seperti “Beli Sekarang” atau “Gratis”.
Jika Agan menggunakan DocoBlast untuk mengirim email, Agan bisa double check seberapa besar kemungkinan konten Agan ditandai spam saat membuat sebuah campaign.
Spoiler for CONTOH:
Daripada terlalu fokus pada promosi, coba tawarkan keahlian Agan dengan berbagi informasi yang akan bermanfaat bagi audiens.
Misalnya: “Olive Oil… Cari tahu apa saja fungsinya!”
3. Cantumkan deadline
Kadang-kadang deadline adalah hal yang perlu Agan prioritaskan.
Strategi promosi yang berhasil, untuk sebuah event atau penawaran khusus, umumnya akan menggunakan serangkaian email. Agan bisa mengirim sebuah pengumuman awal, yang memungkinkan orang-orang tahu tentang jadwal berikutnya. Dan kemudian mengirim pesan pengingat dengan deadline ketat agar audiens segera mengambil tindakan.
Jangan ragu untuk memberi batasan waktu hanya 24 jam misalnya. Jenis tenggat seperti “Now or never” sering terbukti paling berhasil.
Misalnya: “Midnight Sale! Hanya Untuk Malam Ini!”
4. Tanyakan pertanyaan
Mengapa Agan perlu menggunakan pertanyaan di subject email? Pertanyaan adalah cara yang sangat baik untuk memfokuskan perhatian pembaca dan membangkitkan rasa keingintahuan mereka.
Pertanyaan juga dirasa tidak lengkap bila diabaikan. Menggunakan sebuah pertanyaan akan menginspirasi pembaca untuk membuka email Agan untuk mencari sebuah jawaban.
Misalnya: “Siapa yang lebih kuat dari Super Man?”
5. Berikan Perintah
Di sisi lain, beberapa orang merespon paling baik terhadap instruksi-instruksi langsung. Jika email Agan memiliki call to action, seperti mendorong orang untuk membeli tiket sebuah acara, jangan ragu untuk menunjukkan hal tersebut pada subject email.
Misalnya: “Bergabung bersama kami di Royal University!”
6. Coba Gunakan Teaser
Coba pikirkan mengapa orang suka trailer film, tetapi benci dengan iklan komersial. Ada kekuatan untuk menarik perhatian orang dengan sebuah preview, ketimbang langsung memperlihatkan bagian inti dari awal.
Coba pikirkan sesuatu yang akan menggaet pembaca dan memunculkan minat mereka.
Misalnya: “Destination Weddings…Ingin Treatment Seperti Rock Star?”
7. Tambahkan daftar
Agan mungkin sudah menyadari betapa populernya postingan dalam bentuk list sekarang ini. Jika belum, coba lihat judul artikel ini.
Orang menyukai list karena memungkinkan mereka untuk merepresentasikan konsep-konsep yang besar dan rumit melalui serangkaian hal yang lebih kecil. Gunakan list di subject email sebagai cara untuk memungkinkan pembaca mengetahui bahwa konten Agan terorganisir dengan baik dan mudah dicerna.
8. Buat pengumuman
Jika Agan punya sesuatu yang baru dan menarik untuk dibagikan mengenai bisnis atau perusahaan Agan, salurkan antusiasme tersebut ke dalam subject email. Berbagi sebuah pengumuman akan membuat para subscriber email Agan merasa seolah-olah mereka adalah orang pertama yang tahu dan akan memotivasi mereka untuk membaca semua informasi di dalamnya.
Contoh: “Dan pemenang album foto terbaik adalah …”
9. Jadilah unik
Untuk menyusun subject email yang baik Agan perlu memahami dua hal: Siapa audiens Agan, dan apa yang bisa ditawarkan bisnis Agan kepada mereka yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain. Pikirkan tentang apa yang menjadi ciri khas bisnis Agan dan soroti hal tersebut pada subject email.
Jangan ragu mencantumkan nama bisnis Agan di subject email. Banyak orang akan membuka email hanya berdasarkan pengirim saja, sehingga jangan buang-buang peluang untuk memperkuat brand spesifik Agan.
10. Gunakan humor
Kebanyakan orang tidak mengantisipasi akan menemukan sesuatu yang lucu di inbox mereka. Itu berarti bahwa jika Agan bisa menulis subject email yang lucu, Agan akan mendapatkan banyak perhatian.
Dengan tergantung pada gaya bahasa yang dipilih bisnis Agan, Agan bisa mencoba beberapa permainan kata untuk mendapatkan tawa dan interaksi dengan para audiens.
Contoh yang dilakukan sebuah perusahaan yang menjual perlengkapan bayi: “Ya, Saya Hamil. Anda Bisa Berhenti Memegangani Perut Saya”
11. Katakan sesuatu yang unexpected
Jika menggunakan humor tidak tepat menurut Agan, mengapa tidak mencoba surprise? Bisa berupa apa saja dari fakta yang tidak banyak diketahui tentang industri Agan, sebuah statistik yang mencengangkan, atau hanya sesuatu yang tidak biasa didengar orang.
Membagikan sesuatu yang tidak diperhitungkan bisa membuat pembaca Agan ingin membacanya terus dan juga akan memiliki peluang lebih baik untuk mengingat email Agan berikutnya.
Contoh yang dilakukan sebuah perusahaan kopi: “Thanks a Latte”
12. Gunakan multimedia
Menambahkan video, atau memberi panduan yang bermanfaat, merupakan cara-cara yang sangat baik untuk membuat konten email Agan lebih bervariasi dan lebih interaktif. Jadi, jika Agan melakukan upaya ini dan tidak hanya menggunakan email teks biasa, pastikan Agan mengindikasikan hal tersebut di subject email sehingga mereka mengetahuinya!
Contoh: “Motion Workshop – New Video!”
Dengan 12 tips ini, Agan siap untuk menulis subject email keren yang akan membuat email Agan mendapatkan respon dengan semestinya.
Selain memperhatikan tips di atas, perhatikan juga inbox Agan sendiri dan lihat email mana yang sedang Agan buka. Memposisikan diri sebagai penerima adalah cara terbaik untuk menulis subject email yang akan membuat Agan diperhatikan dan mengembangkan bisnis Agan.