ayokwingAvatar border
TS
ayokwing
Peralatan dan perlengkapan pasukan zaman dahulu
*update baru Knight = knight tournament .. emoticon-Ngakak..sorry belom update lagi, nyari materinya susah gan, masih ane usahain...tq udh mampir

* update baru senjata samurai era sengoku : rifle
*update Mongolia..thanksyg udh request dan sabar nunggu emoticon-Malu (S)

-update Immortal persia Persia Immortal

-update Knight and templar knight (finish) Knight and Knigh Templar

-update mongolia (finish) Mongolian Army

next update adalah....rahasia gann..wait aja ya..emoticon-Ngakak (S)


Wah buset..thread lama bisa jadi HT..tq to momod and para kaskuser yg udh baca...emoticon-Malu (S) .HT ke 2 ane 2 hari berturut2emoticon-Ngakak (S)
Spoiler for HT2:





halo agan agan semua, siapa sih yang g tau film 300 ?..film yg bercerita tentang perang antara pasukan yunani dan sparta dengan pasukan persia di sebuah tempat yaitu thermophale...

nah disini ane akan kasih info tentang peralatan yg digunakan pasukan zaman dahulu untuk perang...dari yunani dan persia trus romawi dan mesir, ke bizantium dan turki, dan terakhir ke abad pertengahan dan perang salib. tapi ane lebih fokus dipasukan jarak dekat dan menengah bukan jarak jauh seperti pemanah dan crowwbow.

ane bahas yang pertama dulu yaitu yunani..

Quote:


seiring berkembangnya waktu, peran hoplites digantikan oleh falangites karena lebih murah dan cepat masa pelatihannya.dibandingkan dengan hoplites yang menggunakan full armor kelas tinggi, falangites hanya menggunakan armor dari kulit atau logam kualitas buruk sehingga keamanan mereka sangat rendah tetapi bisa menghemat pengeluaran biaya. falangites telah dilengkapi tombak model baru bernama sarissa yang sangat panjang. pasukan ini efektif dari depan tetapi sangat lemah dari samping karena tidak bisa bermanuver dan merubah arah senjata dalam waktu singkat..selain itu, moral pasukan falingites lebih rendah dari hoplites karena mereka dilatih secara biasa sedangkan para hoplites sudah dilatih semenjak masih kecil sehingga moral dan skill tentu saja mereka berbeda.

Sarissa adalah tombak yang digunakan oleh tentara Phalangites. Panjang sebenarnya sarissa sekarang tidak diketahui, tetapi tampaknya dua kali lebih panjang dari doru . Jadi paling tidak 14 kaki (~ 4.3m), tetapi 18 kaki (~ 5.5m) sepertinya lebih mungkin. (Xyston milik kavaleri panjangnya 12,5 kaki (~ 3,8m) sebagai perbandingan.) Tombak yang amat panjang ini diimbangi dengan berat penyeimbang di bagian belakang, yang juga berfungsi sebagai paku-belakang, memungkinkan sarissa ditancapkan ke tanah. Karena panjang, berat dan keseimbangan yang berbeda, sarissa dipegang oleh dua tangan. Ini berarti bahwa aspis tidak lagi praktis sebagai pertahanan. Karena itu, phalangites mengikat perisai yang lebih kecil yang disebut pelte (biasanya dipakai oleh tentara ringan - peltast)) di lengan kiri mereka. Meskipun hal ini mengurangi dinding perisai, panjang ekstrem dari tombak mencegah musuh untuk mendekat, karena tombak dari tiga sampai lima baris pertama semua bisa disodorkan di depan barisan depan. Tombak ini harus dibawa di bawah ketiak, karena bila dibawa di atas pundak, perisai akan menghalangi pandangan prajurit. Juga karena panjangnya, akan sangat sulit untuk mencabut sarissa dari apa pun yang ditusuknya (tanah, perisai, dan tentara musuh) jika tombak tersebut didorong ke bawah.

formasi phalanx oleh phalangites:
Spoiler for formasi phalanx:

Spoiler for formasi phalanx 2:

formasi phalanx oleh hoplites:
Spoiler for phalanx hoplites:

Spoiler for phalanx hoplites 2:


sekian dulu tentang pasukan yunani dari ane...dipost selanjutnya akan ane update trus pasukan yang lain...

jangan lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L)nya ya gan
tpi jgn dilempar emoticon-Blue Guy Bata (L)
Polling
0 suara
pasukan favorit agan agansemua
Diubah oleh ayokwing 23-06-2015 13:45
0
183.7K
660
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan