BillyBoenAvatar border
TS
MOD
BillyBoen
Kesuksesan = 99% Perencanaan
Apa yang saya tulis di sini sangat bisa didebat, karena ini adalah sebuah perspektif. Menurut saya, tidak ada kesuksesan yang kebetulan. Mungkin banyak orang sukses yang bilang, "Ah, saya mah beruntung aja." Tapi sesungguhnya, menurut saya mereka bilang begitu karena rendah hati. Pada umumnya, mereka yang bilang begitu ngga mau bicarakan apa yang mereka capai secara blak-blak-an.

Apakah benar, ada orang yang bisa sukses hanya karena mereka beruntung? Menurut saya: Tidak. Kalau ada orang yang menang lotere Rp100 milyar, ya benar orang itu beruntung. Lantas, apakah orang itu bisa dibilang sukses? Ngga. Orang yang menang lotere bukan masuk dalam kategori orang sukses.

Apakah ada orang yang bisa jadi CEO sukses hanya karena keberuntungan? Menurut saya: Tidak. Kalau ada anak yang baru lulus dan dijadikan CEO di perusahaan milik orang tuanya, apakah lantas dia adalah seorang CEO sukses? Jelas tidak. Dia baru jadi seorang CEO, apakah dia akan menjadi seorang CEO yang sukses atau tidak kelak, menurut saya, akan tergantung dari apa yang dia lakukan selama dia memegang jabatan tersebut. Jadi, balik-balik lagi, ngga ada tuh CEO sukses yang hanya karena dia beruntung.

Jadi, menurut saya ya itu tadi, sesuai dengan judul tulisan ini, Kesuksesan = 99% Perencanaan. Orang kalau mau sukses harus direncanakan. Apa yang perlu direncanakan? Ya jelas yang perlu direncanakan adalah langkah-langkah yang akan diambil, beserta jadwal maupun periode pelaksanaannya.

Kalau menurut Filosofer Roman yang bernama Seneca bilang, "Luck is when preparation meets opportunity". Quote ini kembali dipopulerkan kembali oleh Oprah Winfrey.

Seringkali, teman-teman saya yang ngajak saya ketemuan selalu beranggapan bahwa saya adalah orang yang selalu sibuk. Tanggapan saya: Saya bukan orang yang sibuk, hanya saja, saya adalah orang yang ngga suka bengong. Maskudnya apa? Keseharian saya itu selalu terencana dengan baik. Saya paling ngga mau ada waktu yang sia-sia. Semua jadwal saya itu tercatat dengan sangat rapih di Samsung Galaxy Note Edge. Jadi cara kerjanya gini, Personal Assistant (PA) saya itu saya minta untuk selalu mengisi jadwal saya selama 1 minggu kedepan. Jadi, misal di hari Jumat ketika saya me-review jadwal saya minggu depan ternyata ada yang kosong; misal di Kamis minggu depan antara jam 13.00 - 16.00, maka saya akan langsung berpikir untuk mengisi waktu tersebut. Apakah selalu diisi dengan rapat yang membicarakan bisnis? Belum tentu. Terkadang, saya berusaha untuk menset waktu kosong tersebut untuk ketemuan teman lama, sekadar untuk ngobrol dan saling catch up. Itulah kenapa saya selalu bilang bahwa saya ngga sibuk, cuma ngga demen aja sama waktu kosong yang sia-sia.

Apa keuntungan menjadi orang yang sangat terencana seperti saya? Waktu 24 jam yang saya miliki ngga terbuang sia-sia. Ingat, kita akan menyesal hanya ketika kita sadar bahwa kita tidak melakukan semaksimal mungkin; termasuk ketika kita tidak memaksimalkan keseharian kita.

Mau sukses? Coba jadwalkan hari-hari Agan dengan lebih terencana. Dan pastikan, jadwal yang sudah Agan set itu harus Agan hormati. Kalo ngga, ya sama aja bohong dong. Jadwal yang terencana juga harus bisa Agan akses setiap saat, di mana saja. Jadi kalau untuk saya, yang tadi saya sudah sampaikan, semua jadwal saya secara terencana, tercatat di calendar smart phone saya. Juga to-do-list saya, ngga saya catat di note book, tapi di smart phone saya (ada fitur S Note).

Kalau kesuksesan itu terdiri dari 99% perencanaan, lantas 1%nya apa? Kesempatan/keberuntungan. emoticon-Smilie

See you ON TOP!
@BillyBoen

Founder & CEO, PT. YOT Nusantara - @youngontop
Co-Founder & Chairman, PT. Generasi Digital Internasional - @GDILab

Website: http://www.youngontop.com | http://www.yotnusantara.com
Facebook: /youngontopYOT
Instagram: @youngontop

***download gnews, twitter search engine di Google Play untuk perluas wawasan Agan. FREE!
***buat CV berstandar internasional di CV.youngontop.com sekarang. Bisa didownload, email, print untuk lamar kerja. FREE!
Diubah oleh BillyBoen 16-06-2015 10:55
0
60.5K
550
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan