Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thedoc412Avatar border
TS
thedoc412
[SHARE] - Jawaban ttg pertanyaan "Gimana sih cara mulai online bisnis biar sukses?"
Salam kenal para kaskuser, ini mungkin thread pertama ane tapi biarlah ane bisa share sedikit buat teman2 disini.

Giaman sih cara mulai online bisnis biar sukses?.
Pertanyaan yang paling sangat sering muncul dari para pemula bisnis online (termasuk ane) baik dilampiaskan di forum maupun didalam hati. Ya jelas lah, segala sesuatu yang kita belom tahu pasti kita tanya, bener kan?.

Ane mau share pengalaman serta cara ane buat ngejawab pertanyaan tersebut diatas.
Pertanyaan ini sudah ane nyari jawabannya kesana kemari, banyak jawaban yang tepat disana tapi justru sulit di pahami bahkan dijalani 100%, ya karena kita kan dari NOL. Jika jawabannya, jadi affiliate amazon atau cb aja, pertanyaan baru yang muncul yakni amazon sama cb itu apaan?. jika udah tahu, pertanyaan selanjutnya, terus gimana orang mau beli, traffic aja gak punya emoticon-Big Grin hahahhahhh...

Ini pengalaman pribadi ane, dan mungkin bisa dipraktekin jika cocok dengan karakter ente2 emoticon-Wink

Pertama

Lo pengen bisnis online biar apa?. sukses kan?. pertama2, rubah mindset dulu. Jangan tergiur dengan ss nya para mastah yang menggiurkan, mereka juga mengalami seperti yang kita alami kok di awal emoticon-Smilie Jangan pernah anda berpikir bahwa bisnis online bisa menjadi jalan untuk cepat kaya !. Kenyataannya bahwa bisnis online bisa menjadikan anda cepat kaya, tapi jika anda berpikir ini di awal maka anda SALAH BESAR. Kenapa?. Ya karena alam bawah sadar anda akan mendongkrak impian ini dan terus memaksakan anda untuk mencari cara agar anda bisa mendapatkan jalan terbaik di bisnis online (dalam hal ini menekuni bisnis yang sangant menjanjikan). Asal anda tahu aja, semua bisnis online sangat menjanjikan entah dia maennya di adsense, PPD, PPC/PTC, broker link, fliping, affiliate, sampe jualan produk sendiri. Intinya yakni FOKUS. So, jika anda menanamkan pemikiran bahwa online bisnis bisa menjadikan kita cepat kaya (di awal2 anda mulai bisinis) maka anda sudah salah besar karena anda gak bakalan bisa fokus di salah satu bisnis.

Contoh:
- Disaat anda join di group PPD, anda tergiur dengan ss mereka. Minggu pertama anda fokus, tiba2 anda bertemu dengan group adsense dan anda tergiur juga dengan ss mereka kemudian di minggu kedua anda fokus juga di adsense (udah 2 bisnis yang anda fokus), dan begitu seterusnya. Terus yang di fokusin yang mana?.

Intinya: "jangan berpikir bahwa bisnis online bisa membuat anda cepat kaya" berpikirlah sederhana "gue mau nyoba ah bisnis online buat nambah2 jajanan pisang goreng"

Kedua

Lihat kelebihan ente ada dimana. Kelebihan yang sekaligus menjadi hobi ente. Jika udah tau, maka anda bisa cari bisnis apa yang cocok. Berdasarkan pengalaman emang kita hanya bisa fokus ke sesuatu yang kita hobi/sukai aja. Dari share para mastah2 juga banyak yang seperti itu, so temukan passion anda terlebih dahulu. Jika mau nyoba ini-itu juga bisa apa salahnya (dari pada nyoba2 barang haram, iya kan?..)

Ketiga

Ini yang penting nih ane rasa. Gimana mulainya?. Hahahhah....
Tanya ke diri sendiri dulu, punya modal ga?. Kalo punya modal, bisa beli domain sama hosting. Terus bisa coba cari2 informasi tentang bisnis yang mau ditekuni. Jika punya modal lebih, jangan boros! beli/bayar yang penting2 aja. Contoh, jangan maen iklan atau paid traffic jika belom tau survey keyword dan kompetitor. Pelajari dulu semua yang berkaitan dengan bisnis yang ente jalani (search di google atau forum2 blogger kayak disini, ads.id, dll)

Gak punya modal?. Mungkin banyak yang bilang bahwa "hari gini ga ada yang gratis om", SALAH... Sana, cari di google banyak kok yang share ilmu gratis. hahahaha... Ente bisa nyoba pake blogspot atau wordpress yang gratisan dulu (malah ane nyaranin buat yang punya modal sekalipun, belajar aja dulu dari yang gratisan, ntar kalo udah ngerti konsepnya baru maen yang premium).

Keempat

Terus biar berhasil gimana?. Bisnis ente apa dulu om?. cara berhasilnya bisa search aja di forum2 blogger, disini ane share tentang konsep dan cara umum aja. Nah, inti agar sukses di bisnis online yakni traffic. Mau maen adsense, ppd, ppc, ptc, affiliate, dan apapun itu sukses dan tidaknya tergantung dari traffic ente. Terus gimana cara nyari trafficnya?. Ente bisa nyari traffic dulu dari sosmed kayak facebook, twitter, g+, instagram, path, pinterest, stumbleupon, dll. Di sana banyak yang nyari informasi2 tertentu, dan bahkan app sosmednya udah diinstal di smartphone mereka dan menjadi keseharian mereka, so jika yang mereka cari berkaitan dengan niche ente maka ente udah dapet traffic disana. Terus gimana dengan pesaing?. Buat original content aja om, jika ente mau jualan affiliate, yang ente copy-paste hanya linknya aja, contentnya di pahami aja (jangan di copas juga) dan buat content baru berdasarkan kata2 ente sendiri. Dengan sendirinya user/pencari informasi akan tertarik membaca content yang asli/unik. Jangan fokusin ke pesaing, fokus aja ke diri sendiri, kerjakan apapun yang anda bisa di hari ini, kalo udah capek maka istirahat dan lanjutin besok.

Terus, inti selanjutnya yakni masih tetep traffic tapi TARGETED TRAFFIC. Gimana caranya buat nyari traffic yang tertarget?. Traffic tertarget bakal ente temui sendiri om karena gak selamanya produk diet itu dibeli oleh orang gemuk loh emoticon-Smilie Traffic yang tertarget akan ente temui dengan sendirinya melalui cara ente tadi (nyari traffic general) karena secara gak langsung ente bisa ngerti sendiri (dan gak bisa dijelasin dengan kata2) bahwa ternyata si A karakternya begini, si B begitu, dst... Gunakan itu semua sebagai informasi untuk mengklasifikasikan target visitor ente. Untuk lebih detailnya bisa nyari tips dan trick gimana menemukan traffic tertarget di google, tapi inget semua cara yang diajarkan butuh jatuh-bangung, gagal-bangkit, alias ente harus nyoba dulu baru ente tahu kalo gagal apa berhasil.

Kelima

Inget yang ane bilang diatas bahwa cara sukses ialah, temukan passion ente, baru fokus. So, jika anda jatuh, segera bangkit lagi. Wong Thomas Edison aja 10.083 kali gagal toh masih bisa bangkit kok. Bayangin aja sebanyak itu dia gagal hanya demi mengubah dunia. Tapi sebenarnya dia gak pernah berpikir bahwa dia bakal mengubah dunia loh, dia hanya berpikir bahwa gimana caranya agar rumahnya gak gelap lagi, tinggal di stop kontak aja jadi terang. Dan secara gak langsung, dia sudah mengubah dunia, karena teknologi yang kita rasakan dan nikmati sekarang juga awal mulanya dari penemuan itu, dan ente baca postingan ane ini juga karena listrik kan?. Mungkin ente juga berpikir bahwa jika bukan Thomas A Edison, pasti ada orang lain yang bisa temukan itu semua. Ya memang benar tapi kapan dan siapa?. Jika 10 tahun setelah Thomas AE meninggal, ya berarti yang kita nikmati sekarang seharusnya nanti ada di 10 tahun akan datang, bener ga?. Hahahha.... So, jangan pikirkan hasilnya. Just do it !! 1000x mencoba lalu gagal adalah lebih baik dari pada belum pernah mencoba sama sekali.

Intip cara ane dari awal dibawah ini:

Awalnya ane tekuni broker link, ane mempertemukan para blogger dan para advertiser. Keuntungan tergantung kemampuan adver. Ane jalanin sejak 2010 sampai 2011 buat makan dan modal untuk membeli beberapa domain di godaddy. Aktifitas broker masih jalan sampai saat ini tapi ane udah gak nyari adver baru dan blogger baru lagi. Tinggal mentain yang udah ada aja.

Tahun 2011, ane coba tekuni dropship part motor. Karena ane hobi motor juga jadi barang yang ane jual gak pernah ane sentuh sedikitpun, tapi duitnya ane nikmatin emoticon-Big Grin dan ini masih jalan sampai saat ini. Awalnya maen spam sama paid traffic buat likers di fan page dan followers di g+ dan twitter, setelah mencapai 1000+, ane tinggalin yang paid2an dan biarin semua berjalan apa adanya. Dengan sendirinya blog yang ane gak pernah update, produknya masih dicari sampai saat ini dan ane hanya melayani yang itu2 aja. Mungkin besok2 nyari waktu buat update produk (ikut perkembangan). Maklum, manusia juga yang bisa capek di depan laptop. Hahahhaah....

Tahun 2012, ane coba buka toko offline (di rumah). Ini gak berhubungan dengan bisnis online tapi ane terapin jurus bisnis online nya disini. Yakni, spam dan paid traffic buat nyari likers dan followers, product nya juga ane ambil dari suplier dropship. Semua masih jalan hingga saat ini. Dari 2012 - 2014 ane gak punya toko dan ane hanya melayani pengantaran pesanan ke alamat pembeli di kota ane. Ane nanti buka tokonya (sewa tempat) di tahun 2014, dan ane sendiri yang jagain tokonya. Pelanggannya ane direct dari exist customer dan new customer dari sosmed langsung ke toko (gak melayani antar2 lagi, capek soale. hahahaha...).

Tahun 2013 ane mulai maen affiliate tapi bukan ane affiliate melainkan ane pemilik product nya dan affiliate yang menjualnya. Terus product ane apa?. Product ane hanyalah product plr, mrr, dan rr yang ane beli dengan license bisa dijual lagi pake nama dan merk ane. Jurus masih sama, spam sama sedikit paid2an emoticon-Wink

Saat ini, ane lagi jalanin PPD sama masih fokus ke affiliate, yang intinya traffic juga. Jurus lama masih ane gunakan yakni spam dan paid traffic buat nyari likers dan followers, sambil ngejalanin bisnis yang udah ada diatas. Gak gampang emang mentain semuanya sendiri, tapi ane nikmatin aja karena hoby juga. Broker juga ane bosen tapi ane bisa enjoy karena ane sering ajak bercandaan sama advertiser dan bloggernya, jadi secara gak langsung sambil bercandaan ane ngerjain jobnya, gak nyangka2 juga 1-2 jam udah kelar, tinggal dibayar. wakakakakkk... Ane juga sempat terpikir juga buat nyari karyawan, tapi ntar aja belom sekarang. Kenapa?. Ya karena ane masih bisa handle sendiri. Dan sambil belajar hal2 baru yang belom ane pahami, ntar kalo udah gak bisa handle semua baru ane nyari karyawan. Simple karena dibikin simple aja :P

Saran buat ente2 yang baru mau menggeluti bisnis online:

Jika hoby ente jualan, coba maen affilate. Atau ente juga bisa punya product sendiri lalu menjualnya dengan sistem affiliate, jadi ntar bukan ente affiliate nya tapi para affiliate yang nyari ente dan bantu menjual product ente. Berdasarkan pengalaman ane cara ini cukup mengasikan juga karena ente bisa dapet untung 100% kalo ente yang jual sendiri product nya dan ente masih bisa dapet untung sekian persen jika affiliate ente yang menualnya (karena sisa persennya adalah biaya yang harus ente bayar ke affiliate).

Dari pengalaman ane, cara ini juga yang paling mudah juga asyk. Caranya:
- Cari product PLR, MRR, RR (untuk lebih jelasnya ente bisa cari di google tentang apa itu plr,mrr, dan rr). Product2 tersebut memiliki license yang mengijinkan anda untuk menjual kembali product tersebut menggunakan nama dan merek ente.
- Ane biasa beli product PLR dan MRR nya disini: http://tradebit.com dan http://plr-mrr.ga
ada banyak situs yang menjual dengan harga murah, tapi ane biasa beli di 2 situs tersebut diatas karena ente bisa dapet harga $1 - $2 aja. Biasanya ane nyari di plr-mrr.ga tapi product nya hanya sedikit tapi bisa kita tanyain product yang kita inginkan lewat fasilitas contact us nya, dan jika udah dibales dan ternyata gak ada product nya baru ane beralih ke tradebit.com. Kenapa demikian?. Karena di plr-mrr.ga smua product harganya $1 entah itu ebook, software, plugin, bahkan video sekalipun. Dan keuntungannya lagi, bisa bayar pake IDR, hahahah... Caranya, hubungi mereka melalui form contact us (kata temen ane bisa hubungi pake bahasa indonesia juga, tapi ane pake bahasa english terus waktu contact ke mereka). Gak tahu yang punya orang indo, apa karyawannya ada yang orang indo, yang pasti bisa bayar pake rek indo (BCA & BNI) dah emoticon-Big Grin
- Terus masarin nya gimana?. Ya itulah sebabnya ane pake product plr, mrr, rr sebagai product ane karena biasanya product yang dijual adalah paketan (udah termasuk tutorial penggunaan, sales page, squeeze page, psd file, dll) hingga sangat mudah bagi ente untuk memasarkannya kembali. Tinggal di upload aja sales page nya di hosting atau copas html code nya di blogspot atau wordpress. Jangan lupa diedit dikit content nya biar kelihatan unik.
- Jual product ente di clickbank (cari tau caranya di google banyak), amazon (tmn ane pernah nyoba jual video tutorial balet dan berhasil tapi ane belom nyoba sampe situ). Bisa jual juga di jvzoo.com , atau jual lagi di tradebit.com. Banyak tempat buat jual kok emoticon-Smilie
- Dropship juga patut anda coba, tapi intinya traffic juga. Cara berpikir ane sih, ane mending jualan product sendiri dan nyari affiliate buat jual dari pada ane jadi dropshipper atau affiliate. Tapi ane juga pelaku dropshipper dan affiliate juga namun selain nyari recehan sebagai dropshipper dan affiliate, ane juga pelajari sifat para dropshipper dan affiliate lain buat memajukan strategi jualan product punya ane tadi emoticon-Smilie

Intinya:
- Fokus ke suatu bisnis yang sesuai hobi ente,
- Jangan nyerah saat jatuh, bangkit aja lagi. Gak ada cara instant buat sukses, tapi ada cara kreatif buat sukses secara cepat. Setting mindset yang bener aja om emoticon-Smilie
- Jangan pikirkan hasilnya, just do it !!
- Intinya traffic, caranya bisa di coba seperti yang ane pakai. Spam di g+, youtube, twitter, fb, instagram, path, dll. Nyari likers, subscribers, followers sebanyak2nya sebisa ente.
- Syukuri segala keadaan yang ada, dan jangan lupa bersedekah. Disanalah terdapat banyak kunci rezeki emoticon-Smilie
- Ane mohon maaf untuk segala kesalahan ane sebelum puasa besok. Selamat menjelang hari pertama puasa ya emoticon-Wink

+++masing2 orang punya cara berbeda, dan yang ane share diatas adalah cara ane. dipakailah yang dirasa berguna saja karena kegagalan dan keberhasilan adalah ditentukan oleh diri sendiri emoticon-Wink emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh thedoc412 16-06-2015 03:45
dewisuzanna
trderkampret912
trderkampret912 dan dewisuzanna memberi reputasi
2
5.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan