cingelingAvatar border
TS
cingeling
Pemerintah segera hapus subsidi listrik buat Rakyat ditahun depan


Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan, pada 2016, subsidi listrik golongan 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA dihapus. Nantinya subsidi itu bakal tetap diberikan melalui kartu sakti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman mengakui alasan penghapusan subsidi langsung lantaran tidak tepat sasaran dalam distribusinya. Sehingga pihaknya meyakini penghapusan ini menjadi langkah tepat.

"Maksudnya lebih tetap sasaran. Gitu saja," kata Jarman di Jakarta, Selasa (16/6).

Penerapan penghapusan subsidi listrik ini juga akan dilakukan secara bertahap. Caranya, dengan menaikkan tarif listrik sehingga subsidi mengecil. Selanjutnya, pemerintah secara bertahap juga mengeluarkan kartu.

"Pemerintah boleh ganti dengan kartu langsung tapi subsidinya masih ada kan nggak mungkin langsung ditarik, harganya sekarang yang 450 watt nggak sampai Rp 450/kwh padahal harga keekonomian Rp 1500/kwh. Jadi akan kami usulkan untuk dikurangi secara bertahap," ujarnya.

Jarman juga tak menampik dengan penghapusan subsidi listrik, akan menyebabkan inflasi. Pihaknya berjanji bakal mengatur pola penghapusan dengan cara melihat daya beli masyarakat.

Walau berencana dihapus 2016, Kementerian ESDM tidak menjamin penghapusan bakal selesai dalam setahun. Jarman memprediksi bahwa tahun 2017, anggaran subsidi listrik masih diberikan.

"Tergantung DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) nanti jadinya berapa," terangnya.

http://www.merdeka.com/uang/tahun-de...yat-kecil.html

AKHIRNYA KEINGINAN PEMIMPIN KITA TELAH TERCAPAI emoticon-Matabelo
Diubah oleh cingeling 17-06-2015 03:00
0
2.7K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan