radheartAvatar border
TS
radheart
Pentingnya Pohon Untuk Kehidupan




CEK REPOST DISINI

APA ITU POHON ?
Quote:


Nah sekarang semua udah tau kan apa itu pohon? jangan bilang masih ada yg bingung emoticon-Big Grin
Kalo ada yang masih bingung, sekarang matiin pc/telepon genggam agan dan segera keluar rumah.
Pohon itu menghasilkan oksigen yang biasa kita hirup sehari-hari lho, dan satu lagi warna hijau pada pohon dapat membuat mata kita fresh dibandingkan apapun, jadi sebisa mungkin kalo agan yang sibuk didepan komputer sempetin deh 2 jam sekali keluar untuk mandangin sejuknya pohon. emoticon-Big Grin
Langsung aja gan, disini ane mau berbagi apa aja sih manfaat pohon selain menghasilkan oksigen yang pastinya secara ga langsung menguntungkan kehidupan kita sehari-hari.

POHON DAPAT MEMBUAT AIR MENJADI LEBIH BERSIH
Spoiler for pict.:

Jadi sebagai bagian dari sistem pengelola air hujan, arus sungai mempunyai peranan penting terhadap air sungai. Arus sungai mampu membersihkan polutan seperti pupuk, pestisida, dan sedimen dari permukaan air hingga ke dasar sungai. Nah, disini pohon menyediakan cahaya dan suhu optimal yang dapat melarutkan makanan organik sehingga dapat dikonsumsi oleh tumbuhan dan hewan yang hidup didalam air.
Waaah kalo gitu, tanam pohon sebanyak-banyaknya yuk supaya mereka bisa makan sepuasnya emoticon-Cendol (S)

MENANAM POHON = MENYELAMATKAN KEHIDUPAN
Spoiler for pict.:

Ternyata eh ternyata pernah ada penelitiannya loh gan, pada tahun 2013 U.S. Forestry Service alias Dinas Kehutanan melaporkan hasil studi yang menunjukkan bahwa pohon di daerah perkotaan mampu menghapus 4,7 metrik ton (setara dengan 1.000kg) bahan partikel halus di udara yang sama saja dengan penurunan kematian manusia dari 1 orang per 365.000 orang di Atlanta dan 1 per 135 juta orang di San Fransisco.
Tuh gan, semakin banyak pohon semakin banyak kehidupan yang dapat terselamatkan. Ayo buat Indonesia kita semakin hijau emoticon-I Love Indonesia (S)

MEMBANTU KITA BERNAFAS LEBIH MUDAH
Spoiler for pict.:

Ada penelitian lagi lho gan, penelitian yang dilakukan oleh North Carolina State University’s membuktikan bahwa sebuah pohon besar mampu menyerap sebanyak 48 pon karbondioksida pertahun dan bahkan sebuah pohon besar mampu menyediakan pasokan 1 hari penuh oksigen bersih untuk 4 orang !
Wow, kebayang gak tuh disaat kita sedang sibuk mengendarai dan mengemudikan motor dan mobil kita, pohon-pohon menyerap sebagian dari karbondioksida yang kita hasilkan. Bayangkan kalau ga ada pohon, mungkin seperti ruangan tanpa ventilasi dan isinya orang-orang yang merokok tanpa henti !

MENGURANGI TINGKAT KRIMINALITAS
Spoiler for pict.:

Nah ini yang agan dan aganwati banyak ga sadar, pohon mengurangi tingkat kriminalitas. coba deh bayangin dengan semakin banyaknya pohon dan semakin sedikitnya bangunan dapat mengurangi para berandalan yang kerjanya corat-coret dinding tanpa seni (beda yah dengan para grafitti artist yang memang mempunyai bakat untuk menghasilkan seni)
mengurangi tindak perusakan (apa yang mau dirusak kalau hanya ada pohon? nebang pohon kan ga gampang)
bahkan mengurangi tindakan orang-orang yang biasanya suka buang sampah sembarangan !

Penelitian di University of Washingtonmelaporkan ada 3.800 korban kejahatan dari 100.000 orang Amerika, namun dengan bertambahnya jumlah pohon dapat mengurangi angka tersebut. Hebat bukan?

Bangunan rumah tinggal yang memiliki banyak pohon juga memiliki jumlah kejahatan dan kekerasan 52% lebih sedikit. Kalo TS pikir-pikir bener juga sih, coba deh agan punya pohon gede atau punya banyak pohon di halaman depan rumah agan, pasti maling akan berfikir kalau rumah agan ada penghuni ghaibnya hahaha emoticon-Big Grin

TOK.. TOK.. TOK.. ADA ORANG DIRUMAH?
Spoiler for pict.:

Di British Colombia, penelitian menunjukan bahwa pohon merupakan rumah bagi lebih dari 80 spesies satwa liar seperti burung, tupai dan hewan lainnya. Dan menurut Rainforest Action Network, angka-angka tersebut meningkat di hutan hujan dimana telah ditemukan lebih dari 50 juta spesies invertebrata yang hidup di pohon-pohon.
Jadi kalau agan lagi nanjak gunung (kan lagi ngetrend tuh sekarang) terus agan nyasar sampe tengah malem, jangan takut lagi ya, ketuk aja pohon bilang "assalamualaikum" nanti Insha Allah ada yang jawab, tapi TS ga jamin kalo yang jawab para hewan ya emoticon-Ngakak (S)

HEMAT UANG DENGAN HEMAT ENERGI
Spoiler for pict.:

Pohon adalah AC alami, tanpa listrik dan tanpa uang. Benar kan?
Sebuah studi yang dilakukan oleh [URL="http://www.epa.gov/heatisland/mitigation/trees.htm"[color=red]U.S. Environmental Protection Agency[/color][/URL] mengenai penggunaan energi dan pohon menemukan bahwa kota-kota masih harus dibayar sekitar $1,50 sampai $3,00 untuk setiap dolar yang di investasikan dalam sebuah pohon. Biaya tahunan kota berkisar hampir $15 per pohon di wilayah Desert SouthWest menjadi $65 per pohon di Berkeley California, dengan keuntungan bersih sekitar $30 sampai dengan $90 per pohon.

Layaknya deposito uang di bank ya emoticon-Big Grin

ANTI KANKER ALIAS KANTONG KERING
Spoiler for pict.:

Pada tahun 2008, pejabat kota di Portland Oregon mulai mencari cara untuk mendorong warganya untuk menanam lebih banyak pohon, dan cara terbaik adalah dengan mempengaruhi isi dompet mereka. Hasil studinya adalah seperti berikut, pohon dengan tajuk/diameter 312 kaki persegi dapat menambah nilai harga rumah hingga $ 7.593, dan juga menambah nilai rumah untuk setiap jarak 100 kaki.
Di Portland, ada sekitar 6-7 rumah setiap 100 kaki yang berarti akan menaikkan nilai hingga $ 9.241.

Gila, bayangin aja kalo gini caranya siapa yang gamau nanem banyak pohon? terlebih buat yang punya halaman depan yang luas, tanem aja pohon buah-buahan kayak rambutan atau mangga dan lainnya, kalo belum mau dijual rumahnya, bisa dijual buahnya hehehe

MAKAN APA KITA MALAM INI?
Spoiler for video:

Siapa yang ga makan buah-buahan atau sayur-sayuran? Jutaan bahkan milyaran orang masih bergantung pada pohon untuk konsumsi sehari-hari, seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan bahkan tidurpun sebagian orang masih menggunakan bantal dari kapuk yang buahnya dihasilkan oleh pohon kapuk, kalo tidur di bantal busa cepet tepos gan, biaya gantinya kan ga murah hahaha emoticon-Ngakak (S)

Selain itu, pohon juga dapat mengurangi stres, memberikan keindahan, dan dapat berfungsi sebagai penahan angin jika ditanam ditempat yang tepat. Sebenarnya, masih banyak sekali manfaat pohon jika kita telaah secara perlahan, tapi TS mau berbagi segitu dulu siapa tau ada yang mau nambahin emoticon-Blue Guy Peace

Sekilas Pesan dan Pengalaman dari TS
Spoiler for open:


Tambahan
Mungkin ada tambahan dari agan dan aganwati sekalian tentang manfaat dari pohon bisa di share dimari emoticon-Cendol (S)
Bisa di scroll ke bawah sedikit ya buat tambahan-tambahannya emoticon-Cendol (S)

Spoiler for Dari kaskusers:


Ane bersyukur banget, thread ini udah lama ane buat tapi ternyata banyak banget yang peduli sama alam, tinggal mewujudkannya saja.
Ane bener-bener bersyukur emoticon-Matabelo

Mohon maaf kalo thread yg TS sajikan masih berantakan, semoga dapat menghibur.

Sekian dan Terimakasih

emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)

SUMBER
Diubah oleh radheart 10-06-2015 11:15
0
33.3K
360
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan