Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sayangmaungAvatar border
TS
sayangmaung
Houthi Tembakkan Rudal Scud ke Kota Arab Saudi
Jeddah, CNN Indonesia -- Kelompok Houthi dan militer yang menjadi sekutunya menembakkan rudal Scud ke arah Arab Saudi, namun berhasil dijatuhkan oleh militer negara itu dalam peningkatan peperangan yang telah berlangsung dua bulan ini.

Dalam penggunaan rudal balistik pertama yang dilaporkan ini, Scud ditembakkan pada Sabtu (6/6) pagi ke arah kota Khamees Mushait namun berhasil disergap oleh dua rudal patriot.

Wilayah sasaran tembakan itu adalah lokasi pangkalan udara militer terbesar di Arab Saudi selatan. Namun tidak ada fasilitas perminyakan di lokasi itu.

Al Masira, saluran televisi resmi Houthi, membenarkan peluncuran Scud dan mengatakan sasarannya adalah pangkalan udara Raja Khaled.

Satu koalisi negara-negara Teluk Arab telah mengebom milisi Houthi dan unit militer Yaman yang masih setia dengan mantan Presiden Ali Abdullah Saleh, sejak 26 Maret dalam upaya mengembalikan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang menyingkirkan diri.

Pertempuran Sabtu ini terjadi meski tercapai kemajuan dalam rencana perundingan damai yang didukung PBB dan akan diadakan di Jenewas bulan ini. Pemerintah Sudah di pengasingan dan Houthi telah menyepakati pertemuan itu.

Koalisi mengaakan tujuan utama perang itu adalah mengatasi ancaman serangan roket dari Yaman ke Arab Saudi dan negara tetangga lain.

Juru bicara koalisi, Brigadir Jenderal Ahmed Asseri dari Arab Saudi, mengatakan pada April bahwa pihaknya berhasil menghilangkan ancaman dari persenjataan berat. Namun, dia kemudian menarik kembali ucapannya itu dengan menyatakan bahwa 80 persen dari 300 lebih rudah berhasil dihancurkan.

Asseri mengatakan kepada televisi milik Arab Saudi Arabiya bahwa Houthi dan sekutunya memanfaatkan gencatan senjata kemanusiaan lima hari yang berakhir pad 17 Mei untuk menggerakkan persenjataan mereka.

“Milisi itu berhasil memindahkan roket-roket yang akan menjadi sasaran serangan kami selama gencatan senjata lima hari. Rudal yang ditembakkan hari ini adalah salah satunya,” kata Asseri pada Sabtu (6/6).

“Alhamdulillah, kami memiliki pasukan pertahanan udara yang mampu menghalangi roket-roket jenis itu, menghancurkan roket itu dan mengatasi serangan tersebut,” tambahnya.

Houthi telah membantah tuduhan Arab Saudi dan Amerika bahwa pihaknya memanfaatkan jeda kemanusiaan untuk memindahkan persenjataan.

Koalisi negara-negara Muslim Sunni khawatir gerakan Houthi, yang berasal dari kelompok Syiah di Yaman Utara, akan bertindak sebagai kaki tangan dari saingan mereka di wilayah, Iran.

Iran dan Houthi menyangkal hubungan militer dan ekonomi, dan Houhti menyatakan perebutan ibukota Sanaa pada September dan gerakan mereka ke wilayah selatan adalah bagian dari satu revolusi melawan pemerintah yang korup.

http://s.kaskus.id/images/2015/06/07...0607025958.jpg
sumber : http://www.cnnindonesia.com/internas...ta-arab-saudi/

wah houthi bakalan di gengbeng lg neh ama saudi dkk
tetep aja kasian warga sipil nya yg jd korban..
Diubah oleh sayangmaung 07-06-2015 12:11
0
4.5K
65
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan