Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

t12345Avatar border
TS
t12345
PANCASILA Terlupakan, Perlukah P4 di "bangkitkan" ?
Kemaren ane dicurhati temen ane yang gagal saat seleksi AD.. Tes fisik serta kesehatan sudah dilewati sampai 2 minggu.. Tapi miris,dia gagal pada tes wawancara.
Pertanyaannya : 'Sebutkan 3 saja butir-butir pancasila?
Temen ane tidak bisa jawab. Bahkan dia tidak tau kalau butir-butir pancasila ada 45butir (yang kesindir karena sama kayak temen ane maaf yak?emoticon-Betty (S) )
Ane juga pernah nonton acara di tv yang menayangkan sebuah sekolah dasar sedang UPACARA Bendera, dan ternyata si guru tidak hafal PANCASILA.Bukan rahasia lagi , sering kita temui hal seperti itu.Bahkan Mantan Menpora aja belepotan nyanyi Indonesia Raya emoticon-Berduka (S)

Apakah benar Pancasila terlupakan??
wikipedia aja Butir-butir pancasila masih 36 emoticon-Mewek


Spoiler for PANCASILA:

Bukan orang INDONESIA namanya kalo tidak tau Pancasila (Tau saja mungkin? hafalnya belum tentu emoticon-Hammer (S) )
Pancasila sangat vital bagi Bangsa Indonesia. Pancasila sendiri dirumuskan oleh Ir. Soekarno pada saat berpidato 1 Juni 1945. Oleh karena itu 1 juni dijadikan Hari Lahirnya Pancasila. Mulai dari sinilah Pancasila memegang peranan besar untuk NKRI, sebagai Identitas Bangsa Indonesia, Kepribadian, Pandangan Hidup, Dasar Negara,Sumber dari segala sumber Hukum, Perjanjian luhur, Cita-cita sampai Falsafah Hidup untuk Mempersatukan bangsa.
Bagaimana pentingnya Pancasila inilah akan sangat mengkhawatirkan bagi Bangsa Indonesia jika Pancasila terlupakan.

Spoiler for Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila - P4:

Yang sekolah tahun 1978-1997 pasti tau benar apa itu P4. 12 april 1976, Presiden Soeharto mempunyai gagasan P4. Tujuannya supaya bangsa Indonesia punya jiwa-jiwa Pancasila, mempunyai penilaian yang sama tentang Pancasila termasuk berdemokrasi dan berkewarganegaraan. Akhirnya tahun 1978 pemerintah mulai menyelenggarakan P4 di semua lapisan masyarakat SD,SMP,SMA bahkan Pegawai negeri. P4 akhirnya ditiadakan tahun 1999 saat awal Reformasi karena segala sistem Pemerintahan Era Orde Baru dianggap buruk. Jangan heran Kalau dulu petani hafal Pancasila emoticon-Jempol

Spoiler for P4 Dibangkitkan?:

Dibangkitkan tidak pakai Edo tensei ya ganemoticon-Ngakak (S). Tahun 2013 Menteri Dalam Negeri saat itu Gamawan Fauzi mengungkapkan wacana untuk menghidupkan kembali P4. Hal ini didasari oleh semakin hilangnya rasa gotong-royong, kebersamaan, tenggang rasa,cara demokrasi yg keluar dari pedoman Pancasila serta kurangnya kesadaran dalam berbangsa bernegara.

Hanya ada di masa kini
Spoiler for Rapat Dewan kisruh:

Spoiler for Dewan tidur dan Bolos:

Spoiler for Bentrokan Demonstrasi:


Hal senada juga diutarakan oleh para akademisi di Pusat Studi Pancasila UGM Yogyakarta, Slamet Sutrisno. Menurut dosen Fakultas Filsafat UGM, Drs. Slamet Sutrisno, Pancasila baik secara ideologi, ilmu hingga filsafat tetap mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia.Hanya saja dalam perjalanannya banyak menghadapi kendala seperti globalisasi dan fanatisme keberagamaan. Ia juga sempat menyayangkan lunturnya nilai-nilai Pancasila bangsa Indonesia sekarang ini jika dibandingkan bangsa lain. Tanpa atribut Pancasila bangsa lain juga telah menerapkan nilai-nilai Pancasila.Bangsa lain aja pakai Pancasila? masa kita yg punya Pancasila malah melupakan emoticon-Bingung (S)

Kalau ane sih sangat mendukung P4 diselenggarakan kembali, apalagi masuk kurikulum pendidikan.emoticon-Ngakak (S)
Tidak seluruhnya program pemerintahan Orde Baru buruk, termasuk P4 ini. Hanya saja, jika P4 dihidupkan kembali harus sisesuaikan dengan situasi saat ini.

Tapi wacana hanya sekedar wacana. sampai saat ini belum ada kabar akan dihidupkannya lagi P4.Miris rasanya ketika Pelajar bahkan Pegawai Negeri tidak hafal tentang Pancasila,jangankan butir-butirnya, kelima sila saja sudah tak tau. emoticon-Berduka (S)

Mari mulai menanamkan pada diri sendiri Rasa Nasionalisme untuk membangun Bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita luhur bangsa yg tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.emoticon-I Love Indonesia (S)

Maaf kalo repost, banyak thread tentang Pancasila dan P4 tapi thread ane sedikit berbeda. Kalau masih dianggap repost ane minta maaf yak?? emoticon-Sorry

Setelah berhari-hari otak-atik forum + youtube belajar cara bikin thread akhirnya bisa bikin emoticon-Traveller
Ini thread pertama ane, masih newbie jadi maap yak kalo belepotan emoticon-Shakehand2

emoticon-Blue Guy Cendol (L) atau emoticon-Blue Guy Bata (L) semua ane terima, apalagi kalau dikasih emoticon-Rate 5 Star emoticon-Ngakak

Yang terpenting komen kritik dan saran tentang kekurangan thread ane supaya next bisa bikin thread yg lebih baik dan teratur emoticon-Peluk

Sumber
Ini
ini
ini
google

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus
0
5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan