aemtemiteAvatar border
TS
aemtemite
Cara-cara Menyembuhkan Autisme
Bismillaah.

Akhirnya ane posting thread yg ketigax juga emoticon-Cool

Dengan semangat ingin berbagi, mari kita mulai saja postingan ini.

emoticon-Hot News


Agan tahu autisme kan? Yah, sedikit2 mah tahulah ya. Kalau belum tahu, silakan cek dengan alat ukur ini:
Spoiler for DSM-IV-TR:


Atau lebih simpelnya, ciri-ciri autisme yang diidap oleh seseorang, antara lain –tapi tidak terbatas pada:

- Matanya tidak bisa fokus kalau diajak berpandangan (tidak bisa kontak mata)
- Perilakunya ada yang hiperaktif (ka ditu ka dieu, teu daek cicing)
- Perilakunya ada juga yang hipoaktif (cicingeun)
- Perilakunya ada yang self-destructive, semisal memukul-mukul(kan) kepala and so on
- Kadang suka tertawa sendiri
- Ngomong sendiri juga (seperti yang asyik dengan dunianya sendiri)
- Kadang2 ada keahlian yang menonjol dalam satu bidang
- Kadang2 gak punya keahlian apa2 juga
- Interaksi sosial amat tidak resiprokal
- Kemampuan bahasanya (ekspresif dan reseptif) kurang
- Mimik wajah datar
- Perilakunya repetitif
- Suka mengepak-ngepakkan tangan
- Kadang suka tantrum juga
- Tenaga tersembunyinya besar2

Nah, jika Agan pernah menemukan hal2 tersebut pada seseorang, bisa dikatakan orang tersebut autistik (tapi kebanyakan terjadi pada anak. Orang autistik yang dewasa asa can pernah ningali urang mah…).

Biasanya, autisme suka dibecandain, Gan. Gak boleh dong. Kita harus bisa empati kepada keluarga yang memiliki anak yg autistik. Yah, meskipun emang kadang2 tingkah lakunya suka bikin ketawa kita juga sih. Tapi kita mesti punya adablah ya.

Kabar gembiranya, dan ini ane baru tahu (sekitar tahun lalu), ternyata autisme bisa disembuhkan, Gan!
Buat pionir yg lokal, ane tahunya dari dr. Rudy Sutadi. Tapi kata beliau, wacana kesembuhan autisme sudah ada dari dulu (sekitar tahun 90an kalau gak salah). Cuman ya itu, wacana ini terdengar asing. Bahkan sampai sekarang, sudah ada bukti yang disodorkan pun, ada saja orangtua yang mempunyai anak autistik menganggap bahwa autisme bisa disembuhkan itu adalah mitos.

Pertama kali mendengar, ane juga masih sedikit membantah sih. Dengan definisi2 yg dikemukakan, ane lihat ada saja celah untuk dibantah. Harap dimaklum juga sih, ane kan lulusan PLB (Pendidikan Luar Biasa) dan pernah handling seorang anak autistik, jadinya ya sedikit bingit tahulah autisme seperti apa emoticon-Malu

Tapi makin diperhatikan, wacana ini asa makin gaung aja. Ane pun sadar harus dinamis. Ini kan masalah keilmuan ya. Dokter Rudy dengan latar belakang pendidikan medisnya membawa ide kesembuhan autisme yang memang banyak berkaitan dengan kesehatan. Sementara ane cuma lulusan PLB, itupun dari spesialisasi Pendidikan Anak Tunarungu, apa coba yg dijadikan bekal? emoticon-Malu

Emang sih dulu pas kuliah, materi autisme cuma sedikit. Gak ada spesialisasinya. Cuma berbentuk mata kuliah biasa aja. Tapi ane ngerasa udah tahu banget karena pernah handling seorang anak autistik (kisahnya ane tumpahkan dalam bentuk novel dan kalau Agan mau, download aja secara cuma-cuma di siniatau dibaca secara serial di mari).

Pada akhirnya ane menerima ide kesembuhan itu, Gan. Sekalian ingin membuktikan saja, apa benar autisme bisa disembuhkan. Gak ada salahnya kan kita coba buktikan?

Seiring dengan ada permintaan dari sebuah keluarga yg mempunyai anak autistik untuk ane terapi, ane kasih aja ilmu2 tentang cara menyembuhkan autisme kepada keluarga tersebut.

Dan, alhamdulillah, entah sudah berapa lama ane ngasih asistensi kepada keluarga ybs, anaknya yg autistik menampakkan perkembangan yang signifikan, Gan! emoticon-Jempol

Mau tau kan ilmunya? Cekidot, Gan!

Cara menyembuhkan autisme adalah dengan melakukan:

1. Niatkan ibadah kepada Allah (dalam rangka menjaga/memelihara amanahNya).


2. CFGFSF Diet oleh si anak autistik itu sendiri, Gan!


Diet? Iya, diet. CFGFSF Diet, istilahnya. CFGFSF itu sendiri kepanjangannya adalah casein-free, gluten-free, sugar-free.

Jadi, anak autistik harus bebas dari casein, gluten, dan gula, Gan!
Bahan2 pantangan tersebut adanya dari susu (dan segala produk olahannya), terigu (dan segala produk olahannya), dan gula (macam dan jenisnya, apapun!)

3. Pantang memberikan sayuran dan buah2an yang mengandung fenol tinggi, Gan!

Di antara buah2an yg boleh dikonsumsi oleh anak autistik adalah:

- Sirsak
- Sawo
- Bengkuang
- Pepaya
- Kedondong
- Salak
- Melon
- Rambutan
- Leci
- Alpukat
- Buah naga
- Manggis
- Markisa
- Terung Belanda
- Kesemek

Di antara sayuran2 yg diperbolehkan buat anak autistik, yaitu:

- Labu (putih/hijau)
- Sawi (putih/hijau)
- Timun
- Daun singkong
- Buncis
- Kecipir
- Kecombrang
- Daun mangkokan
- Tauge
- Kangkung
- Selada air
- Daun ginseng
- Daun katuk
- Daun pepaya
- Daun kacang panjang
- Daun genjer
- Daun kemangi
- Daun pakis
- Daun pohpohan
- Bok choy
- Daun kelor
- Kapri

Selain itu, hindari juga bahan2 dan makanan2 yg disepuhi bahan2 kimia, Gan! Jadinya ya memilih makanan, sayuran, asupan yg organik adalah pilihan tepat.

Pokoknya, setiap hal yg lekat dengan bahan2 kimiawi, jauhkan! Bahkan sampai detergent yg dipakai untuk cuci baju pun, lebih aman merek B29 (sabun legenda yg sudah jarang ada).

4. Lakukan rotasi dan eliminasi terhadap makanan2 yg diberikan selama diet, Gan!


Nah, setiap makanan yang diberikan kepada anak autistik hendaknya dirotasi dan lalu dieliminasi bagi makanan yang justru memperburuk keadaan anak autistik itu sendiri.
Misalnya nih, setelah diberikan buah pepaya ternyata si anak malah makin parah perilakunya, maka pepaya harus dieliminasi. Rotasi/putar terus makanan yang diberikan pada si anak. Kalau kemarin diberikan pepaya dan memperburuk keadaan, maka ganti dengan buah yg lain sambil dicatat apa efeknya. Kalau bagus ya teruskan, kalau jelek, ya eliminasi.
Paham kan, Gan? *udah lama gak nulis nih emoticon-Malu

5. Istiqamah!


Nah ini mungkin proses yg paling berat dilakukan oleh orangtua yang anaknya autistik. Diet yang diterapkan pada anak autistik haruslah 100% ketat tanpa ada kebocoran sedikitpun! Kalau sedikit saja bocor, maka efeknya bakal menambah akumulasi hari di mana perilaku si anak menampakkan keautismeannya.
Kadang2 kan suka ada bisikan, “Aduh, kasihan anak saya, pingin susu.”, atau “Gak apa2 kali ya sesekali kalau si anak dikasih madu…”.
Sekali jangan bocor, dietnya ya harus tetap dijaga tidak boleh bocor! Jauhkan anak autistik dari susu, terigu, gula, sayur-buah berfenol tinggi!

6. Keep praying, Gan!


Bisa saja rasa jenuh menghinggapi orangtua yang sedang berjuang menyembuhkan anaknya yang autistik. Karena proses penyembuhan autisme ini ada yang cuma beberapa bulan dan ada yang tahunan, maka doa yang tiada henti adalah senjata harian agar kita tetap bisa terus fight! emoticon-army
Kita adalah makhluk lemah dan Allah adalah Yang Mahakuat, maka berdoalah terus sampai kita tidak bisa berdoa lagi!

emoticon-Angel


Nah, kalau keenam langkah penyembuhan autisme ini diistiqamahi, insya Allah Gan, autisme yang sedang dihadapi bakal sembuh dengan izinNya. emoticon-2 Jempol

Biar lebih percaya, stalking deh akunnya dr. Rudy Sutadi ya! emoticon-cystg

Jangan lupa juga ya, sebarkan informasi ini sejauh yg Agan bisa! Kan kalau ada orang yg bisa megambil manfaat dari thread ini, Agan juga kecipratan pahalanya emoticon-Shakehand2

Oke deh Gan, segini aja dulu thread ketigax dari ane. Kalau ada yg butuh informasi lebih lengkapnya, bolehlah ane kirim file-nya via email.

CMIIW n typo
Salam.
emoticon-coffee
Diubah oleh aemtemite 03-04-2015 15:31
0
5.5K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan