tomygumilarAvatar border
TS
tomygumilar
Orang awam memilih Yamaha R25 atau Ninja 250 fi
Selamat pagi sobat Netizen!

Saat ini saya mau share pengalaman saya tentang membeli motor 250 cc, yang benar benar pengalaman lapangan bukan hasil copy paste. Kali ini saya fokus diantara pilihan Ninja / N250 fi atau R25 Yamaha.

Maaf juga sebelumnya jika topik yang saya bahasa tidak sesuai dengan judul blog tentang treqturbo 3g yang seharusnya membahas teknologi 3g atau 4g atau smartphone dan sejenisnya karena kali ini saya benar benar ingin curhat tentang pengalaman saya membeli motor cc250 yang bagi saya sudah luar biasa.

Awalnya tidak punya rencana tetapi keinginan ini tiba tiba muncul saat mertuaku membelikan anakku sepeda motor bebek Yamaha mio di dealer depan rumah mertua.

Saat saya masuk dealer Yamaha, saya melihat R25 yang di pajang dengan gagahnya berdiri di pojok ruangan dan nampak sangat anggun dan istimewa.

Setelah itu, dalam hatiku terbit keinginan yang luar biasa untuk memiliki tunggangan gedhe supaya tidak terlalu dilecehkan saat perjalanan pergi pulang dari rumah ke tempatku kerja yang berjarak 20 km dengan menggunakan Vario FI 125 cc.

Kemudian saya iseng menyampaikan keinginanku ini kepada adik iparku yang seorang dokter spesialis anak dengan maksud apakah memang sudah pantas saya memilikinya.

Tidak terduga sama sekali, ternyata ia juga kepengin beli motor 250 cc karena dulu hidupnya susah pakai sepeda pancal saja sudah istimewa. Kenapa sekarang pada saat punya duit koq tidak digunakan. Yaach namanya saja masa SMA dulu kurang bahagia.

Akhirnya saya pun iseng iseng menghubungi teman lamaku saat kuliah dulu di Surabaya yang mana ia sangat suka sekali touring ke luar kota melalu FB messenger. Pertanyaanku sebenarnya sederhana tetapi butuh riset atau penelitian mendalam tentang mana yang lebih layak di pilih yaitu R25 apa N250 fi. Bagusan mana ya Mas? R25 atau N250fi?

Spoiler for Bagusan mana R25 atau N250fi?:


Kurang puas sama jawabannya, iseng iseng aku juga nanya teman ku lainnya yang jago balapan di sirkuti resmi atau sirkuit tak resmi. Tidak sekedar jago balapan karena ia juga alumnus politeknik terkenal di Malang jurusan otomotif yang sangat jago mesin. Pertanyaannya masih sama "Pilih mana R25 atau N250fi?"

Spoiler for Bagusan mana R25 atau N250fi?:


Terlihat dari komen nya bahwa teman saya lebih condong ke Yamaha R25. Nyampai di sini saya sudah dapat 2 (dua) referensi terpercaya. Tidak sampai di situ, ternyata saya ini orangnya termasuk tipe sulit percaya akhirnya saya nanya lagi pada kakak ipar. Pertanyaannya masih sama juga "Bagusan mana? R25 atau N250fi?" Berikut screenshotnya:

Spoiler for Bagusan mana R25 atau N250fi?:


Setelah mendapatkan referensi dari 3 (tiga) jagoan aspal maka saya pun menyaksikan langsung bukti dilapangan berdasarkan referensi tersebut ke lapangan. Kali ini review yang akan saya gunakan adalah observasi langsung alias melihat langsung fisik R25 dan N250fi untuk membandingkan mana sebenarnya yang lebih baik dan layak untuk dibeli. (Tentu saja dari sudut pandang orang awam)

Saya mengajak adik saya yang dokter tadi terlebih dulu ke dealer Kawasaki Blitar di JL Bali. Dan setelah nyampai di dealer saya lakukan penelitian lebih lengkap secara langsung tidak dengan membaca review dari blogger.

Spoiler for Bagusan mana R25 atau N250fi? Ini penampakan aku saat coba Ninja 250 fi di dealer:


Spoiler for Bagusan mana R25 atau N250fi? Ini penampakan adikku saat naik zl 250 di dealer:


Yang saya lihat rangkanya ninja 250 fi yang begitu kokoh. Kata mbak sales sudah delta box (atau apa ya lupa aku xixixixi), terus fairingnya tebal, skok nya kokoh rapi, kabel-kabel nya rapi, dan terpenting di lihat dari belakang tidak terlalu cingkrang ke atas, selain itu las sambungan antar besi rapi sekali dan kelihatan sekali build qualitynya bagus.

Dan paling penting memang saya ingin membuktikan apakah memang posisi riding pada n 250 fi terlalu membungkuk?

Ternyata apa yang di tulis sobat blogger tidak sepenuhnya benar, karena yang saya rasakan, saya dengan tinggi 173 cm tidaklah merasa bahwa ninja 250 fi sport fairing sama sekali tidak membungkuk dan masih nyaman dan rilex di punggung.

Begitu pula dengan ZL 250 memang lebih rilex lagi karena posisi setang yang memang mendatar dan sangat nyaman di punggung.

Spoiler for Penampilanku saat mencoba R25 di dealer Yamaha:


Nach kami pun mengunjungi dealer Yamaha yang berjarak 1 km dari dealer Kawazaki. Saya pun coba menaikinya dan saya rasakan bahwa riding position pada R25 hampir sama dengan ninja 250 fi, (menurutku sich riding position ninja 250 fi dengan R25 boleh di bilang sama persis untuk ukuranku). Bahkan agak menunduk di R25 (ya jelaslah saat mencoba sepeda tidak turun dari paddock sich... xixixixixixi).

Cuman sayangnya, setelah kami teliti dengan seksama saya lihat bagian setir dan fairing yang kosong melompong, kabelnya berserakan tidak rapi, las antar besi kasar, lampu sein nya ringkih, fairingnya tipis, knalpot nya kuecil bangetz, skok nya aneh, tangkinya mungkin dari plastic, rangkanya sepertinya koq model lama ya? (apa namanya? diamond box ya?) dan penampilannya di lihat dari belakang kayak cungkring sekali. Pokoknya tidak suka saya dengan R25. Penilaianku terhadap si Do'i jatuh sejatuh jatuhnya.

Karena orang awam maka saya gak peduli dengan apa yang namanya power, horse power, daya kuda dan lain sebagainya. Saya hanya tahunya sepeda motor tersebut secara fisik bagus atau tidak. Itu saja. Kalau luarannya bagus mudah mudahan dalamannya juga bagus dan yang paling penting ternyata baik ninja 250 fi atau R25 tidak lah terlalu membungkuk sehingga cocok untuk kegiatan sehar hari. Lha wong saya paling paling juga tidak terlalu ngebut. Paling banter cuman jalan 120 km per jam itu saja hanya berani selama 10 menitan.

Setelah menjalani kontemplasi yang dalam, akhirnya saya putuskan untuk membeli ninja 250 fi dark silver dengan alasan sebagai berikut; 1) kalau warna hitam mirip mirip R25 jadi saya tidak suka, 2) kalau hijau sudah pasaran, 3) warna putih cepat kotor dan yang jelas masih jarang yang punya n250fi dengan warna dark silver. Kesannya futuristik bangetzzzz begitu kata teman saya pegawai TU di kantorku.

Oh ya adikku pun tidak jadi membeli R25 dan akhirnya sama dengan saya cuman dia mengambil yang model ZL 250.

Tibalah hari dimana motor ku tiba. Kami pun memarkir 2 (dua) jagoan ini di depan rumahku.

Spoiler for Penampakan kedua kakak adik zl 250 dan n250 fi:


Ternyata, setelah saya dapat 200 km saya rasakan bahwa ninja 250 fi ini benar benar tidak membuat pegal di pergelangan tangan atau di punggung. Nyaman sekali untuk bepergian jauh, rilex dan santai dan yang jelas saya tidak dilecehkan lagi karena motor motor bebek matic semuanya seperti minder mau menyalipku.

Selain itu, kopling N350fi juga empuk dan ringan, tidak seperti ulasan blogger di Internet. Atau jangan jangan blogger tersebut hanya membaca dan tidak benar benar memiliki N250 fi ini. Gak tahulah yang jelas kopling N250 fi ini ringan dan empuk, tidak sekeras motor laki saya sebelumnya.

Cuman tetap saja saya harus langsung meminta maaf kepada para sahabatku yang pertimbangannya saya abaikan karena akhirnya saya ambil N250fi.

Spoiler for Komentar temanku agak tidak setuju dengan keputusanku membeli ninja 250 fi dibandingkan N250fi, dari sudut analisa awamku:


Temanku mengatakan R25 jauh lebih unggul dibandingkan n250 fi. Sayang saya tetap pilih ninja 250 fi

Spoiler for Komentar temanku agak tidak setuju dengan keputusanku membeli ninja 250 fi dibandingkan N250fi, dari sudut analisa awamku:


Saya saat berangkat kerja. Ada mobil saya lebih memilih Ninja 250 fi

Spoiler for Berikut ini penampakan saat saya berangkat kerja.:


Pakai helm standar dari dealer
Spoiler for Berikut ini penampakan saat saya berangkat kerja.:


Istriku ikut menaikinya saat parkir di garasi mobil...xixixixixixi

Spoiler for Istriku coba motor gedhe n250 fi:




Diubah oleh barrock 26-05-2015 01:39
0
41.5K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan