edhozellAvatar border
TS
edhozell
Youtubers - Profesi Baru Dunia -
Sekarang ini, youtube udah menjadi salah satu bagian kehidupan dari kita, dan udah banyak banget thread yang membahas tentang youtube.
Tapi kali ini gw mau mencoba membuat thread yang agak sedikit berbeda yaitu tentang YOUTUBERS nya, atau kalau dalam istilah kami, CREATOR nya.

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Mungkin banyak yang belum tahu/ga sadar, Youtuber sekarang ini adalah PROFESI. Seorang Youtuber bukan hanya membuat video untuk eksis atau sekedar iseng /hepi2, tapi Youtuber yang sebenarnya adalah orang-orang yang membuat konten original dalam bentuk video untuk dishare ke banyak orang.

Dalam setiap pelatihan youtube, gw selalu diberitahu kalo gw harus selalu berpikiran channel Youtube gw adalah channel TV gw sendiri.
Kita harus pikirin genre nya, ciri khas nya, materi nya, editing nya, dan lain lain yang benar-benar membuat Youtube Channel kita itu melambangkan kita sendiri.

Masih ga percaya kalo Youtubers itu profesi? Silakan dicek :
Spoiler for Kenapa Youtuber bisa disebut profesi?:


Spoiler for Hal Negatif:


Spoiler for Hal Positif:


Spoiler for Untuk Youtubers & Penontooonn:


emoticon-Kissemoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss

Untuk yang penasaran, pengen jadi youtuber, silakan tanya di sini, gw bakal jawab dengan senang hati

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

Spoiler for Q&A:


Spoiler for Update an 1:
update an :

Update an 2 :

Wah sekarang udah banyak banget ni youtuber2 baru. Dari anak kecil, remaja sampai yang cukup berumur, dan menurut manajemen gw, banyak banget email masuk dari nanya2 gimana cara jadi youtuber terkenal, sampe minta kolab.
Jujur gw bukan mau sombong, karena sampai sekarang gw belom merasa jadi youtuber terkenal, masih banyak yang harus gw pelajarin, tapi disini gw mau membantu sharing ttg pengalaman gw.
Buat youtuber2 baru, kolaborasi dengan youtuber yang lebih besar adalah langkah TERAKHIR dari proses jadi youtuber berkualitas.
Langkah yang pertama itu belajar, belajar, belajar. Gw sendiri selalu browsing berbagai tutorial di youtube, nonton banyak sekali video tentang youtuber.
Paling awal adalah menonton video dari Youtube Creator Academy. Di situ kalian bisa menyerap berbagai ilmu tentang bagaimana video youtube yang baik. Tanyalah sama penonton, yang kurang apa, yang bagus apa dari video kalian. Analisa dari youtube creator academy juga berguna banget untuk menentukan format video yang sesuai sama penonton kalian.

Sekali lagi bukannya gw sombong, tapi gw bener2 mau ngasih tahu cara yg bener ny.
Karena gw agak prihatin dengan banyaknya youtuber baru yang minta kolaborasi ke semua youtuber, tapi sedihnya pas ditanya" tentang channelnya sendiri, ga bisa jawab dengan mantap.

Sekalipun kalian kolab sama Raditya Dika sekalipun, orang MAU NONTON kalo formatnya videonya menarik, dan orang MAU SUBSCRIBE ke channel kalian, kalau mereka suka dengan channel kalian.
Bayangkan, misalnya kalian gamer, trus gw buat video kolab sama PewdiePie untuk main game, setelah kalian nonton video gw apakah kalian akan subscribe ke gw, padahal jelas2 channel gw bukan channel game dan video2 gw ga ada yang kalian suka satupun.

Jadi jangan terlalu berfokus ke kolaborasi, tapi fokuslah dulu membangun kualitas channel kalian sendiri. Bagaimanapun jg, kita membuat video untuk orang lain, jadi harus menarik untuk orang lain, memberi value, paling ga menghibur orang yang nonton, bukan untuk menyenangkan diri kita sendiri.
Memang susah, dan klise, tapi percayalah emang bener seperti itu. Semua youtuber berangkat dari nol subscriber kok ( kecuali yang base nya artis yak ), gw pun berangkat dari pake web cam doang, sampe minjem2 kamera dan macbook kanan kiri, sampai akhirnya sekarang punya peralatan produksi sendiri.
Dan dulu di awal, gw MC kanan kiri, sambil berusaha buat video youtube terus, tapi sekarang gw udah full time youtuber, karena dengan penghasilan dari youtube, gw udah bisa memenuhi kebutuhan hidup gw sebulan.

Tetep semangat teman2.
Diubah oleh edhozell 16-08-2015 16:13
0
45.4K
517
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan