Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Cina Minta Indonesia Jelaskan Peledakan Kapal
JUM'AT, 22 MEI 2015



TEMPO.CO, Beijing: Pemerintah Cina pada Kamis, 21 Mei 2015, menyatakan soal keprihatinan serius atas peledakan sebuah kapal nelayan Cina oleh Indonesia.

Kementerian Luar Negeri Cina memaksa Indonesia memberi klarifikasi ihwal rincian lebih lanjut tentang kehancuran kapal Cina, yang berada di antara 41 kapal yang diledakkan oleh Indonesia pada Rabu, 20 Mei 2015. Perihal peledakan kapal tersebut karena dituduh melakukan illegal fishing di wilayah perairan Indonesia.

"Kami sangat prihatin atas kejadian tersebut. Kami ingin agar Indonesia memberi klarifikasi soal penghancuran kapal tersebut," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hong Lei, seperti dilansir Xinhua pada 21 Mei 2015.

Sejak Oktober tahun lalu, pemerintah Indonesia telah meledakkan puluhan kapal asing sebagai bagian dari kampanye sikap keras terhadap illegal fishing.

Tapi tidak pernah ada kapal Cina yang dihancurkan sebelumnya. Kapal nelayan Cina ditangkap oleh Indonesia pada 2009. Menurut Cina, tidak jelas apa yang terjadi dengan kru ketika kapal tersebut disita.

Kerja sama perikanan merupakan komponen penting dari kerja sama yang saling menguntungkan antara Cina dan Indonesia. Hong menambahkan, Cina selalu mendesak Indonesia meningkatkan kerja sama bilateral dengan sikap konstruktif dan sungguh-sungguh melindungi hak-hak sah dari perusahaan-perusahaan Cina.

Peledakan kapal Cina tersebut terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan atas klaim teritorial yang tumpang-tindih antara Cina, Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Taiwan.


YON DEMA | XINHUA

Source:
http://dunia.tempo.co/read/news/2015...eledakan-kapal

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
1.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan