Kaskus

News

docoblastAvatar border
TS
docoblast
Cara Menganalisa Hasil Email Marketing Dengan Cepat
BAGAIMANA MENGANALISA HASIL EMAIL MARKETING (TANPA MENGHABISKAN BANYAK WAKTU)


Anda suka ketika mengetahui email massal yang Anda kirim dibaca dan menyadari trafik yang meningkat karena Anda menggunakan strategi email marketing yang tepat.

Tapi, Anda mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk melihat hasil dari pengiriman email massal Anda secara rinci. Jika seperti itu keadaannya, Anda tidak sendirian. emoticon-Shakehand2

Ketika dilakukan survei terhadap 1.200 pemilik bisnis kecil, sebanyak 49% mengatakan mereka tidak tahu dari mana harus menganalisa laporan email marketing mereka dan 40% mengatakan mereka tidak punya waktu untuk menganalisa (sumber dari Constant Contact).

Spoiler for Gambar:


Memanfaatkan pelaporan dan data analitik tidak butuh banyak waktu.

Membiasakan diri dengan laporan-laporan email marketing dapat membantu menghemat waktu, karena Anda akan tahu aktivitas marketing mana yang bekerja dan mana yang tidak layak dialokasikan banyak waktu. Ini juga akan memberi Anda kemampuan untuk menemukan key trends, melihat siapa yang merespon pesan (dan siapa yang tidak), dan mendapatkan inspirasi untuk ide-ide marketing berikutnya.

Di sini kita akan melihat bagaimana menganalisa laporan email marketing dan mengambil keputusan yang lebih cerdas dengan waktu yang lebih sedikit.emoticon-Cool

Hal-hal mendasar

Ketika mencermati laporan-laporan email, ada 5 hal yang harus Anda beri fokus, yaitu: open rate, Click-through rate, email bounces, spam, dan opt-out (berhenti berlangganan).

Berikut beberapa definisi istilah tersebut:

Quote:


Sekarang Anda sudah punya pemahaman yang lebih baik tentang beberapa dari istilah ini, selanjutnya mari memikirkan tentang apa yang angka-angka ini bisa sampaikan kepada Anda dan bagaimana mengatasi masalah-masalah Anda:

Bagaimana jika open rates email saya tidak setinggi yang saya inginkan? emoticon-Bingung

Open rates memungkinkan Anda mengetahui berapa banyak orang yang menerima email Anda dan lanjut dengan membuka serta membaca konten yang Anda kirim.

Jika open rates tidak seperti yang diharapkan, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

Quote:


Cukup banyak orang membuka email saya, tetapi tak satupun yang mengklik link-link di dalamnya?

Jika Anda melihat banyak yang membuka email, maka itu berarti Anda sudah memiliki audiens yang benar-benar menantikan berita/informasi/penawaran dari Anda. Tetapi jika link dalam email tidak diklik, maka konten dalam email Anda tidak cukup menarik sebagaimana seharusnya. Dari waktu ke waktu, respon kontak-kontak ini bisa semakin berkurang dan semakin kecil kemungkinan untuk membuka email Anda berikutnya.

Untuk menghindari masalah ini, perhatikan jenis konten apa yang menarik perhatian audiens Anda. Lihat kembali hasil email marketing untuk mencari dimana respon banyak terjadi, atau lihat jika ada sesuatu yang memiliki kinerja baik pada saluran-saluran media sosial.

Anda juga perlu mempermudah orang untuk melakukan tahap selanjutnya. Untuk mendapatkan click-through-rate yang tinggi, berfokuslah pada ketiga hal ini:

Quote:


Bagaimana jika email-email saya mengalami bounce, ditandai spam, atau mendapatkan terlalu banyak unsubscriber?

Bounce, laporan spam, dan unsubscribe adalah sesuatu yang perlu Anda jaga agar angkanya serendah mungkin. Perhatikan angka-angkanya, dan gunakan cara-cara ini jika jumlahnya lebih tinggi dari yang diperkirakan:
Quote:


Menghubungkan hasil yang diperoleh dengan target yang ingin dicapai

Ketika Anda mulai memasukkan data-data laporan dan hasil analisis ke dalam strategi Anda, maka buatlah perubahan-perubahan kecil pada satu waktu dan analisa hasilnya lagi. Jangan melakukan perubahan yang terlalu drastis sekaligus, karena akan menimbulkan masalah bagi Anda dan audiens Anda. emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskus
Thread lainnya: emoticon-I Love Indonesia
Spoiler for Thread lainnya:

Kalau berkenan Follow & Like ini juga ya, Gan!emoticon-Blue Guy Peace
Cara Menganalisa Hasil Email Marketing Dengan Cepatemoticon-I Love Kaskus (S)Cara Menganalisa Hasil Email Marketing Dengan Cepat
emoticon-2 Jempol
Diubah oleh docoblast 15-09-2015 10:32
0
1.3K
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan