Icchi.
TS
Icchi.
Istilah-istilah anak sekolah 80-90 yang sudah nyaris punah
Istilah-istilah anak sekolah jaman 80-90an

Wilkommen, Welcome, Selamat Datang, Irrashaimase!


Spoiler for pembuka:


Spoiler for repost checker:


Buat agan-agan yang udah setengah tuwir (kayak ane) dan masuk sekul di jaman 80-90an, pasti banyak mengenang nostalgia indahnya masa-masa sekul pada tempoe itoe.

Kalau dibandingin sama sekul jaman sekarang, dimana teknologi udah nguasain bumi (semenjak negara api menyerang) .. beda banget deh pokoknya. Ga ada lagi, lempar-lemparan kertas berisi tulisan nembak cewek. Ga ada lagi nongkrong di pinggir jalan bawa-bawa penggaris baja buat tawuran (buset! STM banget).

Ini ane kembalikan memori, masa-masa jaya tersebut. Beberapa hal yang identik dengan anak sekolah di tahun segitu.

1. Rugos (huruf gosok)

Spoiler for rugos:


siapa yang ingat, ngabisin waktu dari siang ketemu sore (bolos mek!) di toko stationery buat nyari-nyari jenis rugos yang cocok buat tugas artikel.

begitu dapet, langsung beli serenceng. Gosok ampe marong!

Yang sebel, stok masih banyak, tapi huruf "A" udah ga ada ... wuakakakaka ... terpaksa beli lagi di toko!.

2. Pulpen Rapido/Rotring

Spoiler for rotring:


Butuh bikin lingkaran? jangan khawatir, pake jangka Rapido. Pulpen ukuran 0.5, putar bleh! jadi! jaman segitu belom ada komputer, bikin geometri masih manual. ati-ati aja, jangan ampe tintanya meleber kemana-kemana.

Spoiler for ukuran:


3. Mading

Spoiler for mading:


Punya artikel menarik seputar pacaran? atau tips sama trik ngerjain tugas fisika? bikin artikel aja di mading .. jangan lupa hubungi pihak OSIS buat izin nempel itu artikel di bilboard sekolah.

Kalo jaman sekarang si tinggal ketik aja di Fisbuk trus di tag-tagin tuh temen-temen, jaman dulu mana ada Fisbuk?

Tapi kayaknya belom lama ini ane masih liat ada mading, di sekolah-sekolah. Bagus, berarti the art still live on. hehe

4. Kliping Koran

Spoiler for Kliping:


Apes, udah ga suka sama Fisika, gurunya killer pula, eh pas pembagian kelompok dapet tugas ngumpulin klipping di koran. Tema nya tentang "Sains di kalangan remaja" ... bujugbuset, terpaksa ngerogoh kocek buat beli koran lampu merah .. atau ngumpulin dulu deh di masjid abis jumatan.

Anak sekarang disuruh bikin kliping koran, paling jawabnya "A elah pak ... gugling aja kenapa si?! nyusahin orang aja"

5. Kartu pos

Spoiler for postcard:


cie .. cie .. cie ... hari raya dah deket nih, mo ngucapin selamat ah sama ayang... pake whatsapp aja kali ya... iye sekarang, dulu boro-boro! SMS aja belom ada .... kartu SIM aja masih 100 rebuan, yang punya Hape udah orang paling kaya sejagat. telepon umum, jauh mesti jalan dulu ke pasar, dah gitu kalo yang angkat bokapnya bisa hatam ini hubungan.

pake cara aman lah, kartu pos brur! beli segepok di kantor pos, atau di warung kalo ente lagi hoki biasanya ada. jangan lupa pake perangko Cang Ato yang cepe-an.

Spoiler for perangko:


6. Penggaris Alfabet

Spoiler for penggaris:


Mo ngerjain tugas yang kreatif tapi ga punya dokat? yang jual rugos jauh? ya pake alternatif 2 deh, pake penggaris alfabet aja. Ini biasanya senjata wajib anak STM (selain penggaris baja tentunya).


7. Sepatu Warrior

Spoiler for warrior:


Waktu jaman ane Esempe, sekolah ane wajibin pake sepatu Warrior, Nah ga tau neh, sekolah laen begitu juga apa kagak. Trus ga tau juga apa anak jaman sekarang masih pada pake ini sepatu.

yang pasti, ini sepatu penuh nostalgia. soalnya kaki ane pernah kecebur lobang WC di toilet sekolah (yang udah pasti jorok pol) dan nyangkut ga bisa keluar. bisa bayangin pas keluar itu sepatu dah kaya gimana bentuknya. tapi mo dibuang sayang, mo beli baru ga ada duid jadinya pake aja terus emoticon-Ngakak

8.Ding dong

Spoiler for mahluknya:


Spoiler for koinnya:


Guru ga masup neh, jam kosong. Bucat yuk! kita ke dingdong! hehehehe ....

Sebenernya ini di luar skup thread, tapi ane koq ngerasa masa sekolah ane dulu ga lepas ya dari yang namanya dingdong. Cs ane soalnya nongkrongnya di tempat dingdong, sembari malakin anak SD.

Jaman itu yang koinnya masih pake duit cepe-an wayang. Tapi beberapa lama kemudian berubah menjadi pake koin khusus.

Quote:



9. Stensilan

Spoiler for beneran mo buka gan? parno loh:


ini adalah bentuk sarana per-lendiran yang paling kuno di jagat dunia pendidikan. Memang ga ada hubungannya secara langsung sama dunia pendidikan.

Tapi anak sekolah mana di jaman 80-90an yang ga pernah baca stensilan Enny Arrow???

NGAKU!!!!!! AYO NGAKUU!!! emoticon-Marah

emoticon-Hammer2


Update:

10. Buku garis tiga

Spoiler for Buku garis tiga:


Ini buku dipake waktu ane jaman SD, buat alat bantu nulis sambung biar ga keluar garis. Makanya tulisan orang jadul biasanya bagus-bagus. Kecuali ane, wkwkwkw tulisan ane acak adut. (barangkali cuma ane satu-satunya manusia kadang ga bisa baca tulisan sendiri emoticon-Ngakak)

Penutup:

Well, kemungkinan masih banyak juga hal-hal yang terkait sama anak sekolah jaman segitu, yang kelewat sama ane. makanya ane minta masukkannya dari para agan sekaligus, buat di update kapan ane punya waktu.

Untuk sementara sekean dulu aja lah.

emoticon-Shakehand2emoticon-2 Jempol emoticon-Toast

jangan lupa komeng ma cendol, gan.

Tambahan : Waduh banyak yang tanya umur ane nih, sensitif tauk wakwkawkakwak .... ane masih pertengahan kepala 3 gans!! emang aja dulu ane masuk SD terlalu cepet, jadinya masih ngalamin diatas semua.
Diubah oleh Icchi. 15-05-2015 01:23
0
280.3K
1.7K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan