carrotacademyAvatar border
TS
carrotacademy
10 Karikatur yang ikut Merubah Sejarah Dunia
Siapa sih yang tidak mengenal karikatur? Karikatur adalah bagian dari ilustrasi yang paling mudah dinikmati karena mengandung unsur satire, lucu dan provokatif. Karikature sendiri menciptakan karakter yang dibuat berlebihan (lebay) atau sebaliknya dibuat mimimalis agar membuatnya menarik dan menonjolkan karakter obyek dan pesan yang ingin disampaikan.
Karikatur bisa menjadi sekedar hiburan atau secara serius menjadi media yang ampuh untuk berbicara pada birokrasi. Dalam urusan serius ini, karikatur paling banyak dijumpai di media massa untuk menyampaikan pesan-pesan dan kritik moral dalam politik. Nha dalam perjalanannya tokoh-tokoh seniman karikatur ternyata ikut andil merubah sejarah dunia melalui goresan brilian mereka. Siapa sajakah mereka dan seperti apa karikatur fenomenal mereka?
1. James Gillray
James Gillray membuat karikatur yang membuat gusar Napoleon Bonaparte sampai-sampai Bonaparte menyebutnya “Gillray telah melakukan hal yang lebih besar dibanding seluruh pasukan di Eropa untuk menjatuhkanku” . Ini adalah contoh karikatur Gillray yang membuatnya mengubah sejarah “Manic ravings, or Little Boney in a Strong Fit” (1803).
Spoiler for Karikatur James Gillray:

2. Honore Daumier
Pada tahun 1832, 2 tahun setelah raja Louis Philippe secara popular menghilangkan sensor terhadap media di Prancis, Honore Daumier membuat karikatur Louise Philippe yang digambarkan seperti buah Pir dengan judul Gargantua. Daumier, penerbit dan percetakannya didakwa dengan pasal menyebarkan kebencian dan penghinaan kepada pemerintah kerajaan dan juga dakwaan menyerang pribadi sang raja. Untuk kasus ini, hanya Daumier yang harus mendekam di penjara
Spoiler for Karikatur Honore Daumier:

3. Thomas Nast
Karikatur Nast yang menggambarkan Willian Tweed, politikus Amerika yang terkenal di abad 19 tercatat telah membuat politisi itu dan kroni-kroninya yang berjuluk “The Tammany Hall” jatuh. Ucapan Tweed tentang Nast yang terkenal adalah: “Aku tidak peduli semua artikel-artikel yang menyerangku di surat kabar, konstituen saya tidak bisa membaca, tapi mereka mengerti benar maksud gambar (karikatur) sialan itu”
Spoiler for Who Stole the People's Money - Thomas Nast:

4 & 5. Art Young and Robert Minor
Young and Minor dua seniman yang karyanya muncul secara teratur dalam majalah Masses. Pada bulan Agustus 1917, Kantor Pos mencabut hak surat menyurat istimewa Masses. Majalah masses dibawa ke pengadilan dua kali, editor (termasuk kartunis) dituduh "bersekongkol untuk menghalangi wajib militer." Meskipun Young dan Minor tidak dikenakan hukuman penjara, tapi majalah itu mendapat keputusan hokum untuk tidak boleh dipublikasi
Spoiler for Karikatur Young and Minor:

6. Louis Raemaeker
Selama Perang Dunia I, tidak ada kartunis yang lebih berpengaruh daripada Louis Raemaekers of Holland. Kartunis ini didakwa "membahayakan netralitas Belanda," kartun nya membuat Jerman untuk menawarkan hadiah 12.000 gulden bagi penangkapannya, hidup atau mati. Sebuah surat kabar Jerman, menyimpulkan begitu Jerman menang perang, maka mereka akan menuntut ganti rugi dari tiap karikatur buatan Raemaekers.
Spoiler for German Tango by Louis Raemakers:

7. Phillip Zec
Pada 8 Januari 1942, kartun Philip Zec di London The Daily Mirror bergambar seorang Pelaut Inggris yang terombang ambing di atas pecahan kapal yang tertembak torpedo pasukan Jerman dengan judul: "Harga bensin telah meningkat sebesar satu sen - Resmi." Kartun ini membuat menyebabkan kehebohan politik yang mengancam keberadaan koran dan menyebabkan dia diberi label pengkhianat. Bahkan Winston Churcil memerintahkan agen M15 untuk menyelidiki latar belakang kartunis ini. kartun itu dimaksudkan untuk menggambarkan bahwa pemborosan bahan bakar memiliki konsekuensi serius dalam hal risiko yang diambil (dan kehidupan yang hilang) terhadap para pelaut yang membawa masuk minyak pada waktu itu
Spoiler for Karikatur Phillip Zec:

8. David Low
Lord Halifax, sekertaris luar negeri menyampaiakn pada penerbit karikatur ini:
Anda tidak akan bisa membayangkan kekcauan akibat karikatur ini. Karena menampilkan tokoh Hitler, sudah pasti karikatur ini membuat Jerman kalang kabut. Namun David Low menanggapi dengan santai reaksi Hitler, tentu saja seorang diktator akan meradang ketika mendapat kritik pedas.
Spoiler for Rendezvous by David Low:

9. Der Sturmer
Setiap minggu, Der Sturmer, Surat kabar anti semit Nazi yang terkenal dengan slogan “Yahudi adalah Kesialan Kita”, menampilkan karikatur sosok Yahudi yang digambarkan sangat buruk fisiknya.
Setelah perang selesai 24 dari tim majalah ini didakwa dengan tuduhan kejahatan terhadap perdamaian. Jules Streicher, sang editor dieksekusi mati dengan cara digantung
Spoiler for Kariaktur majalah Der Stumer:

10. David Levine
Dalam lebih dari 30 tahun majalah The Nation, hanya sekali (pada musim semi 1984) staf melakukan unjuk rasa staf di kantor saya dengan petisi (ditandatangani oleh 25 orang di kantor yang saya pikir hanya mempekerjakan 23), menuntut bahwa kita tidak akan mempublikasikan sesuatu - dan bahwa sesuatu adalah karikatur dari Henry Kissinger, kata David Levine, "meniduri dunia." Alasan keberatn itu adalah: "... sebuah majalah progresif tidak memiliki urusan dengan menggunakan lelucon rudapaksaan dan citra seksis untuk membuat kontroversi bahwa Kissinger Revels mendominasi dunia. Oke, Kissinger adalah seorang pria, tetapi bumi bukanlah seorang seorang wanita
Spoiler for Karikatur David Levine:


Sumbernya dari sini gan:
Spoiler for Sumber artikel:



Nha bagi yang demen karikatur dan pengen jago bikin karikatur keren, ada kelas karikatur yang dibawain oleh Romeo Jericho, salah seorang karikaturis terbaik di Indonesia, seperti apakah karya karikaturnya??
langsung nikmatin aja ya gan:

Spoiler for Karikatur karya Romeo Jericho:


Nha ikutan yook kelas yang akan dipandu Romeo Jericho, cekibrot ya gan....

Diubah oleh carrotacademy 10-06-2014 12:10
tata604
tata604 memberi reputasi
1
15.3K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan