fma7xAvatar border
TS
fma7x
Hati-Hati...!!! Penipuan COD dengan menggunakan sarana kost2an
Permisi gan, ane mau share kejadian yang udah menimpa ane pada hari Sabtu 4 Maret 2015 jam 18:04.

Kronologisnya :

  • Awalnya pd hari Kamis tgl 2 Maret 2015 jam 16:32 ada yg telpon ane dengan nomor hp 088212037435 yg mengaku bernama Irwan, dia berperan sebagai pembeli. Pelaku ini ingin membeli 1 unit laptop HP Probook 440 G0 core i5 yg ane jual di FJB. Pelaku bilang yg mau beli laptop adalah tantenya. Langsung deal harga tanpa dia nego lagi. Laptop yg ane jual kondisinya baru dan garansi resmi 1 tahun ( masih tersegel dus ). Setelah deal harga, pelaku bilang mau ke rumah ane langsung untuk transaksi pd hari Jum'at tgl 3 Maret 2015 sore hari jam 5an ( sampe sini selesai pembicaraan ane di telpon ).

  • Tepat hari Jum'at tgl 3 Maret 2015, sebelumnya ane telpon ke temen ane untuk ambil 1 unit laptop ( karena laptop blm ready di ane, jd ane harus ambil unitnya dulu di temen ane ). Ternyata temen ane sedang di luar kota saat itu. Dia bilang kalo emang bener fix buyer mau beli itu laptop, dia bisa buru2 balik di hari Sabtu. Ok...setelah itu ane sms buyer, dia bilang serius mau beli laptop ane dan ane reschedule ke hari Sabtu tgl 4 Maret 2015 di jam yg sama ( yaitu sore hari ) dan buyer deal di ubah ke hari Sabtu.

  • Hari Sabtu tgl 4 Maret 2015 sekitar jam 11 siang, ane langsung meluncur ke tempat temen ane untuk ambil laptop yg udh ane janjikan ke si buyer (penipu)......skip....laptop udah ada ditangan ane. Ane langsung kabarin buyer bahwa laptop udh ada di ane. Sebelum masuk waktu transaksi, ane sempetin dulu meeting berdua temen ane untuk survey lokasi instalasi jarkom di daerah Joglo ( selesai jam 5 sore ). Ane anter temen dulu ke stasiun, kemudian ane langsung balik ke rumah. Pas ane sampe di rumah, ane langsung sms pelaku "udah otw atau blm?", dia bilang "udah nih mas, sy udah otw...deket kok dr tempat mas". Sebelum pelaku sampe di rumah ane, dia sms ane "mas, sy jemput istri sy dulu sy ya", ok gak masalah kalo dia ngajak istrinya ke tempat ane. Beberapa menit kemudian pelaku sampe di rumah ane jam 18:04 berdua dengan cewek yg mengaku sebagai istrinya. Langsung ane layani dengan ramah, kemudian ane ke kamar utk ambil laptop dan ane langsung tunjukin ke pelaku. Saat itu ane bilang ke pelaku "kan udah fix nih, segelnya sy buka ya...biar sama2 enak", trus pelaku bilang "segelnya nanti aja dibuka pas di rumah tante sy" ( karena transaksi akan dilakukan di rumah tante dr istri pelaku ) . Dengan mudahnya ane percaya, trus dia bilang "mas, ntar bilang sama yg mau beli...harga laptopnya 8jt ya". Ok..ane iyakan, biasa gan harga minta di up..ane jual di harga 7,5jt. Berarti dia dpt untung 500rb.

    Sebelum ane berangkat bareng2 mereka, pelaku cewek bilang "anter gw dulu ke rumah tante di Srengseng" ( sambil bisik2, tp ane masih bisa denger gan ). Ok....gpp pelaku cowok anter si istrinya dulu ke sana, setelah itu dia balik lagi ke rumah ane untuk jemput ane. Sebelum berangkat, ane solat magrib dulu gan...minta sama Allah agar transaksi berjalan dengan lancar dan aman. Kemudian datenglah si pelaku cowok, ane siap2 berangkat bareng dia dengan laptop ane pegang erat2. Di perjalanan, ane sempet ngobrol...katanya dia pengen buka usaha...bla..bla...bla....ok skip....sampailah ane di lokasi tujuan. Dan ternyata rumah yg pelaku sebut itu adalah rumah tantenya gede juga gan, gabung dengan kost2an. Jadi posisi rumah tantenya ada disebelah kanan, kost2an ada disebelah kiri. Gak lama kemudian, ada bapak2 agak tua buka pintu gerbang yg langsung menuju kost2an dan ada akses pintu masuk ke pemilik rumah. pelaku cowok panggil bapak2 tersebut dengan panggilan "Om", ane masih percaya tuh gan...ane pikir bapak2 tua itu om nya dia.

    Disini mereka mulai melancarkan aksinya

  • Setelah pintu gerbang dibuka, ane disuruh masuk duluan gan. Tapi ane gak sampe masuk ke dalem, posisi ane sejajar dengan motor yg pelaku parkir. Si pelaku cowok ini ngobrol lah dia dengan bapak2 tua, ane sempet denger pembicaraan si pelaku dengan bapak2 itu...si pelaku bilang "sodaranya mau dateng bawa mobil, jd pintu gerbang tolong dibiarkan terbuka (pemilik kost biasanya selalu menutup pintu gerbang jika ada tamu masuk). Setelah itu ane bareng2 pelaku ke akses pintu masuk rumah pemilik kost ( yg dia sebut sebagai tantenya ). Ketika ane sampe didepan pintu, ada pelaku cewek sedang ngobrol dengan ibu2 ( nanti ane jelaskan di bagian berikutnya ). Langsung tuh cewek bangun dr tempat duduknya, matanya ky ngasih kode gitu ke pelaku cowok. Karena ane pikir ibu2 itu adalah tante dr istri pelaku...ane percaya gitu aja dan dia bilang laptopnya taro disini aja, karena tante sy mau lihat dulu barangnya. Kemudian ane diajak oleh pelaku ke lt. 2 untuk bikin kwitansi antara ane dengan pelaku....skip..., begitu udh di lt. 2 langsung ane buat kwitansi yg pelaku cowok udh siapkan. Selesai ane buat itu kwitansi, pelaku cowok ini mohon izin untuk ke bawah ambil kwitansi ke 2 antara ane dengan tantenya dr pelaku cewek dan ane dengan mudahnya percaya disuruh nunggu sebentar. Ok ane tunggu...5menit gak dateng juga tuh pelaku...10menit blm dateng juga pelaku...sampe di menit ke 20 ada yg nyamperin ane ke lt. 2, dia adalah bapak2 tua yg tadi bukain pintu gerbang. Bapak2 tersebut nanya ke ane "mas, itu tadi temennya kemana?" saat itu ane mulai panik. Trus bapak2 itu bilang "mas kenal sama si Irwan (penipu) itu? ane bilang "justru dia itu yg mau beli laptop sy", bapak2 tua bilang "tadi dia katanya keluar sebentar sm yg cewek sambil bawa2 kantong gede warna hitam"....lemes ane gan pas bapak2 itu bilang kalo mereka berdua udh pergi dengan bawa kantong gede warna hitam yg isinya adalah laptop dagangan ane.


Setelah itu ane ngobrol2 sama bapak2 tua, ternyata bapak2 tua tersebut adalah pemilik kost2an dan ibu2 yg ngobrol dengan pelaku cewek itu adalah istrinya ( pemilik kost2an gak tau apa2 gan ), seolah-olah dia pikir ane itu adalah temen/sodara/kerabat dr si pelaku. Sebelum melancarkan aksinya, pelaku cowok ini berpura2 ingin menyewa kost untuk pelaku cewek ( istrinya ). Mereka pastinya waktu survey kost2an itu sekalian melihat-lihat sikon lokasi tersbut untuk dijadikan transaksi penipuan. Setelah itu mereka mencari target yg lokasinya gak jauh dr TKP ( timingnya bagus nih gan ). Barulah si pelaku ini cek kondisi barang yg ada di penjual, kemudian penjual diajak transaksi di TKP yg sudah direncanakan oleh pelaku. Disitulah pelaku mulai melancarkan aksi kejahatannya.

sayangnya di kost2an tersebut gak terdapat CCTV. TKP berada di Jl. Karya Utama, Srengseng Jakarta Barat.

Saat itu ane berusaha untuk mengikhlaskan barang dagangan ane dan sekarang ane udh ikhlasin gan.

Ane ambil hikmahnya aja gan dari kejadian yg menimpa ane.

Sekarang ini ane kerja keras untuk ngumpulin duit buat bayarin laptop temen ane yg ane kasih gratis ke penipu.

Ane sempet catet sih SN dr unit laptop yg dibawa kabur, tp ane lupa naro catetannya gan emoticon-Hammer (S)

Kalo udh ketemu catetan SN nya, ane langsung update gan. siapa tau bisa terdeteksi.

Laptop yg ane jual itu harganya ane jual 7,5jt gan.

Bagi Seller di FJB maupun Buyer agar lebih waspada dan berhati-hati dalam melakukan transaksi, baik COD, rekber maupun transfer langsung. Kalo ada gelagat mencurigakan, lebih baik cancel aja gan, jangan dilanjutkan transaksinya.

Usahakan cod di tempat yg rame, lokasi transaksi di kesepakatan awal aja gan. Jangan mau kalo diubah ke lokasi lain yg asing bagi kita.

Update :
Alhamdulillah gan, ane udh dapet pinjaman sama om ane dan udah ane bayar ke temen ane untuk laptop yg ane kasih secara cuma2 ke penipu emoticon-Tai

Ane udah males buat cari tau keberadaan itu penipu, bukannya knp2 ya gan.
yg pertama, waktu ane bakal banyak tersita hanya untuk cari tau si penipu bang*at.
kedua, ane harus fokus ke jualan ane, karena modal pribadi ane harus ane puter lagi untuk ganti cicilan pinjaman ke om ane.
ketiga, ane udah ikhlasin semuanya dan ane serahkan si penipu kepada Allah swt.


Buat agan2 semuanya makasih banget atas support dan doanya, ane doain agan2 semua sukses dalam hal karir dan usaha/bisnis.

emoticon-Shakehand2
Diubah oleh fma7x 06-04-2015 07:36
0
11.4K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan