jumbikersAvatar border
TS
jumbikers
Kurikulum 2013? mati gua!
hello readers of the kaskus, sorry iam new in here..
i just create this thread with a tablet, so i couldnt edited it like on a computer

selamat malam gua ucapi buat semuanya..
btw, you guys were all know about k13 rite? its mean kurikulum 13, ini adalah kurikulum baru yg di terapkan pemerintah setelah penggantian ktsp..

jujur gua mau mati rasanya di ini kurikulum..
tapi gua heran aja sama sistim nya.. yg sejujurnya memaksa banget buat mempelajari seluruh mata pelajaran.
SMA-SMA di indonesia kan umumnya di bagi atas 2 jurusan ada juga yg 3 jurusan.
nah umumnya itu dibagi menjadi:
1. MIA(matematikan dan sains ato ipa lah singkatnya)
2. IIS (gua lupa ini yg jelas ini ips)
*3.bahasa (kalo sekolah yg pake 3jurusan)

disitu kan udh jelas pembagian jurusan.. but why masih ada pembagian di dalam itu jurusan.. di ipa dan ips itu ada namanya peminatan dan lintas minat.. peminatan itu yg lebih mendalami lagi ttg jurusan itu, nah lintas minat itu yg mempelajari beberapa pelajaran jurusan lain..
oke ini ga masalah sih.. tapi apa ga meledak ini isi otak gara gara ini.. di jurusan gua.. yaitu MIA(IPA) belajar mtk itu ada 12bab itu baru mtk wajib.. ditambah lagi dengan mtk peminatan.. disitu ada 5-6bab lagi .. yg gua jujur 100% mtk peminatan ini 250x lebih susa dari mtk wajib.. dan lu tau sendirilah mtk nya ipa itu gimana kan? ribet bin susah nauzubilah.. belum lagi kalo ketemu guru killer lagi.. pelajaran ttg statistika, sama transformasi aja udah 2 bulan ga ngerti ngerti gua.. apalagi dengan tehnik k13 yg menuntut siswa untuk aktiv.. ya aktiv.. aktiv bangke.. kita rame rame di bagi jadi beberapa kelompok.. trus di suruh buka bab 7 misalnya.. boleh buka inet, yutub, ato apalah buat nyelesain tugas.. dan dalam waktu yg tentukan kita rame rame udah harus bs ngerjain nya.. gile aje tong.. penjalasan secara langsung sama secara visual dri inet itu beda tong.. gurunya duduk didepan sambil bahas soal sendiri kadang.. ato merhatiin kita.. dan kita kalo ga ngerti nanya ke dia.. oke di ajarin.. nnti kalo ada yg nanya lagi ttg yg udh di kasi tau .. malah disuruh nanya sama yg barusan nanya :|…… kenapa ga lngsg aja jelasin buk.. gua angkat tangan pelajaran ini.. susah nauzubilah.., di kurikulum 2013 ini guru sebagai mediator, dan ini menyebalkan gua kangen di saat guru menjelaskan, lalu kita ngerjain, dan bisa selesai.. kita ga bs ngerjain nya tanpa penjelasan ibuk tercinta tersayang ter.. ter.. , belum lagi dapet pr dri ibuk .. biar kita tambah ngerti dirumah emoticon-Smilie.. makasih pr nya emoticon-Smilie.. kurang banyak pulaemoticon-Smilie ..
belum lagi 17 mapel lainnya.. wuih.. di daerah gua yaitu sumatra ... kita sekolah dri senin sampe sabtu.. dan lu bayangin aja dah dengan sistem pembelajaran yg ginian.. belum lagi pr yg menggelegar banyaknya.. dan masuk jam 7 pagi..

sedikit curhatan gua di atas..

mengarah ke inti persoalan..
banyak kebobrokan pada kurikulum 2013 ini..
salah satu nya yg diatas.. yaitu tehnik pembelajarannya.

dan yg paling gua benci itu gua ga dapet semua buku mapel..
buku yg didapet itu
1.mtk
2.olahraga
3.b.indo
4.sejarah
5.b.ing
entah ini hanya di daerah gua.. ato beda sama yg di daerah lain,
curhat lagi.. pelajaran biologi kan pelajaran wajib ipa, masa pelajaran wajib ga ada buku nya? sedangkan pelajaran lintas minat kek sejarah, ato olahraga aja ada bukunya.. lu taulah gmna susah mudah nya biologi.. menurut gua biologi itu menyenangkan bukunya.. banyak gambar gambar.. ga kaya mtk yg angka semua..lagian semua anak cowo pasti seneng sama plajaran biologi di bab sistim reproduksi.. semua anak cowo pasti hobi liat gambar penampang nya wkkwkw.. apalagi kalo bs di cetak dalam bentuk 3D jadi bs berasa gmna gitu wkwkkw.. nahh you guys know that what is biologi rite? yg dibahas dalam biologi tau kan?? coba bayanhin gmna kalo ga ada bukunya?.. kita juga ga tau kan susunan bab pelajaran biologi kalo gada bukunya? jadi kalo ga tau .. gmna mau baca bab berikutnya kalo ga tau bab bab nya apa aja?? dan juga kalo dalam buku kan.. materinya pasti lebih tercetak rapi secara tersusun.. beda sama inet yg materi nya kadang acak acakan .. trus juga kalo di inet kan bisa makan kuota.. kwwkwk...apa kita harus belajar biologi di skolah.. trus di rumah kita cuman ngulang itu doang? sedangkan beberapa orang punya rasa kepo tingkat tinggi yg pengen tau apa aja?? belum lagi kalo inet soal pembahasan biasanya terpisah di website lain..rata rata sih gitu..

nah gitu deh curhat gua dikit ttg ga adanya buku..

jadi point penting nya..
hal hal yg rata rata menjadi kekampretan pembelajaran di k13 itu ya:
1.guru jarang menjelasin pelajaran
2. mapel wajib cuman dapet beberapa buku.. mapel lainnya ga dapet buku
3. lintas minat yg bikin otak mau meledak karna jadi makin banyak pelajaran nya
4. pr yg menggelegar untuk siswa aktiv emoticon-Smilie, ya aktiv emoticon-Smilie bentar lagi tu aktiv berubah jadi sarap..
5. tuntutan untuk murid yg harus bisa menguasai seluruh mapel dan nilai minimal di kkm kalo ada nilai C di lapor kenaikan kelas malah ngga naik kelas (this is suck)
6. dan masih banyak lagi.. gua lupa

gua jujur.. gua ga sanggup.. 18mapel? wow.. belum lagi point ke 5 yg diatas, capek om.. kapan lagi kita refreshing kalo dituntut pr emoticon-Smilie.. kapan lagi kita nntn tv, kapan lagi kita hang out.. setelah mati matian belajar 7hari paling hari minggu cuman buat tidur doang seharian.. males malesan.. ngga mandi..

gua pernah baca di inet kalo.. negara jepang aje skolah cmn 4jam.. masuk jam 10 pulang jam 2. tapi negaranya maju.. siswa nya pinter pinter.. lah indo.. belajar 8jam belum lagi les 4 jam.. sampe rumah pr lagi.. toh nilai rupiah melemah.. korupsi kedapetan lagi di brita..

ato di negara eropa apaan itu gua lupa namanya.. kalo di kelas guru nya ada 4 .. trus kalo siswanya bingung bs tanya tanya sampe ngerti..

tolonglah om pemerintah.. kalo misalnya mau melanjutkan k13 silahkan.. tapi tolong benahin hal hal yg bikin ribet kek beberapa diatas.. kalo bs ringankan lah kami ini..siswa penerus bangsa ini..dengan 18 mapel gituan.. kita malah bingung mau mendalami minat kita di pelajaran yg kita sukain.. mau bahas dirumah pelajaran yg kita sukain.. kita nya udh cape duluan.. kenapa ga di arahkan ke minat kita aja.. ipa belajar ipa gitu.. ips belajar ips gitu.. ga pake lintas lintas minat gituan.. seneng banget liat anak ips.. kadang gurunua ga masuk.. kalo masuk absen bntr trus klwr.. belajarnya santai.. anak ipa belajar.. ehh anak ips main volly di lapangan.. -_-..

gua nulis ini bukan caper, banyak gaya, ato sok eksis.. tapi ini beneran keluhan gua sebagai siswa.. yg mulai berasap nih otak gara gara k13.. masih mending jaman gua smp dulu yg pake ktsp..

mau timpuk gua pake bata, ato candil, ato mau caci maki gua silahkan.. ini curhatan gua sebagai siswa
selamat malam
terimakasih karna udh meluangkan waktu buat baca..
0
5.1K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan