zervionesta13Avatar border
TS
zervionesta13
ஜ♦ # All about beryl mineral ( aquamarine, emerald, and etc) lஜ♦ #
Assalamualaikum WrWB

emoticon-rose



Permisi sepuh, admin, momod

perkenalkan saya Zervionesta13.....

Thread ini bertujuan sebagai tempat untuk rekan-rekan kaskuser saling sharing dan bertanya seputar turunan mineral beryl seperti aquamarine, emerald, morganite, heliodor, bixbite, pezzotaite dan maxixe
emoticon-roseemoticon-roseemoticon-rose
emoticon-roseemoticon-rose
emoticon-rose


Spoiler for RULES:


adapun tema - tema nya adalah

emoticon-rose tentang beryl mineral
emoticon-rose treatment pada beryl
emoticon-rose perbedaan natural beryl, syntetic beryl dan man made glass



PENGERTIAN BERYL

Nama Beryl berasal dari bahasa latin: beryllus, prancis: beryl dan inggris pertengahan: beril dan dari bahasa yunani yaitu beryllos yang berarti batu berharga berwarna biru-hijau seperti air laut, seiring berjalannya waktu beryl pun diadopsi ke mineral beryl agar lebih esklusif.

Beryl menurut segi geologi adalah pencampuran mineral yang terdiri dari beryllium aluminium cyclosilicate dengan susunan rumus kimianya Be3Al2Si6O18. Beryl berbentuk kristal heksagonal dimana kristal heksagonal dari beryl ini mungkin sangat kecil dan jarang dalam ukuran besar atau jarang mencapai ukuran meter.
mineral beryl warna aslinya adalah putih bening atau colorless dan biasa diberi nama goshenite, akan tetapi beryl yang tercampur dengan mineral lain akan menghasilkan warna lain seperti merah(bixbite), hijau(emerald), kuning(heliodor), blue(aquamarine dan maxixe) dan pink(pezzotaite dan morganite).

Spoiler for BERYL:


DEPOSIT

Beryl dengan berbagai varian warna paling sering ditemukan dalam endapan pegmatit granit atau endapan batuan batuan beku yang bersifat granit dan berbentuk kristal yang sangat kasar biasanya >2,5cm tetapi bisa juga ditemukan pada mica schists seperti pada Pegunungan Ural dan Limestone di kolombia. Beryl ditemukan di Eropa di Norwegia, Austria, Jerman, Swedia (yang utamanya adalah Morganite), Irlandia dan Rusia, serta Brazil, Kolombia, Madagaskar, Mozambik, Afrika Selatan, Amerika Serikat, dan Zambia. Lokasi penemuan beryl di AS berada di California, Colorado, Connecticut, Georgia, Idaho, Maine, New Hampshire, North Carolina, South Dakota dan Utah


Variasi Beryl

1. Blue (aquamarine dan maxixe)

Spoiler for aquamarine:


Aquamarine (bahasa lain: aqua marina yang berarti air laut) adalah beryl yang berwarna biru atau cyan.
warna biru pucat pada aquamarine berasal dari Fe2+. Ion-ion Fe3+ menghasilkan warna kuning keemasan(golden beryl), dan ketika kedua Fe2+ dan Fe3+ menyatu maka akan menghasilkan variasi warna biru gelap yang biasa disebut maxixe.
Spoiler for maxixe:


Di Amerika Serikat, aquamarine dapat ditemukan di puncak Gunung Antero di Sawatch Rentang di pusat Colorado. Di Wyoming, aquamarine telah ditemukan di Big Horn Mountains, dekat Powder River Pass. Lokasi lain di Amerika Serikat adalah Sawtooth Range dekat Stanley, Idaho. Meskipun mineral berada dalam area hutan belantara yang tidak memungkinkan untuk di ambil atau ditambang. Di Brazil, tambangnya berada di Minas Gerais, São Paulo, dan Bahia, dan minorly di Rio Grande do Norte.
pada tambang di Kolombia, Zambia, Madagaskar, Malawi, Tanzania dan Kenya juga memproduksi aquamarine.

Aquamarine terbesar dengan kualitas terbaik pernah ditemukan di Marambaia, Minas Gerais, Brasil, pada tahun 1910. Beratnya lebih dari 110 kg, dan dimensinya yaitu panjang 48,5 cm (19 inci) dan diameternya 42 cm (17 inci). Aquamarine yang sudah dibentuk atau di cutting dengan ukuran terbesar itu adalah aquamarine Dom Pedro, sekarang disimpan di Museum Nasional Smithsonian Institution of Natural History.

Spoiler for inklusi dari aquamarine:



2. Green (emerald dan green beryl)

Spoiler for emerald:


Emerald adalah beryl yang warna hijaunya berasal atau diwarnai oleh senyawa kromium dan terkadang juga ada kandungan vanadium.
emerald sendiri penamaannya berasal dari bahasa inggris abad pertengahan yaitu Emeraude, bahasa prancis lama: Ésmeraude dan latin abad pertengahan: Esmaraldus. yang berarti hijau atau permata hijau.
Struktur kristal dari emerald adalah dihexagonal dipyramidal dengan refractive index 1564–1.595
dalam gemology, warna dibagi menjadi 3 komponen yaitu:hue, saturation and tone.
Emerald memiliki warna mulai dari yellow-green ke blue-green dengan warna utamanya yaitu hijau. untuk tone yellow dan blue hanyalah warna sekunder yang biasanya memang ada pada emerald.
Untuk masuk klasifikasi emerald harus yang memiliki tone warna hijau ke hijau gelap saja yang dianggap emerald sedangkan yang warna hijaunya dianggap terlalu light atau muda di sebut sebagai green beryl saja.
Emerald yang dianggap baik adalah yang warna hijaunya di 75% apabila skala yang dipakai itu 0% untuk colorless dan 100% untuk warna yg terlalu gelap

Spoiler for emerald dan green beryl:


Emerald sendiri awalnya ditambang dimesir pada 1500 sebelum masehi dan india serta austria pada abad ke14.
Untuk sekarang, Emerald/zambrud telah ditemukan di seluruh dunia seperti Afghanistan, Australia, Austria, Brazil, Bulgaria, Kamboja, Kanada, China, Mesir, Ethiopia, Perancis, Jerman, India, Italia, Kazakhstan, Madagaskar, Mozambik, Namibia, Nigeria, Norwegia , Pakistan, Rusia, Somalia, Afrika Selatan, Spanyol, Swiss, Tanzania, Amerika Serikat, Zambia, dan Zimbabwe. Di AS, zamrud telah ditemukan di Connecticut, Montana, Nevada, North Carolina, dan South Carolina. Pada tahun 1997 zamrud ditemukan di Yukon.
Tambang utama dan terbesar saat ini berasal dari kolombia tepatnya di muzi, coscuez dan chivor dan kolombia sendiri adalah penemu emerald langka yaitu traphice emerald atau emerald/zambrud dengan pattern bintang 6berwarna gelap yang tercipta dari carbon hitam.
Spoiler for traphice emerald:




adapun koleksi agan-agan yang mau dikonsultasikan bisa posting dimari......... saya akan sebisa mungkin membantu agan agan semua menjelaskan tentang koleksinya
Jangan lupa juga untuk yang mengetahui tentang beryl bisa membantu menshare sedikit ilmunya untuk yang lainnya


untuk sementara itu dlu nanti ta tambahi sek ya mod emoticon-Malu (S)


[/CENTER]

This Treat Member Of


Diubah oleh zervionesta13 27-04-2015 04:24
tafordu
tafordu memberi reputasi
1
25.1K
162
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan