Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wib5Avatar border
TS
wib5
Miris..aparat Dinas Sosial vs 3 anak miskin di bawah umur
Assalaamu'alaikum kaskusers..
Pingin sharing sedikit tentang kejadian pagi ini.

Hari Rabu pagi 15/04/2015 sekitar jam 10.00
TKP: Taman suropati, menteng Jakarta Pusat.

Ketika saya sedang olahraga terlihatlah 3 anak kecil perempuan sedang tertawa2 ceria berjalan di tanah rumput Taman Suropati bagian yang menghadap ke Jl.Besuki (seberang kediaman duta besar AS). Mereka bertiga masih "di bawah umur" berkisar 6-9 tahun berpakaian sederhana. Mereka tidak mengemis, hanya menikmati keasrian Taman Suropati.

Keceriaan mereka mendadak buyar berubah menjadi horor ketika kemudian datang mobil elf berwarna biru aparat Dinas Sosial merapat di dekat halte bis Tmn Suropati (Jl.Imam Bonjol). Dan turunlah sekitar 6-8 petugas berusia muda yang lantas mengejar beramai-ramai ke 3 anak kecil tersebut, seperti mengejar penjahat. Anak2 tsb berlari menuruni Jl.Besuki namun akhirnya salah satu anak yang terkecil tertangkap dan anak itu menangis menjerit2 (tidak tahu apa salahnya sehingga ditangkap seperti maling). Saya tidak melihat teman/kakaknya yang lainnya tetapi kemungkinan besar juga terjaring dan dimasukkan ke dalam mobil dinsos. Apalah daya anak perempuan kecil di bawah umur?
Sandal-2 mungil mereka tergolek tertinggal di Jl.besuki dan di taman.. miris..(seperti penculikan saja) emoticon-Sorry

Ketika ditanyakan pada petugas DinSos tentang bagaimana nanti orangtuanya mereka?, mereka mengatakan akan membawa anak2 tsb ke panti sosial kedoya cengkareng dulu lalu baru menanyakannya di sana dan ini adalah tugas instruksi dari gubernur.

Pertanyaannya adalah:
1. Apakah pantas anak kecil di bawah umur berpenampilan sederhana "yang tidak didampingi oleh orangtuanya" langsung diciduk bak penjahat oleh petugas lapangan DinSos?. Apakah salah anak orang miskin menikmati fasos di DKI?

2. Bagaimana jika mereka karena masih kecilnya belum bisa menjawab pertanyaan alamat rumah sehingga mereka akhirnya jadi terpisah dari ibu/bapak keluarganya? Belum lagi kemungkinan ini menjadi pengalaman traumatis yang dibawa seumur hidup mereka nanti.

Semoga nasib mereka bisa kembali ke pangkuan keluarganya masing-2.. aamiin..
Thanks for reading guys
emoticon-Peluk
0
4K
32
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan