BamonthAvatar border
TS
Bamonth
WISATA GONDOLA DI SOLO
WISATA SOLO : Wisata Perahu Hias di Kali Pepe Diusulkan Rutin Tiap Akhir Pekan

Solopos.com, SOLO – Sejumlah warga yang bermukim di sekitar Kali Pepe menilai wisata air potensial menjadi pilihan wisata baru di akhir pekan. Mereka pun mengusulkan wisata perahu hias tak hanya beroperasi saat momen Tahun Baru Tiongkok (Imlek).



Informasi yang dihimpun solopos.com, Rabu (25/2/2015), wisata perahu hias yang sempat merebut atensi warga telah berhenti beroperasi setelah perayaan Imlek, 19 Februari lalu.

Kini tak ada lagi aktivitas berarti di Kali Pepe wilayah Sudiroprajan yang sebelumnya menjadi rute perahu hias.

Menurut warga Kampung Limolasan, Sudiroprajan, Siti Suwaibah, wisata air di Kali Pepe seharusnya dapat dipertahankan menjadi destinasi wisata baru. Dia menganggap konsep wisata air selaras dengan penataan Kali Pepe.

“Kalau bisa ya seterusnya, paling enggak setiap Sabtu-Minggu begitu. Pasti ramai dan menarik,” ujar Siti saat ditemui solopos.com di rumahnya.

Dia meyakini perahu hias akan tetap ramai dikunjungi karena bernilai eksotik dan jarang ada di kota lain. Jika kembali dihidupkan, Siti juga optimistis wisata air akan menghidupkan gazebo-gazebo di sekitar Kali Pepe.

Warga Sudiroprajan lain, Benydectus, juga mendukung perahu hias dioperasikan tiap akhir pekan. Hanya, ia mewanti-wanti instansi terkait agar memperhatikan faktor keselamatan dan lingkungan.

“Kalau mau menggelar wisata air, aliran sungai dari Pintu Air Demangan perlu dibendung. Hal ini harus diperhatikan, jangan sampai pembendungan malah menimbulkan luapan air di daerah lain,” kata dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Eny Tyasni Suzana, tak menampik perahu hias potensial dikembangkan di akhir pekan. Terlebih sebagian wilayah Kali Pepe saat ini telah bersih dari sedimentasi.

“Harus diperjelas siapa yang bertanggung jawab atas ticketing, penyediaan perahu, pembendungan sungai dan sebagainya.” Dalam waktu dekat pihaknya akan berkomunikasi dengan stakeholder terkait untuk mengkaji rencana tersebut.

http://www.solopos.com/2015/02/25/wi...r-pekan-580169


 


emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
semoga menjadi contoh buat kota lain,bisa mendongkrak per-ekonomian dr sektor pariwisata
0
2.9K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan