krabberz.Avatar border
TS
krabberz.
[Bosen Turis Jerman Puji2] Turis Jerman yang Marah Karena Supir Taksi di Indonesia
Bogor, CNN Indonesia -- Berbicara tentang pariwisata tak melulu hanya membahas destinasinya. Ada banyak hal yang lebih penting dari sekadar destinasi yang menakjubkan, salah satunya sumber daya manusia.

Direktur Promosi Wisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata, Tazbir, bercerita tentang betapa pentingnya sumber daya manusia yang terlibat dalam dunia pariwisata. Bahkan dari segi kesehatannya pun harus diperhatikan.

"Waktu itu ada orang Jerman marah-marah," kata Tazbir, dalam acara Pembekalan Kepariwisataan Bagi Jurnalis yang diadakan di Hotel Salak The Heritage, Bogor, Jawa Barat. "Dia naik taksi, supirnya batuk-batuk, pilek. Terus dia komplain."

Tazbir mengisahkan betapa kesalnya turis itu lantaran dalam kondisi sakit si supir masih saja dipekerjakan. "Bagaimana pemerintah Indonesia memperkerjakan orang yang sakit," kata Tazbir menirukan ucapan turis tersebut.

Ia pun bingung. Bagaimana mengatasi hal itu karena di perusahaan taksi pun pasti regulasi terkait sakit batuk atau pilek tidak ada. "Mereka bilang, 'kami takut'," ujar Tazbir.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta itu pun menyayangkan kondisi tersebut. Betapa para turis mancanegara begitu memerhatikan soal kesehatan seorang supir taksi yang membawanya berkeliling.

Hal itulah yang dinilai Tazbir luput dari pandangan para pelaku usaha saat ini. "Itu karena kita tidak fokus pada hospitality," kata Tazbir.

Bahkan tak hanya soal kesehatan. Orang Indonesia pun dinilai suka memanfaatkan keadaan. Misalnya saja pada turis yang tidak tahu jalan atau baru pertama kali singgah di sebuah kota atau tempat.

"Mau naik kendaraan umum malah supirnya yang nanya mau lewat mana. Padahal orangnya baru pertama kali," ujar Tazbir. Kondisi ini dimanfaatkan oleh mereka dengan mengambil rute paling jauh dan menawarkan harga yang mahal.

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hid...-di-indonesia/

lg ngetren turis jerman nih, tp bosen pujian, yg ini beda emoticon-Ngakak
0
3.2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan