Balmung9Avatar border
TS
Balmung9
Kasus penipuan Lazada oleh seller dengan id iCuans
Pada tanggal 2 februari 2015, saya memesan sebuah earphone dari Lazada Indonesia dari seller dengan nama iCuans. Alasan saya membeli di Lazada karena PADA AWALNYA saya pikir Lazada merupakan salah satu online shop yang terpercaya di Indonesia karena tampilan websitenya yang tampak menyakinkan. Seller dengan nama iCuans pun semua barang jualannya direview dengan rating bintang 5 yang membuat saya merasa percaya dengan seller satu ini.

Pada tanggal 4 februari, update dari Lazada mengatakan bahwa barang saya telah dikirim oleh seller lewat JNE. Selang 1 hari kemudian saya pun langsung mengecek nomor resi yang telah diberikan namun di website JNE data barangnya tidak ditemukan. Awalnya saya masih berpikir positif kalau mungkin saja barang saya datanya memang masih belum dimasukkan oleh JNE. Namun, setiap hari saya terus mengecek nomor resi tersebut tapi data masih tidak ditemukan.

Setelah satu minggu, saya mulai merasa janggal karena seharusnya barang saya bisa sampai hanya dalam waktu beberapa hari saja karena domisili saya di Jakarta Barat. Saya pun mulai menghubungi Lazada lewat livechat, telpon dan email, dimana saya meminta agar barang saya statusnya dicek dan jawabannya selalu mengatakan bahwa Lazada akan mengkonfirmasikannya dengan si seller. Tapi hingga minggu ke dua dan minggu ke tiga, masih tidak ada kejelasan sama sekali dan pihak Lazada pun sepertinya tidak peduli dengan kasus saya ini. Saya sudah live chat dengan pihak Lazada tujuh kali dengan jawaban yang sama dan di salah satu sesi live chat, ketika saya meminta nomor kontak seller iCuans kepada Lazada dengan maksud ingin mengkonfirmasikan barang orderan saya secara langsung, sang operator livechat Lazada mengatakan bahwa mereka tidak memiliki data sellernya. Saat itu saya langsung menyadari bahwa saya telah melakukan kesalahan yang besar dengan berbelanja di Lazada.

Tanggal 24 februari, akhirnya kesabaran saya habis dan saya meminta refund kepada pihak Lazada, dan pihak Lazada mengatakan akan memproses permohonan saya. Ketika ditanya estimasi waktu proses refundnya, operator live chatnya mengatakan bahwa prosesnya diharapkan akan bisa dilakukan dalam minggu ini. Saya benar2 kapok belanja di Lazada, apalagi ini pengalaman pertama saya belanja online di Lazada...

Bagi agan2 semua, ada yang pernah mengalami kasus seperti saya ini?


Screenshot bukti pemesanan barang.


Screenshot konfirmasi nomor resi dengan JNE

Spoiler for Komentar korban sesama kaskuser:


P.S. Disini ane tidak bermaksud untuk menyalahkan/mencemarkan nama baik pihak Lazada. Ane hanya berharap pihak Lazada dapat meningkatkan pelayan dan keamanan mereka terutama bagi barang2 yang dijual oleh pihak ketiga karena dengan beraninya Lazada mengijinkan pihak ketiga untuk memasang lapak di website mereka maka seharusnya pihak Lazada dapat lebih bertanggung jawab atas kasus2 penipuan oleh seller seperti ini. Ane harap ane dapat mengklaim hak ane, terima kasih.
Diubah oleh Balmung9 11-03-2015 12:52
0
36.8K
40
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan