Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jenglot9090Avatar border
TS
jenglot9090
3 Siswa SMA Mendaki Gunung Merbabu 20-21 April 2015
Assalamu'alaikum wr wb

Setelah sekian lama kaskusan tanpa akun (dulu buat tapi gak pernah dipake emoticon-Hammer (S) maaf gan emoticon-Malu (S) ) sekarang pengen buat trit catatan perjalanan ane ke Gunung Merbabu gan. Yuk cekiprot..

Jumat, 20 Maret 2015
Udah direncanain nih gan naik hari ini. Ane bertiga ama temen ane Jati & Kutil. Langsung deh jam 3 sore kami cabut ke Basecamp Merbabu dari Bantul naik motor. Jam 6.30 kami sampe basecamp Selo. Kami pilih Selo karena jalan ke basecamp kami udah tau gan emoticon-Hammer (S) , basecamp lain belom tau jalannye emoticon-Hammer (S) . Ini kali kedua kami semua naik Merbabu via Selo. Sampe basecamp langsung dah pesen nasi telor ama kopi & teh panas emoticon-Malu (S) . Setelah siap-siap langsung dah nanjak pake semangat 45 emoticon-I Love Indonesia (S) . Berangkat dari basecamp sekitar pukul 7.30. Kami naiknya nyante gan, ada yang capek ya break dulu atur nafas ama nglurusin dengkul :v Basecamp ampe pos 1 lancar, lewat jalur hutan pinus yang rapet. Treknya masih santai. Sampe pos 1 semua anggota masih fit. Disini kami ketemu rombongan yang sama-sama dari Bantul, mereka rombongan mahasiswa UMY. Abis break di pos 1 lanjut jalan pos 2, treknya gak beda jauh ama yang dari basecamp ke pos 1 cuma sekarang agak keluar dari hutan aja. Alhamdulillah lancar ampe pos 2. Break dulu sembari ngemil gula jawa/gula merah buat ngisi stamina katanya :3 Lanjut gan ke pos batu tulis. Di tengah perjalanan kabut dateng gan, jarak pandang cuman 3-5 meteran gak lupa hujan juga ngikutin si kabut nih, cieee :v Pake jas hujan dulu lanjut ke pos batu tulis gan. Setelah nyampe di pos batu tulis break dulu makan roti biar mateng, eh biar semangat lagi maksudnya :v Di pos ini kita galau gan mau lanjut apa ngecamp karena cuaca. Ya akhirnya karena hujannya juga makin deres, kita putusin pacar gan, eh putusin buat diriin tenda maksudnya *efek jomblo :v Padahal rencana ngecamp di sabana 2. Tenda berdiri dan kita bersiap tidur gan. Siap-siap tidur ini jam 9.30 gan, dari basecamp baru ngecek jam di pos batu tulis :v Tidurlah kami bertiga dalam tenda dome kapasitas 3 punya si Kutil. Anget gan, mepet bener ini tenda diisi 3 orang, entah tendanya emang kecil apa orangnya yang gede-gede emoticon-Hammer (S) . Audah tidur aja dah. Tidur aja nggak nyenyak gan karena hujannya makin deres, tetep berdo'a biar besok cuaca membaik aja emoticon-Malu (S)

Sabtu, 21 Maret 2015
Selamat pagi Indonesia!!! kami bangun dari tidur lalu kami persiapan aja buat lanjut naik. Ada yang boker (kami bokernya tertib gan bukan di jalur pendakian, tapi bikin cat hole :3), pipis (pipisnya ampe berasap gan wkwkwk) ada juga yang sarapan. Nah ini jiwa gilanya anak SMA mulai keliatan. Si Kutil sarapan pake sandwhich keripik yang entah gimana rasanya ane gak mau nyobain. Nah ini, kami gak bawa kompor gan, jadi ya ngiler aja liat pendaki lain yang sarapan pake mie rebus, sop, ama minuman anget. Kami cuma makan roti aja emoticon-Berduka (S) . Yuk lanjut! Jam 7 pagi kami naik ke sabana 1. Ini nih yang katanya jalur paling berat sepanjang jalur pendakian Merbabu via Selo. Alhamdulillah lancar jam 8.15 nyampe sabana 1 gan :3 Break dulu sambil ngiler liatin pendaki lain bikin mie rebus emoticon-Berduka (S) . Lanjut lagi sabana 2 gan. Cuaca kabut mulu nih. Nyampe sabana 2 jam 9 gan. Break dulu sembari ngobrol ama pendaki lain yang ngecamp disono :3 Lanjut gan ke puncak!! Masih semangat ini, maklum anak muda wkwkwk Nah ini pemandangannya wow bener gan. Walopun kabutnya tebel tapi udah wow apalagi kalo gak ada kabut, cetar nih *alay wkwkwk Tanjakan ke puncak bener-bener nguras tenaga gan, apalagi sambil bawa carrier. Kami lagi-lagi ngiler gan liat pendaki lain. Mereka yang naik tanpa bawa carrier ke puncak emoticon-Berduka (S) . Tapi kami tetep semangat gan, toh dipinggir jalur kan banyar edelweis tuh, ada yang mulai mekar juga. Indah banget :3 Lanjut muncak ke Kenteng Songo!!! Alhamdulillah jam 11 siang kami nyampe puncak gan :3 Ngisi perut dulu di puncak :3 Lanjut foto-foto :3 Nih fotonya gan...

Spoiler for Personil Pendakian gan :3:

Spoiler for Foto dulu gan di puncak /:)/:


Udah puas gan foto-foto :3 sayang cuacanya kurang bersahabat emoticon-Berduka (S)kabutnye tebel gan emoticon-Berduka (S) Yaudah deh daripada kelamaan di puncak langsung turun aja dah, pamitan ama pendaki lain yang di puncak emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Kabut tebel gan:

Spoiler for Perjalanan turun gan:


Masih semangat 45 nih gan turunnya emoticon-I Love Indonesia (S)udah pada kangen ama kamar masing-masing emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) Kita jalan terus gan, kalo ada tempat lapang baru break, kalo break di tempat sempit kan jadi nutupin jalan buat pendaki lain emoticon-Malu (S) Gak kerasa udah nyampe sabana 2 gan, nih fotonya..

Spoiler for Sabana 2 ale!!:


Selama perjalanan dari puncak ampe Sabana 2 gak lupa gan foto-fotoin edelweiss.. nih gan ane share foto-fotonya dari kamera ane..
Spoiler for Edelweis:


Kita lanjuta gan menuju Sabana 1 :3 Pemandangannya wow gan walopun masih ditemani kabut. Selama perjalanan turun nih banyak banget pendaki yang mulai naik, ada rombongan dari Jakarta yang anggotanya bejibun gan. Pas hampir nyampe Sabana 1 dari balik awan Merapi mulai mengintip gan, tapi ya masih malu-malu singa wkwkwk awannya badannya gede sih, Merapi jadinya takut muncul gan :v Nyampe Sabana 1 kita gak break gan, agak ngejar waktu juga nih biar nyampe rumahnya gak kemaleman. Pas hampir nyampe Pos Batu Tulis kita break gan, pemandangannya wow banget, nih monggo lihat dulu emoticon-Malu (S)...

Spoiler for Pos Batu Tulis:


Kita lanjutin jalan gan, sambil bercanda biar gak kerasa capek. Tau sendiri kan gimana anak SMA itu, dimana-mana bercanda wkwkwk. Kita turun ke Pos Batu Tulis lalu break 5 menit gan habis itu lanjut lagi ke pos 2. Di pos 2 kita break 10 menit. Waktu buat break makin banyak nih, kita dah mulai capek wkwkwk. Lanjut ke pos 1 kita masih hepi-hepi aja bercanda walopun capek bingitz *alay :v Perjalanan dari pos 2 ke pos 1 kita banyak break gan, semenit dua menit buat break lanjut jalan. Gitu terus ampe pos 1. Di pos 1 kita break 10 menit lagi gan. Lanjut jalan lagi, sekarang semangatnya udah bukan semangat 45 gan tapi semangat buat nyampe rumah tepar di kamar :v Dan alhamdulillah gan jam 3 kita nyampe basecamp.Dari puncak baru di basecamp kita tengok jam :v

Spoiler for Jalur Pendakian Selo:


Di basecamp kita istirahat dulu 15 menit, ada yang pipis dulu wkwkwk Habis itu langsung ambil motor terus pulang gan :3 Gak sabar nyampe rumah nih wkwk

Sekian catatan perjalanan ane, semoga jadi virus buat naik Merbabu via Selo wkwkwkwk Buat agan-agan ni yang ngerasa punya kesehatan, waktu luang, ama rejeki apa salahnya dipake buat naik gunung? Bisa lihat pemandangan indah, buat bersyukur gan. daripada di kota mulu. Tapi ya harus tetep inget gunung itu alam gan, jangan kotori, jangan buang sampah di atas, jangan ambil apapun. Masa bawa sampah se-isinya naik aja kuat tapi bawa sampahnya doang ogah, malu ah emoticon-Ngakak (S)Udah dulu gan, maaf kalo ada salah. Wassalamu'alaikum wr. wb.
Diubah oleh jenglot9090 19-04-2015 14:03
0
4.5K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan