Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zoowieAvatar border
TS
zoowie
Family Trip to UAE (Abu Dhabi, Al-Ain, Fujairah, Dubai) - 2-11 April 2015
Awal April ini, ane sekeluarga liburan ke UAE. Sebenernya ini liburan yang gak direncanain. Begitu temen ane yg tinggal di Abu Dhabi ngajakin untuk land trip keliling UAE dan kebetulan ada tiket promo ke Dubai dari maskapai FlyDubai, ane lansung iyain.
Biasanya ane klo liburan, pasti dah sibuk bikin itinerary dan plan lainnya, terutama finasial. Tp kli ini ane serahin smua nya ke temen ane dan moga2 gak ngabisin banyak budget =)

Tanggal 2 April 2015, setelah delay 4 jam karena ada badai pasir di Dubai yg bikin Dubai airport tutup, akhirnya kita sampe juga di Dubai Airport terminal 2. Untuk info, Terminal 2 ini adalah terminal khusus FlyDubai. Lokasi nya gak nyatu sama Terminal 1 (other airlines) and Terminal 3 (khusus Emirates) yg lokasinya sebelah2. Terminal 2 itu lokasinya di sisi sebrang, dipisahin sama runway. Klo diliat dari bangunannya yg simpel cuma 1 lantai, kayaknya ini airport Dubai yg lama. Begitu landing, naik bus ke terminal, lansung imigrasi. Habis itu cuma ada simple duty free store di tempat ambil bagasi. Begitu keluar terminal, temen ane dah jemput dan lansung ke Abu Dhabi yg makan waktu 1.5 jam naik mobil.

Spoiler for FlyDubai & Terminal 2 Dubai:


Abu Dhabi

Hari ke 2, berhubung hari Jumat, aktifitas baru bisa dimulai lepas jumatan dan makan siang. Kita semua pengen ngunjungin Masjid Shaikh Zayed Grand Mosque. Mesjid terbesar di UAE yg super mewah…tapi ternyata mesjid nya tutup dari jam 2-4PM, buka lagi pas waktunya shotal Ashar. Akhirnya kita decide untuk pergi ke Corniche area, daerah pantai yg berlokasi di pusat kota AD. Pantai di AD ini cukup bagus dan tertata rapih. Ada cafe2 dipinggir jalan masuk dan pantai yg dibagi 2, bayar dan free. Pantai yg bayar tiket masuknya 10 Dirham, dibatasin pager kayu dan ada fasilitas lapangan basket dan voli. Klo yang free, hanya ada fasilitas lapangan untuk main bola. Walopun negara timur tengah, berbikini di pantai publik masih dibolehin di UAE.

Spoiler for Pantai Abu Dhabi, Corniche area:


Abis makan Shawarma dan mandi, kita balik lagi ke Sheikh Zayed Grand Mosque, skitar jam 9 malam. Karena Jumat (dan Sabtu) itu hari wiken, masih banyak aja orang yg berkunjung ke mesjid, termasuk turis. Untuk bisa masuk mesjid, stiap orang harus pake pakaian yg nutup aurat. Buat laki, cukup pakai celana panjang dan baju berlengan. Klo buat wanita, harus pakai pakaian yg menutupi hingga mata kaki dan batas telapak tangan dan juga harus pakai penutup rambut (selendang atau hijab). Tapi jangan kuatir, disana ada tempat peminjaman abaya (baju muslim wanita).
Area mesjid ini cukup luas. Mimbar utama nya hanya dipakai untuk pas sholat jumat dan sholat besar lain nya. Tp untuk sholat 5 waktu, ada area sendiri di sisi belakang mesjid.
Buat pengunjung, juga ada etika yg harus diikutin slama didalam mesjid. Salah satunya, gak boleh foto dengan pose aneh dan berpelukan. Masuk akal sih karena ini sebenernya tempat ibadah.

Spoiler for Sheikh Zayed Grand Mosque:


Hari ketiga, jadwal nya ke Yas Island. Daerah tempat Ferarri World dan Yas Waterworld dan juga circuit F1 dan newly opened Yas Mall. Lokasinya skitar 30Km dari pusat kota. Karena bocah2 prefer maen air, jd kita mutusin untuk ke Waterworld. HTM nya lumayan mahal, 240 dirham utk yg tingginya diatas 110cm. Dibawah itu, 185 Dirham. Yas Waterworld ini gede banget dan banyak rides nya. Katanya sih salah satu waterpark paling bagus didunia dan memang gak ngecewain. Sayang nya kita dateng pas wiken, jadinya cukup ada antrian lah di tiap ride.

Spoiler for Yas Waterworld:


Gak nyangka, kita spent 7 jam di waterworld, abis itu kita lansung nyari makan dan cabut ke Yas Mall yg lokasinya disebrang waterworld dan connected to Ferarri World. Yas Mall ini baru2 ini buka tapi toko2 didalem nya cukup lengkap. Yg bikin pusing pas liat toko Nike, yg terbesar di timur tengah. Liat koleksi sepatu2 nya…duh..pusiiing.

Spoiler for Yas Mall:


Besokan nya kita pindah kota ke Al-Ain, kota kecil masih di Emirates of Abu Dhabi yg jaraknya 1.5 jam. Kota ini kampung halaman nya Raja Abu Dhabi, yg juga President UAE, Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

Al-Ain

Sepanjang jalan dari Abu Dhabi-Al Ain, berasa banget perbedaan karakter landscape nya. Abu Dhabi yang berada di sisi teluk, lebih kering dan pasir nya warna coklat muda. Tp begitu turun ke arah bawah menuju Al-Ain yg deket perbatasan Oman, warna pasir berubah ke coklat tua/merah, mulai ada pegunungan dan lebih banyak tumbuh2an. Di Al Ain ini jg banyak aliran air natural dan juga air panas. Gak salah nama kota ini arti nya The Spring.
Al Ain kota yg dominan dengan pemukiman, dikit banget bangunan lebih dari 4 lantai dan cuma beberapa industri ber basis di kota itu. Tp, dengan modal besar dari sang raja, kota ini punya semua nya. Sirkuit gokart, kebon binatang, taman kayak dufan, pemandian air panas, mall, klub bola yang sukses - Asamoah Gyan maen disini, hingga ada tempat rafting dan surfing buatan!!

Spoiler for Al-Ain:


Fujairah

2.5 jam perjalanan dari Al-Ain nyusurin perbatasan Oman, akhirnya sampe jg di Fujairah, satu2nya Emirates dari UAE yg berada di sisi teluk Oman (yg lain di teluk persia). Landscape Fujairah paling berbeda dibanding yg lain. Sebagian besar daerah nya terdiri dari pegunungan. Jadi klo diliat, stelah pegunungan, lansung laut. Orang2 di emirate ini kelakuan nya cukup santai, ramah, nyetir mobilnya aja jarang ada yg ngebut. Kegiatan bisnis di Emirate ini kebanyakan yg berhubungan dengan shipping dan kapal. Fujairah punya galangan kapal yg cukup gede dan mayoritas kapal timur tengah, servis nya disini. Fujairah jg dianggap penting posisi nya di dunia migas UAE. Krn lokasi nya bukan di teluk Persia yg "panas" dan sering rusuh, jd klo ada apa2 di teluk Persia, UAE masih bisa export hasil migas nya lewat pelabuhan Fujairah ini. Ada pipa migas lansung dari kilang di Abu Dhabi ke pelabuhan Fujairah.

Fujairah punya pantai yg cukup bagus dan tertata rapih. Banyak orang dateng ke sini untuk olahraga air. Yg unik dari Fujairah, lokasi nya berbatasan dengan 2 bagian dari Oman. Untuk info aja gan, ada 2 bagian dari Oman yg letak nya terpisah dari Oman sebenernya. Jd lokasi nya ada di tengah2 Fujairah dan ujung atas UAE.
Di Fujairah ini juga ada Mesjid tertua di UAE dan juga terbesar kedua di UEA.

Spoiler for Fujairah:


Dubai

Last destination, Dubai. Kota fiktif di UAE. Kota yg awal nya cuma gurun pasir, gak banyak hasil minyak nya tiba2 jadi kota modern dgn bangunan2 yg mewah. Dgn Singapur jd blueprint nya, Dubai berhasil jadi Hub untuk region timur tengah dan africa.
Dari Fujairah kita menuju Ras Al-Khaimah trus turun ke arah barat ngelewatin Emirate yg lain, Umm al Quwain, Ajman, Sharjah hingga masuk ke Dubai.
Dubai itu dah mayoritas isinya orang asing. Jarang banget ketemu orang lokal dan bahkan budaya2 luar udah dimaklumin lah dilakuin di sana. Mulai dr pakaian minim, gandengan tangan, ciuman jd pemandangan yg cukup common. Bahkan tempat pijet aja dah banyak bertebaran hehehe.

Kita nginep di Daerah Al-Barsha, yg lokasi nya dibelakang Mall of Emirates. Mall yg ngetop krn ada arena salju nya. Mall ini paling enak dikunjungin krn gak terlalu besar tp isinya lengkap. Ada lg mall yg lain, namanya Dubai Mall - biggest mall in the world by area. Didalem mall nya ada aquarium gede bgt. Tp yg bikin orang kesana krn lokasinya di sebelah Burj Khalifa dan ada kolam dengan show dancing fountain tiap 30 menit. Klo udah wiken, mall ini super rame.

Spoiler for MoE & Dubai Mall:


Klo bosen sama mall, bisa ke pantai dan pulau buatan nya Jumairah & Palm Island.
Pulau Palm ini lokasinya gak jauh dari hotel yg udah jadi icon Dubai, Burj Al Arab. Sepanjang "batang" pulau Palm ada monorail yang berhenti diujung paling atas, hotel Atlantis yg ada faslitas waterpark dan aquarium. Untuk naik monorail ini bayar 25 dirham return atau 15 dirham one way. Pemandangan nya cukup WOW krn bisa ngeliat rumah dan bangunan mewah di pulau Palm dan juga bangunan2 tinggi di daerah Dubai Marina.

Spoiler for Palm Jumeirah:


Stelah 3 malem di AD, 2 malam masing2 di Al-Ain, Fujairah dan Dubai, akhirnya liburan dah selesai. Akhirnya bisa juga ngelilingin UAE dan ngeliat daerah2 slain AD dan Dubai. Kesan yg ditangkep, UAE itu mmg udah decided untuk jadi negara turis jd mereka bikin infrastruktur antar kota dengan bagus banget, tiap objek wisata, walopun simple, dirapihin dan dibikin nyaman buat pengunjung nya. Mungkin memang gak semenarik pergi ke Eropa kali yah, tp tetep aja, you'll be amazed when going to Dubai dan Abu Dhabi. mereka gak cuma bikin bangunan krn punya banyak duit, tp mereka bikin secara well planned dan berkonsep.

Mungkin buat yg transit di Dubai, worth utk stopover beberapa hari. Klo bisa antara Desember-Maret, gak terlalu panas.




Smoga enjoy FR nya.
Diubah oleh zoowie 21-04-2015 14:45
tata604
tata604 memberi reputasi
1
4.5K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan