ideavolutionersAvatar border
TS
ideavolutioners
Menegur Bangsa Perihal Pendidikan Lewat Sebuah Film, Bisa Nggak ya?


Teknologi modern telah memungkinkan terciptanya komunikasi bebas lintas benua, negara, dan lintas wilayah, melalui media audio (radio) dan audio visual (televisi, internet, bioskop dan lain-lain). Media televisi dan bioskop sebagai sarana hiburan untuk menampilkan film yang merupakan hasil karya seni untuk masyarakat. Hal ini bisa kita jadikan sebagai alat untuk mengubah ataupun mengontrol pola pikir seseorang, jadi jawaban dari judul di atas adalah bisa menurut saya.

Sesuai dengan pekembangan masa, banyak yang telah berubah dari keberadaan film Indonesia. Pada angkatan 80 an film memiliki makna sosial dan makna edukasi yang berarti, terutama yang menggambarkan keadaan masyarakat. Nah, kalau kini udah banyak sekali film-film yang negatif kenapa gak kita coba dan buat kembali atau menghidupkan lagi film-film sosial dan edukasi.

Mengapa lewat film? Film sebagai salah satu tayangan di bioskop ataupun di TV memiliki pengaruh yang cukup besar bagi masyarakat. Sebagai karya seni yang lahir dari hasil kolaborasi cipta pikir dan rasa, film mengejawantahkan hidup dan kehidupan manusia pada masa lalu, masa sekarang, ataupun masa yang akan datang.

Nilai dasar yang membangun film adalah rekreatif, deduktif, estetis, moralitas, religius serta kebenaran. Film tercipta membawakan pesan tersendiri bagi penikmatnya. Sebagai sebuah hasil seni, maka pada hakikatnya film memiliki sifat menyenangkan dan berguna, Maka selayaknyalah film bisa dijadikan sebagai salah satu media yang ampuh untuk dijadikan sebagai media pendidikan dan penanaman nilai-nilai moral bagi masyarakat secara umum dan remaja khusunya. Karena film merefleksikan kehidupan nyata masyarakat, Sehingga selain menikmati hiburan juga selayaknya penonton mendapatkan pelajaran serta pendidikan moral.

Salah satu contoh film yang menyampaikan betapa pentingnya pendidikan adalah film Sokola rimba, laskar pelangi, dan lainnya. Di film tersebut kita bisa melihat perjuangan anak Indonesia yang tetap ingin belajar dan dapat pendidikan layak meski dengan keterbatasan.

Sumber
0
2.1K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan