Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aga377Avatar border
TS
aga377
27 gerilyawan Al-Houthi tewas oleh serangan Al-Qaida di Yaman


http://www.antaranews.com/berita/483...qaida-di-yaman

Sanaa (ANTARA News) - Gerilyawan Al-Qaida pada Selasa (3/3) melancarkan serangan terhadap kelompok Al-Houthi di Provinsi Al-Bayda di Yaman, sehingga menewaskan sedikitnya 27 anggota Al-Houthi dan melukai puluhan orang lagi.

Al-Qaida di Jazirah Arab (AQAP) menyerang satu stadion yang digunakan oleh anggota Al-Houthi sebagai kamp pelatihan di Kota Al-Bayda, Ibu Kota Provinsi Al-Bayda, menewaskan 10 petempur Al-Houthi dan melukai puluhan orang lagi, kata satu sumber suku kepada Xinhua.

Beberapa jam setelah serangan tersebut, AQAP melancarkan serangan bom bunuh diri terhadap satu pertemuan kelompok Syiah Al-Houthi di satu sekolah di Kabupaten Azzahir di Provinsi Al-Bayda pada malam hari. AQAP menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai 12 orang lagi, kata seorang pejabat keamanan.

Masih di Kabupaten Azzahir, satu bom pinggir jalan meledak saat kendaraan patroli Al-Houthi melewati satu jalan raya di dekat sekolah tersebut, kata Xinhua. Sebanyak sembilan anggota Al-Houthi tewas dalam ledakan itu, kata sumber suku tersebut.

Dalam satu pernyataan daring, AQAP telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Kelompok Al-Houthi telah menutup sekolah tersebut guna mencegah warga mendekati daerah itu dan memindahkan korban ke rumah sakit.

Situasi keamanan di Yaman dengan cepat memburuk setelah kelompok Syiah Al-Houthi mengambil alih ibu kota negeri tersebut, Sanaa, dengan kekerasan pada September. Lebih dari 400 orang tewas dalam satu pekan pertempuran.

Setelah menguasai Ibu Kota Yaman, kelompok Al-Houthi telah mengerahkan petempur ke wilayah timur dan selatan negeri itu, tempat AQAP aktif beroperasi.

Tindakan tersebut telah memicu bentrokan yang sering terjadi antara petempur Al-Houthi dan anggota AQAP di Provinsi Al-Bayda, Marib, Ibb dan Hadhramauth, sehingga menewaskan puluhan orang dari kedua pihak.

Pada Selasa (3/3) Presiden Yaman Abed-Rabbu Mansour Hadi meminta agar pembicaraan perujukan yang diperantarai PBB dipindahkan ke negara tetangganya, Arab Saudi, jika kesepakatan tidak dapat dicapai di lokasi perundingan saat ini di Yaman.

Pembicaraan itu, yang telah diselenggarakan di Sanaa --yang kini dikuasai Al-Houthi, telah gagal sejak Hadi melarikan diri ke kota terbesar kedua di Yaman, Aden, pada Februari, setelah berpekan-pekan menghadapi tahanan rumah.

Presiden yang didukung Barat itu, yang mencabut surat pengunduran diri pada Januari --setelah melarikan diri dengan mengatakan surat itu telah dibuat di bawah tekanan, telah mengusulkan agar pembicaraan dilanjutkan di Aden atau di kota ketiga Yaman, Taez, yang juga berada di luar kendali milisi Al-Houthi.

Komen:
Sementara itu, WNI, cuma 20 orang yg mau/bisa dipulangkan dari total keseluruhan 4000 org wni disana.
Entah berani entah gila.


Direncanakan Hari ini 20 WNI yang Dievakuasi Dari Yaman Tiba di Jakarta

http://www.tribunnews.com/internasio...iba-di-jakarta



TRIBUNNEWS.COM.SANA'A- Sebanyak 20 Warga Negara Indonesia (WNI) direncanakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu, 1 Maret 2015, menggunakan maskapai Yaman Airways, nomor penerbangan IY 862.

Seluruhnya WNI diberangkatkan sehari sebelumnya dari Bandara Internasional Sana’a, menurut situ Kemenlu melalui jadwal reguler maskapai penerbangan tersebut. Para WNI tersebut terdiri dari 6 mahasiswa/pelajar/santri yang tiga diantaranya beserta para isteri, 6 balita dan 5 anak-anak mereka

Sesampai di Jakarta, mereka akan diserahterimakan oleh Kementerian Luar Negeri RI kepada kementerian/lembaga Pemerintah RI atau Pemerintah Provinsi yang masing-masing warganya telah dievakuasi saat ini, yaitu Sumatera Selatan, Maluku, Aceh, dan Kalimantan Timur agar selanjutnya dapat difasilitasi pemulangan mereka ke daerah asal masing-masing oleh Kemlu bekerja sama dengan Pemda terkait.

Proses evakuasi tersebut berhasil karena kerja sama antara KBRI Sana’a dengan otoritas terkait di Yaman, sebagai tanggapan KBRI Sana’a atas permintaan dari sebagian WNI di Yaman agar Pemerintah RI dapat memfasilitasi mereka kembali ke tanah air.

Hingga tanggal 24 Februari 2015, jumlah WNI yang mendaftarkan diri untuk meminta agar difasilitasi evakuasinya sebanyak 70 orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah, apabila situasi di Yaman dirasa belum kondusif bagi mereka untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Mereka dipulangkan seacara sukarela karena permintaan individual tersebut terkait situasi terakhir di Yaman.

Pemerintah RI hingga saat ini tidak memiliki rencana untuk mengurangi aktivitas apalagi menghentikan operasional KBRI Sana’a. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa pelayanan dan perlindungan WNI di Yaman dapat berjalan dengan baik, terkoordinasi, dan terukur, serta sejalan dengan langkah perlindungan WNI sebagai prioritas politik luar negeri Pemerintah RI.

Sebagai negara sahabat, Indonesia mengharapkan agar Yaman tetap stabil, aman, dan sejahtera, sehingga hubungan bersahabat antara Indonesia dan Yaman dapat terus ditingkatkan dan memberi manfaat kepada kedua negara dapat bersama-sama terus berkontribusi terhadap perdamaian dunia. (Kemlu RI)

Komen:
Pemerintah kaga bisa juga mau nutup KBRI krn banyak yg belom mau dipulangkan dari sana, padahal kedutaan2 lain udah cabut semua.
Hell, jangankan kedubes, PRESIDENNYA aja kabur.

Segitu cintanya ama yaman ya?
Pdahal tahun lalu, udah ada kejadian 5 santri tewas:


http://www.tempo.co/read/news/2012/0...ang-dari-Yaman

Kekerasan di Dammaj, Yaman, terjadi pada akhir tahun lalu. Pesantren Darul Hadits yang merupakan tempat belajar santri dari seluruh dunia dikepung dan diserang oleh kelompok pemberontak al-Houthi. Lima orang santri dari Indonesia dilaporkan tewas.

Ratusan santri asal Indonesia di pesantren menolak untuk dievakuasi. Mereka bertahan setelah dikeluarkannya fatwa jihad dari pemimpin pesantren. Menurut pengakuan salah seorang santri, pesantren mereka dihujani peluru dan bom dari pemberontak di atas bukit.


Diubah oleh aga377 05-03-2015 08:09
0
2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan