atandiAvatar border
TS
atandi
Orang-orang Seperti Ini Lebih Rentan Alami Cedera Selangkangan
Jakarta - Cedera nyatanya juga bisa terjadi di daerah selangkangan. Meski semua orang berisiko mengalami cedera di bagian tubuh ini, tetapi ada beberapa karakteristik yang membuat seseorang rentan mengalami cedera selangkangan.

dr Irfan Wahyudi, SpU dari RS Asri Jakarta menuturkan, cedera di area selangkangan sering terjadi pada anak laki-laki. Pasalnya, mereka lebih aktif dalam bermain.

"Anak laki-laki kan sering main bola, manjat pohon. Kalau anak perempuan lebih jarang, karena mereka biasanya hanya main boneka dan sebagainya," kata dr Irfan saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (8/4/2915).

Jika menilik dari segi usia dan profesi, menurut dr Irfan mereka yang masih produktif dengan mobilitasnya tinggi, atau banyak melakukan gerakan bisa lebih rentan mengalami cedera di selangkangan. Risiko ini pastinya berbeda pada pekerja kantoran atau orang lanjut usia (lansia).

Dikatakan dr Irfan, pekerja kantoran kemungkinan besar mobilitasnya tidak terlalu tinggi. Lansia pun juga sudah jarang melakukan aktivitas yang berbahaya. Sehingga risiko mereka cedera dapat lebih rendah. "Cedera selangkangan ini bisa rentan pada mereka yang melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi," ujar dr Irfan.

Baca juga: Perhatikan, Hal-hal Ini Sering Picu Gatal di Sekitar Kemaluan

Sementara itu, dr Michael Triangto SpKO dari RS Mitra Kemayoran mengungkapkan yang rentan mengalami cedera pada selangkangan yaitu orang-orang yang dalam kehidupan sehari-harinya melakukan hal yang tidak biasa. Misalkan saja pemain skate board dan ice skating dikatakan dr Michael memiliki risiko cedera pada selangkangan. Ia menekankan, cedera selangkangan tidak memandang pria atau wanita karena pria dan wanita memiliki risiko yang sama

detikHealth
"Cedera selangkangan tidak memiliki batasan usia, bahkan bisa dibilang semua usia. Namun, umumnya lansia memiliki kelenturan yang rendah sehingga bisa saja terkena cedera. Semua kelompok usia memiliki risiko yang sama," kata dr Michael.

Ditambahkan dr Arie Sutopo, SpKO, Ketua Bidang IPTEK KONI DKI Jakarta, orang-orang yang rentan mengalami cedera pada selangkangan biasanya orang-orang yang kondisi kesehatannya sedang menurun. Atau bisa juga karena tidak terlatih dengan hal-hal ekstrem tetapi mereka melakukannya dengan berlebihan.

"Pria dan wanita memiliki risiko cedera selangkangan yang sama. Usia 40 tahun ke atas lebih rentan terkena cedera selangkangan karena kualitas ototnya yang menurun," kata dr Arie.

sumber :$ http://m.detik.com/health/read/2015/04/08/111208/2881071/775/2/orang-orang-seperti-ini-lebih-rentan-alami-cedera-selangkangan
0
2.2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan