Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bhiineekaaAvatar border
TS
bhiineekaa
[OPINI] Setelah Harga BBM Naik Lagi
Quote:


sistem distribusi bantuan langsung merupakan suatu tantangan sendiri bagi pemerintah (khususnya pemerintah saat ini); Saat ini pemerintah telah mengambil langkah yang baik dengan mengurangi subsidi BBM, dan mengalihkan ke infrastruktur dan sektor lain; Kebijakan ini akan sangat membawa dampak yang sangat positif dalam JANGKA PANJANG. Namun demikian, pemerintah juga PERLU lebih memikirkan solusi JANGKA PENDEK dan MENENGAH agar fluktuasi harga di tingkat konsumen tidak terlalu "liar"; Namun solusi Jangka Pendek dan Menengah ini bukanlah suatu hal yang mudah; harus ada Desain Program yang menyeluruh dan terintegrasi untuk membuatnya;

Subsidi adalah suatu yang pasti; tapi bagaimana mengarahkan subsidi tepat sasaran, bagaimana menyeleksi orang yang layak menerima subsidi? Apakah hanya dengan dasar statistik BPS? dengan puluhan tahun subsidi yang sudah diberikan, bagaimana nasib orang2 yang sudah disubsidi? apakah ada pengingkatan kesejahteraan untuk orang2 yagn sudah mendapatkan subsidi? bagaimana caranya memonitor subsidi dan orang2 yang disubsidi? Apakah subsidi pupuk dan pembagian traktor secara cuma-cuma merupakan salah satu cara yang efektif dalam memperbaiki kesejahteraan petani kita? apakah subsidi Gas 3 kg sudah tepat sasaran?

Sepertinya pemerintah saat ini perlu belajar dari India dalam melakukan subsidi yang tepat dengan mengintegrasikan program subsidi langsung dengan financial inclusion.
Diubah oleh bhiineekaa 03-04-2015 15:04
0
5.7K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan