- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- Indie Filmmaker
Making of 3D Animation, by Dreamworks Animation
TS
arungjeram25
Making of 3D Animation, by Dreamworks Animation
Prolog
Film dengan genre animasi sekarang sudah mulai populer. Pembuatan film animasi 3D dapat memakan waktu sampai 5 tahun untuk setiap judulnya. Namun pernahkan agan berpikir bagaimana proses pembuatan film animasi tersebut?
Dikutip dari website Dreamworks, berikut adalah step-by-step membuat film animasi. Cara setiap studio mungkin saja beda-beda. Inilah proses tim dari Dreamworks dalam membuat filmnya
Beberapa video Behind the scenes :
Komentar Kaskuser
First thread dari TS, mohon maaf kalau thread berantakan
Bila berkenan mohon
TS sangat menerima
Sekian dan terima kasih karena telah menjadi pembaca.
TS juga sangat menghargai komentar para pembaca
Quote:
Sejak kemunculan animasi 3D pertama kali pada tahun 1995, industri animasi berkembang pesat. Pixar merilis Toy Story pada tahun 1995 yang menjadikannya animasi 3D pertama. Sejak saat itu banyak studio animasi yang terus bermunculan, seperti : Dreamworks Animation, Blue Sky Studios, Sony Animation, dan Illumination Entertainment
Quote:
Intermezzo
Film dengan genre animasi sekarang sudah mulai populer. Pembuatan film animasi 3D dapat memakan waktu sampai 5 tahun untuk setiap judulnya. Namun pernahkan agan berpikir bagaimana proses pembuatan film animasi tersebut?
Dikutip dari website Dreamworks, berikut adalah step-by-step membuat film animasi. Cara setiap studio mungkin saja beda-beda. Inilah proses tim dari Dreamworks dalam membuat filmnya
Spoiler for Production Process:
1. Script
Film bagus pasti memiliki konsep yang bagus, konsep ini berbentuk seperti naskah yang dibukukan, lengkap dengan jalan cerita dan dialog. Pemegang role ini disebut Screenwriter. Berikut adalah skrip dari salah satu scene dalam Kung Fu Panda 2
2. Storyboarding
Setelah naskah selesai, naskah tersebut lalu dioper ke storyboard artist. Mereka akan memvisualisasikan kejadian dalam naskah menjadi sketsa, atau semacam komik. Jika produser dan sutradara menerima, sketsa-sketsa tadi akan dibawa ke dunia digital lalu dirangkai untuk membuat pandangan dasar tentang jalannya cerita yang mereka sebut sebagai "Story Reel", mirip seperti flip-book animation. Proses ini dapat memakan waktu sekitar 18 bulan
3. Visual Development
Setelah story reel selesai, para artist mulai untuk memvisualisasikan bagaimana film akan terlihat, Seluruh hal diperhitungkan, mulai dari karakter utama sampai benda-benda kecil yang ada dilatar.
4. Casting
Setelah storyboard selesai, desain karakter dan benda selesai, hal selanjutnya adalah mencari pengisi suara yang tepat. Karena karakter didesain terlebih dahulu, maka pemilihan voice actor menitik beratkan pada suara mereka, bukan berdasarkan penampilan mereka. Para aktor direkam sebelum proses animasi dimulai.
5. Stereo 3D
Sejak 2009, dimulai dari Monsters vs Aliens, Dreamworks telah memulai untuk membuat film dengan format stereo 3D. Teknik pembuatan gambar 3D memerlukan pengembangan dari teknik sebelumnya yang pada dasarnya menggunakan 2 kamera pada saat yang bersamaan. Penggunaan stereo 3D menguatkan efek yang dirasakan penonton saat pemutaran film.
6. Modeling
Desain karakter kemudian dijadikan objek 3D oleh modeler. Pada modeler dan art departement berkolaborasi agar dicapai objek 3D yang di inginkan. Setelah desain 3D karakter selesai, desain ini lalu dioper untuk di-rig
7. Rigging
Rigging merupakan proses untuk menjadikan karakter tadi dapat digerakkan. Karakter diberi tulang, otot dan lemak dan riggers yang menentukan bagaimana realis karakter tersebut. Setiap bagian tubuh, wajah, rambut, dan pakaian dari karakter dikonfigurasi sehingga karakter sudah bisa digerakkan dan di-pose, seperti boneka digital.
8. Layout
Layout terbagi dua, Rough Layout dan Final Layout.
Rough Layout bertugas untuk membuat lingkungan 3D (3d Environment) berdasarkan storyboard tadi. Mereka juga bertugas untuk menempatkan kamera virtual dan pergerakannya, bersamaan dengan tahap awal dari animasi karakter. Rough layout juga yang menciptakan sinematografi dalam film.
Setelah rough layout diterima oleh sutradara, Final Layout artist kemudian mengganti objek dasar tadi dengan objek final (final asset) yang lalu dioper untuk character animation. Setelah character animation selesai, final layout bertugas lagi untuk "memoles" dan merevisi pergerakan dari kamera tadi
9. Character Animation
3D scene dari final layout diberikan kepada animator, kemudian para karakter diberi animasi dan disinkronkan dengan hasil voice acting sebelumnya. Namun, proses belum selesai.....
10. Surfacing
Objek awal untuk karakter dan benda memiliki tekstur rata dan berwarna abu". Maka tugas surfacer untuk memberi tekstur dan warna kepada benda atau karakter. Terkadang, untuk scene tertentu karakter akan memiliki noda, rambut basah, atau bekas kaki, maka para surfacer harus mengubah (mengkustomisasi) karakter tersebut sehingga cocok dengan scene yang dimaksud
11. Effects
Setelah kamera selesai dan karakter telah diberi animasi, tahap selanjutnya adalah Effect. Dalam kebanyakan film live action, effect seperti api, ombak, dan daun berterbangan dapat dengan mudah ditangkap oleh kamera. Tetapi dalam animasi, semua itu dibuat oleh effect artist. "Jika itu bukan karakter, tetapi bergerak, itu adalah effect."
12. Lightning
Dipegang oleh Lightning artist, mereka bertugas untuk membentuk pencahayaan dalam scene. Cahaya adalah hal pertama yang kita lihat sehingga hal lain seperti karakter, rumput, effect, dan hal lainnya dapat terlihat, dan membuat mood dan atmosfir untuk mendukung scene. Pencahayaan juga yang menuntun penonton untuk melihat bagian penting dari film sehingga penonton melihat tepat kapan dan dimana para storyteller ingin mereka lihat. Setelah semua hal selesai, masuklah proses rendering sehingga didapatlah data berupa gambar yang akan diolah menjadi video/film yang kita lihat di layar
13. Sound FX
Suara latar dan backsound seperti suara kaki, gelas pecah, dll dibuat oleh sound designer dan foley artist untuk memperkaya jalannya cerita.
Lalu dibuatlah music score sebagai penguat setiap scene, sehingga bisa menuntun penonton kepada setiap aksi dan emosi yang ada dalam film
14. Final Mix
Semua hal, musik, dialog, dan SFX kemudian di-mix. Ambient, gema, dan posisi suara dalam film ditambahkan sehingga didapat versi final dari film
Film bagus pasti memiliki konsep yang bagus, konsep ini berbentuk seperti naskah yang dibukukan, lengkap dengan jalan cerita dan dialog. Pemegang role ini disebut Screenwriter. Berikut adalah skrip dari salah satu scene dalam Kung Fu Panda 2
Spoiler for :
2. Storyboarding
Setelah naskah selesai, naskah tersebut lalu dioper ke storyboard artist. Mereka akan memvisualisasikan kejadian dalam naskah menjadi sketsa, atau semacam komik. Jika produser dan sutradara menerima, sketsa-sketsa tadi akan dibawa ke dunia digital lalu dirangkai untuk membuat pandangan dasar tentang jalannya cerita yang mereka sebut sebagai "Story Reel", mirip seperti flip-book animation. Proses ini dapat memakan waktu sekitar 18 bulan
Spoiler for :
3. Visual Development
Setelah story reel selesai, para artist mulai untuk memvisualisasikan bagaimana film akan terlihat, Seluruh hal diperhitungkan, mulai dari karakter utama sampai benda-benda kecil yang ada dilatar.
Spoiler for :
4. Casting
Setelah storyboard selesai, desain karakter dan benda selesai, hal selanjutnya adalah mencari pengisi suara yang tepat. Karena karakter didesain terlebih dahulu, maka pemilihan voice actor menitik beratkan pada suara mereka, bukan berdasarkan penampilan mereka. Para aktor direkam sebelum proses animasi dimulai.
Spoiler for :
5. Stereo 3D
Sejak 2009, dimulai dari Monsters vs Aliens, Dreamworks telah memulai untuk membuat film dengan format stereo 3D. Teknik pembuatan gambar 3D memerlukan pengembangan dari teknik sebelumnya yang pada dasarnya menggunakan 2 kamera pada saat yang bersamaan. Penggunaan stereo 3D menguatkan efek yang dirasakan penonton saat pemutaran film.
Spoiler for :
6. Modeling
Desain karakter kemudian dijadikan objek 3D oleh modeler. Pada modeler dan art departement berkolaborasi agar dicapai objek 3D yang di inginkan. Setelah desain 3D karakter selesai, desain ini lalu dioper untuk di-rig
Spoiler for :
7. Rigging
Rigging merupakan proses untuk menjadikan karakter tadi dapat digerakkan. Karakter diberi tulang, otot dan lemak dan riggers yang menentukan bagaimana realis karakter tersebut. Setiap bagian tubuh, wajah, rambut, dan pakaian dari karakter dikonfigurasi sehingga karakter sudah bisa digerakkan dan di-pose, seperti boneka digital.
Spoiler for :
8. Layout
Layout terbagi dua, Rough Layout dan Final Layout.
Rough Layout bertugas untuk membuat lingkungan 3D (3d Environment) berdasarkan storyboard tadi. Mereka juga bertugas untuk menempatkan kamera virtual dan pergerakannya, bersamaan dengan tahap awal dari animasi karakter. Rough layout juga yang menciptakan sinematografi dalam film.
Setelah rough layout diterima oleh sutradara, Final Layout artist kemudian mengganti objek dasar tadi dengan objek final (final asset) yang lalu dioper untuk character animation. Setelah character animation selesai, final layout bertugas lagi untuk "memoles" dan merevisi pergerakan dari kamera tadi
Spoiler for :
9. Character Animation
3D scene dari final layout diberikan kepada animator, kemudian para karakter diberi animasi dan disinkronkan dengan hasil voice acting sebelumnya. Namun, proses belum selesai.....
Spoiler for :
10. Surfacing
Objek awal untuk karakter dan benda memiliki tekstur rata dan berwarna abu". Maka tugas surfacer untuk memberi tekstur dan warna kepada benda atau karakter. Terkadang, untuk scene tertentu karakter akan memiliki noda, rambut basah, atau bekas kaki, maka para surfacer harus mengubah (mengkustomisasi) karakter tersebut sehingga cocok dengan scene yang dimaksud
Spoiler for :
11. Effects
Setelah kamera selesai dan karakter telah diberi animasi, tahap selanjutnya adalah Effect. Dalam kebanyakan film live action, effect seperti api, ombak, dan daun berterbangan dapat dengan mudah ditangkap oleh kamera. Tetapi dalam animasi, semua itu dibuat oleh effect artist. "Jika itu bukan karakter, tetapi bergerak, itu adalah effect."
Spoiler for :
12. Lightning
Dipegang oleh Lightning artist, mereka bertugas untuk membentuk pencahayaan dalam scene. Cahaya adalah hal pertama yang kita lihat sehingga hal lain seperti karakter, rumput, effect, dan hal lainnya dapat terlihat, dan membuat mood dan atmosfir untuk mendukung scene. Pencahayaan juga yang menuntun penonton untuk melihat bagian penting dari film sehingga penonton melihat tepat kapan dan dimana para storyteller ingin mereka lihat. Setelah semua hal selesai, masuklah proses rendering sehingga didapatlah data berupa gambar yang akan diolah menjadi video/film yang kita lihat di layar
Spoiler for :
13. Sound FX
Suara latar dan backsound seperti suara kaki, gelas pecah, dll dibuat oleh sound designer dan foley artist untuk memperkaya jalannya cerita.
Lalu dibuatlah music score sebagai penguat setiap scene, sehingga bisa menuntun penonton kepada setiap aksi dan emosi yang ada dalam film
Spoiler for :
14. Final Mix
Semua hal, musik, dialog, dan SFX kemudian di-mix. Ambient, gema, dan posisi suara dalam film ditambahkan sehingga didapat versi final dari film
Spoiler for :
Quote:
Jadi begitulah proses pembuatan animasi yang dapat memakan waktu hingga 5 tahun untuk setiap judulnya. TS juga berharap agar suatu saat animasi Indonesia bisa sebaik animasi Hollywood.
Quote:
Beberapa video Behind the scenes :
Spoiler for Behind the scenes:
Featured : HTTYD1 Script, scoring session, foley artist at work.
Featured : Animators at work (character animation, layout, texturing, hair rigging)
Featured : Character animation, Layout (Matte Painting)
Featured : Animators at work (character animation, layout, texturing, hair rigging)
Featured : Character animation, Layout (Matte Painting)
Komentar Kaskuser
Spoiler for :
Quote:
First thread dari TS, mohon maaf kalau thread berantakan
Bila berkenan mohon
TS sangat menerima
Sekian dan terima kasih karena telah menjadi pembaca.
TS juga sangat menghargai komentar para pembaca
Diubah oleh arungjeram25 03-08-2014 05:15
tata604 memberi reputasi
1
5.4K
Kutip
39
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan