Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pengelanamayaAvatar border
TS
pengelanamaya
Tiga Hal Penting Jika UKM Ingin Membuka Toko Online
Banyak usaha kecil menengah (UKM) yang memulai e-commerce mereka dengan menawarkan produknya di toko online terkemuka semacam tokobagus.com, berniaga.com, lazada atau rakuten dan lainnya. Ada dua kerugian dari melakukan hal ini. Pertama konsumen akan berpikir bahwa mereka membeli produk toko buatan toko online tersebut, sehingga toko online itulah yang terkenal dan bukan usaha Anda. Kedua, ketika Anda menjual lewat toko online ada kemungkinan produk Anda tidak bisa menonjol dibandingkan yang lain. Terkadang bahkan produk Anda tidak ditampilkan di urutan pertama ketika pembeli mngetikkan kata pencarian di toko online itu. Karena itulah membuka toko online sendiri amat penting bagi identitas usaha dan produk Anda.

Tetapi sebelum Anda membuka toko online, berikut adalah tiga hal yang perlu diperhatikan.

Sebuah toko online tidak secara otomatis menghasilkan uang - Pertama Anda masih harus menawarkan produk yang menarik (entah dari segi harga, kenyamanan atau kebaruan), yang akan membuat para pembeli berdatangan ke toko online Anda. Kedua, Anda harus siap secara operasional dalam menangani pembelian dan tantangan menjalankan toko online, karena toko online beroperasi 24 jam dan dapat diakses dari berbagai negara.

Risau soal sistem pembayaran? Pakai saja yang mudah - Inilah mungkin kekhawatiran terbesar bagi usaha kecil, apalagi di Indonesia yang banyak terjadi penipuan. Solusinya pakailah sistem pihak ketiga macam IPAYMU. IPAYMU ini mirip paypai -bahkan sudah bekerjasama dengan paypai- sistem ini menghubungkan toko online Anda dengan 137 Bank lokal dan 21.000 jaringan ATM serta 4.000 kantor pos secara real time sehingga Anda bisa menerima pembayaran dan menarik tunai lewat jaringan tersebut. Andapun tak perlu mengetahui soal pemograman untuk melakukan hal ini. IPAYMU juga menyediakan rekening escrow yang akan menjamin baik pembeli dan penjual mendapatkan hak mereka. Terlebih lagi tak seperti paypai yang menyulitkan dalam hal verifikasi, IPAYMU amat mudah diverifikasi (tanpa perlu kartu kredit). Coba IPAYMU di SINI.

Teruslah mempromosikan produk Anda di Social Media- Media Sosial adalah cara yang hebat untuk terhubung dengan pembeli dengan membagikan kupon atau kode voucher, menuliskan berita terbaru tentang usaha Anda atau bahkan membagi foto suasana kantor Anda. Media sosial seperti Facebook dan Twitter juga dapat mendatangkan traffic (pengunjung) ke website toko online Anda. Sangat penting bagi UKM untuk memakai media sosial sebagai tambahan website toko online mereka.


Website Startup dan UKM
Diubah oleh pengelanamaya 10-07-2013 06:40
0
1.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan