Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

power101Avatar border
TS
power101
Terobosan SSD Tingkatkan Kapasitas


Kapasitas diperkirakan akan meningkat sepuluh kali lipat



Untuk membuat laptop setipis mungkin, sebagian besar dilakukan dengan mengganti penggunaan hard drive tradisional dengan ssd berbasis flash. Hal ini membuat kapasitas penyimpanan berkurang tapi harga yang dibayar meningkat. Micron dan Intel berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kedua perusahaan mengumumkan teknologi 3D NAND, sebuah variasi pada teknologi yang memungkinkan tempat penyimpanan super kecil yang dapat ditemui pada MacBook Air dan laptop super tipis lainnya. Teknologi ini menumpuk lapisan flash secara vertikal untuk meningkatkan kepadatan. Pengembangan ini datang tepat pada waktunya; metode produksi sebelumnya, dikenal dengan nama Planar NAND, sudah akan mencapai puncak potensinya.

Ketika melihat secara teknis, hasilnya akan didapati SSD dengan ukuran 2,5 inch hadir dengan kapasitas hingga 10TB, dibandingkan dengan kapasitas 1TB maksimum pada saat ini. SSD yang lebih kecil dibutuhkan untuk laptop yang super tipis. Walaupun tidak banyak yang didapatkan, tapi tetap meningkatkan kapasitas penyimpanan dari 512GB menjadi 3,5 TB.

Ini merupakan terobosan yang hebat dan kemungkinan akan sangat mahal untuk konsumen kebanyakan. Walaupun Intel dan Micron mengindikasikan akan ada 'efisiensi pada biaya produksi' dibandingkan dengan metode produksi sebelumnya, SSD tetaplah menjadi alternatif yang sangat mahal dibandingkan dengan pendahulunya. Menambahkan kapasitas penyimpanan pada MacBook Air 128GB ke 256GB akan menambah US$200 pada tagihan anda, dan itu hanyalah sedikit dari apa yang dapat ditawarkan oleh NAND.

Bahkan jika Anda tertarik untuk mengeluarkan uang ribuan dollar untuk mendapatkan 2,5TB, anda harus menunggu sebelum bisa mendapatkannya. chip 3D NAND belum akan diproduksi sampai mendekati akhir tahun ini, yang berarti konsumen belum akan melihat implementasinya pada perangkat sampai 2016, itupun waktu tercepatnya.

Tetap saja, penyimpanan flash yang lebih murah dan lebih efisien merupakan terobosan yang diperlukan, terutama ketika hidup kita akan lebih bergantung pada perangkat mobile dan tidak mempunyai tempat lagi. Lagipula, jika kita dapat menghemat ruang untuk SSD, kita akan bisa mendapatkan hal lain yang lebih diperlukan, yaitu baterai yang dapat bertahan seharian.

Sumber : http://satutekno.com/terobosan-ssd-t...kan-kapasitas/

Spoiler for Artikel Berkualitas Lainnya dari satutekno.com:
0
2.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan