Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sisipuzAvatar border
TS
sisipuz
10 Mega Proyek Termahal di Dunia (BTW, Indonesia kpn Gan?)
WELCOME MY THREAD


Slamat pagi-siang-malam Agan, kaliini ane mau brbagi pengtahuan ttg proyek spektakuler. lngsung aja disimak ya Gan:



1. International Space Station (Biaya: $157 Milliar)



The International Space Station (ISS) adalah fasilitas riset internasional yang dibangun di orbit bumi yang lebih rendah. pembangun stasiun tersebut dimulai pada tahun 1998 dan dijadwalkan selesai pada akhir tahun 2011. Stasiun ini diperkirakan beroperasi sampai akhir tahun 2015, dan mungkin sampai tahun 2020. Dengan ukuran yang besar dibandingkan stasiun ruang angkasa sebelumnya ISS dapat dilihat dari bumi dengan mata telanjang, dan merupakan satelit artificial terbesar yang pernah mengorbit bumi. ISS dipakai sebagai laboratorium riset yang menjadi lingkungan gravitasi rendah yang di dalamnya bisa dilakukan penelitian dalam bidang biolog, kimia, biologi manusia, fisika, astronomi, dan meteorologi. Stasiun tersebut mempunyai lingkungan khas untuk menguji sistem pesawat ruang angkasa yang diperlukan untuk misi ke bulan dan Mars. ISS dioperasikan oleh kru ekspedisi, dengan program stasiun yang mempertahankan kehadiran manusia di ruang angkasa sejak peluncuran ekspedisi 1 pada 31 Oktober 2000 lamanya sudah tahun 262 hari.

Negara : Kanada, European Space Agency, Jepang, Russia,
Amerika
Selesai dibangun : diperkirakan tahun 2011
Biaya : $157 Milliar



2. Bendungan Itaipu (Biaya: $27 Milliar)



Bendungan Itaipu adalah bendungan pembangkit listrik tenaga air di sungai Paraná yang berlokasi di perbatasan antara Brazil dengan Paraguay. Nama “Itaipu” berasal dari pulau kecil yang berada di dekat bendungan tersebut. Dalam bahasa Guarani, Itaipu bermakna “suara batu”. Pencipta lagu Amerika, Philip Glass juga menulis lagu simponi dengan nama Itaipu, yang dipersembahkan untuk bendungan tersebut.
Bendungan tersebut merupakan fasilitas listrik tenaga air besar yang membangkitkan 94.7 TWh pada tahun 2008 dan 91.6 TWh pada tahun 2009, sedangkan kapasitas pembangkit per tahun bendungan Three Gorges adalah 80.8 TWh pada tahun 2008 dan 79.4 TWh pada tahun 2009. Bendungan ini dikerjakan oleh pemerintah Brazil dan Paraguay di sungai Paraná di perbatasan antara kedua negara tersebut, 15 km (9.3 mi) utara jembatan Perbatasan. Proyek ini merentang dari Foz do Iguaçu, di Brazil, dan Ciudad del Este di Paraguay, di selatan sampai ke Guaíra dan Salto del Guaíra di utara. Kapasitas pembangkit yang terpasang adalah 14 GW, dengan 20 unit pembangkit yang menghasilkan 700 MW pada masing-masing pembangkit dengan. Pada tahun 2008 pembangkit tersebut menghasilkan 94.68 milliar kWh, menyuplai 90% energi yang dikonsumsi oleh Paraguay dan 19% yang dipakai oleh Brazil.
• Negara : Brazil, Paraguay
• Selesai dibuat : Tahun 1984
• Biaya : $27 Milliar

Video:
[YOUTUBE]


3. Bendungan Three Gorges (Biaya: $25 Milliar)



Bendungan Three Gorges adalah bendungan pembangkit listrik tenaga air yang merentang sungai Yangtze dengan kota Sandouping yang berlokasi di kota Yiling Distrik Yichang, di propinsi Hubei. Bendungan Three Gorges merupakan pembangkit listrik terbesar di dunia.
Bangunan bendungan selesai pada tahun 2006. Disamping untuk pengangkat kapal, komponen proyek awal direncanakan selesai pada 30 Oktober 2008 ketika generator ke-26 mulai dioperasikan. Masing-masing generator mempunyai kapasitas 700 MW. Enam generator tambahan yang berada di bawah tanah direncanakan beroperasi penuh pada tahun 2011.
• Negara : China
• Selesai dibangun : Diperkirahan tahun 2011
• Biaya : $25 Milliar

Video:
[YOUTUBE]


4. James Bay Project ( Biaya: 13,8 milliar)



Proyek James Bay merujuk pada konstruksi yang dibuat Hydro-Québec yang dipunyai negara berupa serangkaian station listrik tenaga air di Sungai La Grande di barat laut Quebec, Kanada, dan pengalihan sungai-sungai menuju tempat terakhir di Sungai La Grande. Proyek ini terdapat di antara James Bay sampai barat dan Labrador ke timur dan aliran sungainya dari pegunungan Laurentian di Kanada. Proyek ini memakan area seluas New York dan merupakan salah satu sistem listrik tenaga air terbesar di dunia. Proyek ini memakan biaya mencapai $13 milliar US dan mempunyai kapasitas generator sebesar 16.000 megawatts, tiga kali lebih besar dibandingkan dari semua station tenaga listrik yang terdapat di air terjun Niagara, delapan kali tenaga Hoover Dam, dan dua kali lebih tenaga semua delapan unit reaktor di Bruce Nuclear Generating Station, yang terbesar di Amerika Utara. Jika ditambahkan ditambah proyek James Bay II, maka sistem tersebut akan dapat menggerakkan total 27,000 MW, yang menjadikannya sebagai sistem listrik tenaga air terbesar di dunia.
• Negara : Kanada
• Selesai dibangun : Tahun 1972
• Biaya : 13.8 billion

Video:
[YOUTUBE]


5. CVN-78 Class Aircraft Carrier (Biaya: $8,1 Milliar)



The CVN-78-class aircraft carriers (atau Ford-class) adalah kelas pembawa raksasa yang direncanakan untuk angkatan laut Amerika, yang menggantikan kapal pembawa sekelas Nimitz. Kapal baru ini akan menggunakan desain lambung kapal yang sama dengan kapal pembawa Nimitz, disamping juga terdapat aspek desain yang berbeda, yang akan menerapkan teknologi baru yang telah dikembangkan sejak desain pada kelas kapal pembawa pertama (seperti Electromagnetic Aircraft Launch System), juga tampilan desain lain yang dimaksudkan untuk meningkatkan efesiensi biaya dengan persyaratan awak kapal yang dikurangi. Lambung kapal pertama dari jenis ini dinamakan Gerald R. Ford, dan akan mempunyai nomor lambung CVN-78.
• Country : United States
• Selesai dibuat : Diperkirakan tahun 2015
• Biaya : $8,1 Milliar

Video:
[YOUTUBE]


6. Jalur Pipa Alaska (Biaya: $8 Milliar)



Trans-Alaska Pipeline System (TAPS) atau sistem jalur pipa trans Alaska yang melibatkan jalur pipa trans-Alaska, 11 stasiun pompa, beratur-ratus mil pipa, dan Valdez Marine Terminal. Terkenal disebut dengan Jalur Pipa Alaska, Jalur Pipa Trans Alaska, atau Jalur Pipa Alyeska, (atau jalur pipa seperti yang merujuk pada Alaska), anama yang digunakan untuk 800.302 les (1,287.961 km) pipa dengan diameter 48 inci (122 cm) yang menyalurkan minyak dari Prudhoe Bay ke Valdez, Alaska. Pipa minyak mentah secara pribadi dimiliki oleh Alyeska Pipeline Service Company.
Jalur pipa tersebut dibangun antara tahun 1974 dan 1977 setelah krisis minyak tahun 1973 yang menyebabkan kenaikan harga minyak di Amerika. Kenaikan harga ini menjadikan eksplorasi ladang minyak Prudhoe Bay secara ekonomis dimungkinkan. Lingkungan, hukum dan perdebatan politik mengikuti pencarian minyak di Prudhoe Bay pada tahun 1968, dan jalur pipa dibangun hanya setelah krisis minyak yang melahirkan undang-undang yang didesain untuk menghapus penolakan hukum terhadap proyek tersebut.
• Negara : Amerika
• Selesai dibuat : Tahun 1977
• Biaya : $8 Milliar

Video:


7. Reaktor Nuklir Olkiluoto (Biaya: $7.2 Milliar)



Reaktor Nuklir Olkiluoto ada di pulau Olkiluoto, yaitu di pantai Bothnia in di kota Eurajoki Finlandia Barat. Reaktor tersebut merupakan salah satu dari dua reaktor nuklir Finlandia, selain reaktor VVER Loviisa.
Reaktor nuklir Olkiluoto terdiri dari dua BWRs dengan masing-masing 860 Mwe, yang disuplai poleh ASEA-Atom, yang sekarang menjadi bagian dari Kelompok ABB. Reaktor tersebut dioperasikan oleh Teollisuuden Voima, cabang dari Pohjolan Voima. Unit yang ketiga, yaitu EPR (European Pressurized water Reactor) adalah sedang dibangun, tetapi terdabat banyak problem berkenaan dengan para tenaga kerjanya dan pengawasan yang ditunda karena mahal, dan sedang diteliti regulator nuklir Finlandia, STUK. Izin pembangunan reaktor keempat di tempat itu diberikan oleh Parlemen Finlandia pada bulan Juli 2010.

• Negara : Finlandia
• Selesai dibuat : diperkirakan tahun 2012
• Biaya : $7,2 Milliar

Video:
[YOUTUBE]


8. ITER – Experimental Fusion Reactor (Biaya: $6,5 Milliar)



ITER - International Thermonuclear Experimental Reactor adalah proyek riset tokamak (fusi kurungan magnetis/magnetic confinement fusion) yang dapat membenatu melakukan transisi dari studi plasmafisik sekarang menuju tenaga fusi yang menghasilkan listrik di masa depan
ITER melakukan riset dengan perangkat seperti DIII-D,EAST, ADITYA, KSTAR, TFTR, ASDEX Upgrade, Joint European Torus, JT-60, Tore Supra dan T-15.
• Negara : China, Uni Eropa, India, Jepang, Russia,
Korea Selatan, Amerika
• Selesai Pembuatan : Diperkirakan tahun 2016
• Biaya : $6.5 Milliar

Video:


9. Large Hadron Collider (Biaya: $6 Milliar)



The Large Hadron Collider (LHC) adalah akselerator partikel energi tinggi yang terbesar di dunia. Diperkirakan nantinya akan mengarah pada pertanyaan mendasar tentang fisika, dan menjadi tantangan pemahaman kita tentang hukum alam terdalam.
LHC berada di terowongan sejauh 27 Km (17 mil), sedalam 175 meter (574 kaki) di bawah Perbatasan Perancis-Swiss, dekat Jenewa Switzerland. Sinkroton ini didesain untuk menumbukkan sinar partikel proton yang berlawanan pada energi 7 teraelectronvolts (1.12 microjoules) per partikel, atau memberikan nuclei pada energi 574 TeV (92.0 µJ) per nucleus. Istilah hadron menunjukkan partikel yang dikomposisikan dari quarks.
• Negara : Switzerland
• Selesai dibuat : Tahun2008
• Biaya : $6 Milliar

Video:
[YOUTUBE]


10. Jembatan Oresund (Biaya:$6 Milliar)



Jembatan Øresund atau Öresund Bridge adalah gabungan antara jalur real kereta api dan terowongan empat jalur jalan raya yang melintasi selat Öresund. Jembatan Øresund menghubungkan Swedia dengan Denmark, dan merupakan jembatan terpanjang di Eropa. Jembatan Øresund juga menghubungkan dua Area Metropolitan utama, yaitu ibukota Denmark, Kopenhagen dan kota utama Swedia, Malmö. Jembatan Øresund juga menghubungkan jalan raya negara-negara Skandinavia dengan jalan raya negara-negara di Eropa Tengah dan Eropa Barat.

Nama Resmi : Øresundsbroen, Öresundsbron
Lokasi : Copenhagen, Denmark and Malmö, Sweden
Perancang : Georg Rotne
Desain : Jembatan Kabel
Total Panjang : 7,845 meter (25,738 ft)
Lebar : 23.5 meter (77.1 ft)
Rentang Terpanjang : 490 meteres (1,608 ft)
Biaya : $6 Milliar
Negara : Denmark, Sweden
Selesai Pembuatan : Tahun 2000

Video:
[YOUTUBE]


[YOUTUBE]


SEMOGA BERMANFAAT BUAT AGAN DAN SEMOGA ADA YG NGLMPAR emoticon-Blue Guy Cendol (L)

JGN LUPA DIKOMEN YA GAN

SUMBER
0
9.2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan