Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

h2ssurvivalAvatar border
TS
h2ssurvival
Jalur Pendakian Gunung Lawu Via Cetho


* Sekilas tentang Gunung Lawu.

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3265Mdpl. Gunung Lawu sendiri merupakan gunung yang sudah lama tidak aktif. Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Gunung lawu memiliki tiga puncak. Yaotu Hargo dalem, Hargo dumiling, dan Hargo dumilah sebagai titik tertinggi Gunung Lawu.

* Jalur pendakian Gunung Lawu via Cetho.

1. Candi Cetho.

Candi cetho merupakan Candi Hindu. Terlihat dari adanya lingga dan yoni sebagai ciri khas candi-candi hindu. Untuk menuju ke Candi Cetho harus pada siang hari. Karena angkutan umum dari pasar Karang pandan hanya sampai siang hari. Sesampainya diCandi Cetho, biasanya pendaki hanya membayar retribusi masuk kawasan wisata candi Cetho. Apabila membawa kendaraan sendiri bisa dititipkan dirumah warga.

2. Pos 1 jalur pendakian Gunung Lawu via Cetho.

Dari depan loket pembayaran retribusi masuk kawasan Candi Cetho kita berjalan kearah kiri sampai mentok dipertigaan dan berbelok kekanan (atas). Melipir disamping candi Cetho. Sampai ahirnya menemui beberapa candi. Seperti candi Kethek dan Puri.
Terus saja mengikuti jalanan disamping kiri candi-candi tersebut. Hingga menemui hutan pinus dan perkebunan warga. Jalur masih lumayan jelas karena ada beberapa jejak bekas kendaraan.
Sekitar 1 jm kita sampai di Pos 1 jalur pendakian Gunung Lawu via Cetho.

3. Pos 2 jalur pendakian Gunung Lawu via Cetho.

Selanjutnya mesan mulai menanjak dengan vegetasi hutan heterogen yang masih lumayan rapat. Apalagi dimuaim penghujan jalur ini berlumpur dan licin.
Pohon-pohon besar masih banyak dijumpai disepanjang jalur pendakian. Terkadang disalah satu pohon besar yang berada dipersimpangan dibalutkan kain khas dari agama hindu. Biasanya bercorak kotak-kotak dengan warna hitam-putih seperti papan catur. Sekitar 1-2 jam anda akan sampai di Pos 2 jalur pendakian Gunung Lawu via Cetho.

4. Pos 3 jalur pendakian Gunung Lawu via Cetho.

Perjalanan dilanjutkan menuju Pos 3 jalur pendakian Gunung Lawu via Cetho. Jalan yang dilalui bertambah menanjak dengan vegetasi yang tidak jauh berbeda. Kecuali setelah dekat dengan Pos 3 barulah sedikit terbuka dengan Akasia sebagai tumbuhan yang dominan. Sekitar 1-1,5 jam sampailah kita...

baca selengkapnya disini
0
4K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan