Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hpmr.heruAvatar border
TS
hpmr.heru
5 Hal yang hanya bisa kamu lihat di Bali
Ini thread pertama ane gan,,, berdasarkan pengalaman liburan ke Bali tanggal 9-13 November 2013 kemaren, Oleh-oleh spesial buat agan sekalian salam kenal pertama dari ane selaku newbie

5 hal yang hanya bisa agan lihat di Pulau dewata, Bali
1. Gadis berkebaya membawa Canang, Orang Bali menghaturkan canang untuk sembahyang/mebanten sehari 2kali, pagi dan sore. Sebagai persembahan kepada Sang Hyang Widi Wasa. Isinya biasanya ada bunga, permen dll.
Spoiler for Manis:


2. Bule telanjang dada. Eits, jangan hanya memanjakan mata kaum lelaki, tetapi juga mata kaum wanita, biar adil coyyyy....
Spoiler for Seger:

Spoiler for Aselole:


3. Anjing Kintamani. Anjing yang terkenal, bahkan saking eloknya, ia sampai dibuatkan lagu oleh grup band Shaggy Dog asal Jogjakarta, begini lariknya: jing anjing anjing anjing kintamani/ beli dari pulau bali/jing anjing anjing anjing kintamani/ senyumnya manis sekali. Nah, bisa bayangkan gimana Anjing senyum? beberapa tahun lalu karena wabah rabies, banyak Anjing Kintamani yang ditembak mati serta dagingnya dibagi-bagikan kepada penduduk setempat.
Spoiler for Awas digigit:


4. Pemakaman Desa Trunyan. Umumnya, di daerah Bali, orang yang meninggal dikubur atau dibakar (ngaben). Namun, sangat berbeda halnya dengan penerus darah keturunan Bali Aga di Desa Trunyan. Orang yang meninggal bukan dimakamkan atau dibakar, melainkan dibiarkan hingga membusuk di permukaan tanah dangkal berbentuk cekungan panjang.
Posisi jenazah berjejer bersanding dengan yang lainnya, lengkap dengan pembungkus kain sebagai pelindung tubuh di waktu prosesi. Tampak hanya bagian muka dari celah bambu "Ancak Saji". Ancak Saji merupakan anyaman bambu segitiga sama kaki yang berfungsi untuk melindungi jenazah dari serangan binatang buas.
Untuk pemakaman, tidak semua orang bisa menyemayamkan atau mapasah jenazah di kuburan Trunyan. Sebab, pemakaman itu dikhususkan hanya untuk orang yang dianggap bersih. Seperti mati tua tapi yang sudah berkeluarga. Tetapi mati tua tapi belum pernah nikah tidak boleh. Begitu juga mati akibat kecelakaan juga tidak boleh. Di area pemakaman ada 3 lokasi pemakaman/kuburan bagi masyarakat Trunyan. Lokasi pertama adalah dibawah pohon Taru Menyan, dimana jenazah tidak dikubur dalam tanah, melainkan hanya dibungkus kain dan kepala serta wajahnya terlihat di permukaan tanah. Mayat tidak berbau selama proses pembusukan. Diyakini, bau busuk itu diserap oleh pohon besar bernama Taru Menyan. Pohon taru menyan ini sejenis pohon beringin. Menurut cerita warga sekitar, saat itu ada mayat yang baru berumur 1 bulan, kulit wajahnya menghitam dan memang tidak berbau. Kuburan di lokasi pertama diperuntukkan bagi orang yang meninggal wajar (karena sudah tua), dulunya tidak pernah sakit keras ataupun kecelakaan. Sedangkan lokasi lainnya diperuntukkan untuk kuburan anak-anak dan orang yang meninggalnya karena sakit atau kecelakaan.
Pada pemakaman trunyan hanya terdapat 11 makam yang digunakan untuk 11 jenazah, apabila akan ada jenazah yang ingin dimakamkan, maka jenazah yang lama, digantikan dengan jenazah baru tersebut, dan jenazah yang lama di pindahkan di tempat lain tetapi masih berada di area pemakaman.
Spoiler for Rumah terakhir:


5. Monumen Bom Bali dan Penginapan daerah Poppies II
Monumen Bom Bali untuk memperingati peristiwa meledaknya bom pada malam tahun baru di tiga tempat sekaligus yakni di Kuta, Legian, dan Jimbaran. Monumen tersebut dibuat persis berseberangan dengan TKP di sekitaran Poppies II. Kata teman ane, Poppies II sendiri dikenal sebagai salah satu tempat remang-remang di bali, semacam pasar kembang di Yogyakarta. Tapi ane juga belum buktikan sich gan
Spoiler for Jangan Terulang lagi:

Spoiler for Mau kesini lagi:
Diubah oleh hpmr.heru 21-11-2013 03:29
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
24.6K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan