fadlifuadAvatar border
TS
fadlifuad
Saudara Orangutan Borneo yang Diambang Kepunahan

Bissmillahirrahmanirrahim...Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Datang dithread ane emoticon-Malu (S)
Semoga bermanfaat emoticon-I Love Kaskus (S)


Terimakasih buat Mimin, Momod dan Kaskuser thread ane jadi HT
Spoiler for HT:



Spoiler for cek:

Orangutan Sumatera adalah jenis orangutan yang paling terancam di antara dua spesies orangutan yang ada di Indonesia. Dibandingkan dengan 'saudaranya' di Borneo, orangutan Sumatera mempunyai perbedaan dalam hal fisik maupun perilaku.

Spesies yang saat ini hanya bisa ditemukan di propinsi-propinsi bagian utara dan tengah Sumatera ini kehilangan habitat alaminya dengan cepat karena pembukaan utan untuk perkebunan dan pemukiman serta pembalakan liar. Terdapat 13 kantong populasi orangutan di pulau Sumatera.

Dari jumlah tersebut kemungkinan hanya tiga kantong populasi yang memiliki sekitar 500 individu dan tujuh kantong populasi terdiri dari 250 lebih individu. Enam dari tujuh populasi tersebut diperkirakan akan kehilangan 10-15% habitat mereka akibat penebangan hutan sehingga populasi ini akan berkurang dengan cepat.

Menurut IUCN, selama 75 tahun terakhir populasi orangutan Sumatera telah mengalami penurunan sebanyak 80%. Dalam kurun waktu 1998 da 1999, laju kehilangan tersebut dilaporkan mencapai sektar 1000 orangutan per tahun dan terdapat di Ekosistem Leuser, salah satu luasan hutan terbesar di bagian utara Pulau Sumatera.

Saat ini populasi orangutan Sumatera diperkirakan hanya tersisa sekitar 6.500-an ekor (Rencana Aksi dan Strategi Konservasi Orangutan, Dephut 2007) dan dalam IUCN Red List edisi tahun 2002, orangutan Sumatera dikategorikan Critically Endangered atau sudah sangat terancam kepunahan.


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Dari data terakhir yang dimiliki oleh ANTARA SUMUT, populasi Orangutan Sumatra diperkirakan hanya tinggal 6.624 individu dan termasuk salah satu spesies yang sangat terancam punah.
Untuk menghentikan terus terjadinya penurunan jumlah populasi orangutan di hutan sumatera maka perlu adanya tindakan nyata dari pemerintah dan masyarakat.
Quote:



Spoiler for source:

Demikian thread sederhana ane.
Jika bermanfaat boleh Rekomendasikan HT
Ane sangat mengharapkan cendul nya gan emoticon-Cendol (S)




Diubah oleh fadlifuad 18-03-2015 00:58
0
63.9K
559
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan