Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gotripsAvatar border
TS
gotrips
Tips ke Gunung Bromo yang Harus Anda Ketahui


Wisata Gunung Bromo adalah salah satu bagian yang membentuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, memiliki ketinggian 2.392 meter dpl. Gunung ini merupakan gunung api aktif, dikeliling lautan pasir seluas 10 km2. Suhu udara di puncak Gunung Bromo dapat mencapai 2º hingga 20º Celcius. Kondisi ini adalah bagian unik yang ada di salah satu tempat paling menarik di Jawa Timur ini. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk menikmati salah satu tempat wisata gunung terbaik di Indonesia ini. Semoga tips ke Gunung Bromo ini bermanfaat.

Selain itu, Anda harus dapat merencakan waktu kedatangan yang tepat untuk melihat panorama matahari terbenam di Gunung Bromo. Maka, pilihan rute perjalanan yang efektif akan sangat berguna. Perlu diketahui, terdapat beberapa rute perjalan untuk dapat sampai di Gunung Bromo. Misalnya Rute Pasuruan – Warung Dowo – Tosari – Wonokitri – Gunung Bromo, jarak perjalanan 71 km. Ada juga rute Malang – Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – Gunung Bromo, jarak perjalanan 53 km.

Tips ke Gunung Bromo

1. Rencanakan perjalanan anda

Pada musim padat pengunjung, Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan penginapan, hotel, atau guesthouse yang ada di sekitar wisata Gunung Bromo. Perencanaan jauh hari akan sangat berguna dalam hal ini. Juga, Anda mungkin akan menjajal beberapa kegiatan wisata gunung di sana, misalnya berkuda atau menaiki mobil jeep. Maka, kesiapan uang tunai dalam jumlah cukup akan mendukung rencana wisata Anda di Gunung Bromo.

2. Pilihan waktu ke Gunung Bromo

Waktu terbaik untuk mengambil perjalanan wisata ke Gunung Bromo adalah pada medio Juni – Oktober. Periode bulan ini adalah musim kemarau di daerah Gunung Bromo. Dengan demikian, Anda dapat melakukan eksplorasi wisata Gunung Bromo secara lebih leluasa, memberi rasa aman dan kenyamanan dalam perjalanan wisata tersebut. Namun, kunjungan wisata Gunung Bromo juga memperlihatkan statistik yang cukup ramai pada periode waktu selain Juni – Okteber.

3. Siapkan uang tunai yang cukup

Tidak ada mesin ATM untuk menggesek kartu tabungan atau kartu financial Anda di Gunung Bromo. Oleh karena itu, bawalah uang yang cukup untuk membiaya rencana wisata dan kegiatan Anda selama di Gunung Bromo.

4. Perlengkapan pribadi

Di puncak Bromo, kondisi udara akan sangat dingin. Anda harus membawa jaket yang efektif menahan hawa dingin. Pada suhu terendah, rasa dinginnya bahkan dapat menusuk tulang. Beberapa lembar kaos tebal mungkin akan Anda sukai untuk membalut tubuh sebagai tambahan jaket penahan dingin tersebut. Juga, pilihan membawa syal, topi, dan sarung tangan akan sangat berguna terutama bagi Anda kaum perempuan. Jangan gunakan sandal, pakailah sepatu saat menaiki Gunung Bromo. Senter dan masker akan berguna saat Anda berada di kawasan puncak Gunung Bromo. Terlebih, jika Anda ingin berkuda atau menaiki jeep di sana.

Source
Diubah oleh Kaskus Support 03 25-03-2015 11:21
0
5.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan