mat_indonAvatar border
TS
mat_indon
Rupiah rontok bukan salah Jokowi, tapi SBY 10Th Nothing to do
BI asyik main valas ketimbang kendalikan moneter
Rupiah rontok bukan salah Jokowi, tapi SBY 10Th Nothing to do
Sabtu, 14 Maret 2015 20:02 WIB



lensaindonesia..com: Nilai kurs rupiah rontok hingga melewati kisaran Rp13 ribu per US Dollar bukan disebabkan keadaan ekonomi nasional yang saat ini dipimpin Presiden Jokowi.

“Tidaklah mungkin kejatuhan rupiah terjadi begitu saja tanpa sebuah hasil kerja ekonomi nasional yang terjadi dari masa lalu,” ungkap Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja BUMN
Bersatu, Arief Poyuono, SE kepada LICOM, Jakarta, Sabtu (14/3/15).

Menurutnya, perlu dicatat bahwa hutang luar negeri melesat hingga kisaran 2700 trilyun itu terjadi pada era SBY. Ini karena banyaknya SUN dan Obligasi pemerintah yang dijual
murah murah dengan bunga tinggi karena adanya mafia fee SUN dan Obligasi di era SBY.

“Hubungan antara hutang luar negeri dan nilai kurs mata uang suatu negara sangatlah kuat hubungannya untuk kejatuhan nilai kurs mata uang negara penghutang,” katanya.

Pengunaan hasil SUN dan Obligasi diera SBY tidak digunakan secara baik. Sebaliknya, kata Poyuono, hanya untuk bancaan para koruptor melalui proyek proyek infrakstrutur dan
menyuburkan mafia impor minyak.

“Hari ini, Jokowi telah diwarisi kehancuran ekonomi oleh SBY dengan tandai beras mahal, gas elpiji langkah dan mahal, nilai kurs rupiah jeblok dan hutang negara bertumpuk,” tandasnya, “SBY 10 Tahun Nothing to do.”

Hal ini, kata dia, makin jelas ketika laporan BPK bahwa banyak penyelewengan APBN diera SBY dan para koruptor APBN dan APBD yang tinggal tunggu dieksekusi.

Harga beras mahal hari ini, Poyuono yang juga politikus Partai Gerindra ini menilai, juga akibat kegagalan SBY selama sepuluh tahun menjadikan negara yang berswasembada pangan.

“Bukan karena Jokowi yang tidak bisa memenej kebutuhan pangan nasional, sehingga Indonesia yang terkenal negara agraris justru menjadi negara pengimpor pangan terbesar di Asia
yang menambah beban makin terperosoknya nilai kurs rupiah,” papar Poyuono.

Lalu, lanjutnya, selama SBY berkuasa semua anggaran yang diarahkan untuk program perbaikan infrastruktur pertanian untuk menuju swasembada pangan kemana saja?

Karena itu, Poyuono pesimistis, kalau Jokowi effect akan memberikan perbaikan ekonomi dan penguatan rupiah dalam waktu singkat. “Apalagi saat Jokowi memimpin, keadaan ekonomi Amerika serikat sedang bagus-bagusnya setelah krisis tahun 2008. Tim ekonomi Jokowi masih belum kelasnya dan pengalaman cukup untuk menanggani keadaan ekonomi nasional yang hampir hancur oleh SBY,” katanya lagi.

Perimbangan itu, Jokowi harus lebih kerja keras dan mulai berani untuk melakukan kontrol yang lebih ketat terhadap semua transaksi ekpor dan impor serta hutang luar negeri swasta dan mengunci capital outflow dana asing dengan kebijakan yang tepat.

“Serta memberikan kemudahan bagi industri yang berbahan baku lokal untuk lebih berkembang dengan pajak khusus dan kemudahan ekspor.”

Orang nomer satu di lembaga yang klaim organisasi buruh BUMN ini, menilai, “Bahwa jatuh nilai kurs rupiah juga tidak lepas dari peran BI yang berperan sebagai pemain vallas bukan berfungsi sebagai pengendali moneter.” Artinya, BI juga ikut menanggung dosa.

@licom_09

[URL="http://www.lensaindonesia..com/2015/03/14/rupiah-rontok-bukan-salah-jokowi-tapi-sby-10th-nothing-to-do.html"]SUMBER[/URL]

Menurut ane, terlepas rendahnya nilai tukar Rp adalah warisan pemerintahan sebelumnya, mata uang dunia selain dollar memang sedang rontok, kalah dengan keperkasaan dollar.
Ane masih inget September thn 2011 ketika orang2 tergila-gila dengan kenaikan emas, tiba-tiba emas terejrembab karena kalah kuat dengan USD. Emas yang tadinya safe haven, selama 11 tahun dari 2000-2011 selalu naik (kecuali 2008 saat krisis subprime mortgage), sementara orang2 mengira emas akan menembus angka USD 2000/troy ounce, tiba-tiba jatuh ke 1500an USD setelah menyentuh 1800an USD per 1 troy ounce! Ane saja nggak nyangka USD sedemikian kuatnya waktu itu.

Mari kita simak apa kata Dr. Rizal Ramli:|
Rizal Ramli: Jokowi Dapat ''Warisan Busuk'' dari SBY

Spoiler for Rizal Ramli said:



Komentar kaskuser terpilih:

Quote:


Ternyata cuma sedikit orang yang bisa melihat dengan jernih. Ente bener2 cerdas gan seoularia emoticon-Big Grin
Diubah oleh mat_indon 16-03-2015 04:30
0
15.5K
223
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan