[CHAPTER-22/29 des 2014] ARGOPURO INDEED HISTORICAL TRACK _via baderan-bremi
TS
mamobp87
[CHAPTER-22/29 des 2014] ARGOPURO INDEED HISTORICAL TRACK _via baderan-bremi
kacang2, mizone2, tes, tes tes..1.2.3
Assalamualaikum wr.wb
Salam sejahtera untuk kita semua
argopuro ... salahsatu gunung yang bikin saya mupeng, bukan karena trek yang panjang nya lebay se jawa tapi karena di argopuro kita bisa bertamasya kegunung sambil bermain sejarah,, trip ini terusan aja kari trip temen2 pas keraung karena abis turun pada pengen ke dempo tapi apa mau dikata rumput argopura lebih ijo dibanding dempo dan akhirnya temen2 pada sepakat ke argopuro walaupun sebagian personil pada mengundurkan diri dan ada juga yang ke dempo. awalnya sih TS galau mau jadi ikut apa ndak baru h-2 akhirnya deal ke bpk bos untuk cuti. newbie bisa ikut trip sespuh buat treking agropuro, yang katanya masih asri sama masih wild, (tapi emang bener, edelwis d mana2, monyet banyak, ada merak tapi cuma baru lait bulunya doang, udah ktm tapak kucing gede ama kotoran)
Argopuro ( Gunung dengan trek terpanjang se-pulau jawa ) salah satu gunung dalam kawasan dataran tingi hyang yang untuk treking total treknya kira - kira 40km - 63km tergantung lewatmana, secara umunya ada 3 jalur, via baderan, via bremi dan via jember, untuk via jember paling lama estimasi waktu bisa 7hari kalau santai. kalau yang lain bisa 3-5hari tergantung fisik dan target.
kebetulan kelompok ane berencana berangkat via baderan buat naik dan turun via bremi, Baderan terletak di Besuki, Situbondo, sedangkan Bremi terletak di Probolinggo. dengan estimasi 4Hari 3malam, maklum kuli2 buruh jadi kalau lama2 bisa berabe,,,
Spoiler for tim hura2:
untuk anggotanya sebenarnya awalnya ada banyak tapi yang tersisa tinggal 7+4 orang
(om wito, bismi AM, mbah wongso, kudil, mbak ade, mbak yuni, mbak putri, mbak atiah , om bontox, fahmi, TS, sama sesepuh bksda baderan)
Quote:
--22/12/2014-- (The Day)
abis pulang nguli TS packing ulang barang2 yang mau dibawa, sama bikin ktp buat emen TS , berhubung meting poin d st.Pasar senen jm 21.00, makaTS berangakt dari cilegon jm 07.00 naik bis p**m*jasa (25rb) ya untung2 kalo sampai senen ikut klo ngak ya batal deh sambil d bis dagdig duk nyame apa ndak,,,, alhmdlh sampai di pintu tol tomang jam 21.00 langsung deh jalan cepet sambil lari ke flyover tomang buat nyari ojek (35rb, biasanya 20-30rb tergantung nego) untung ketemu tukang ojek yang sigap, jalan motornya bikin dedgdeg ser.. sampe di depan st. senen ketemu sama para senior2 dan master2 dan sebagai newbe sungkem dulu ama master2. berhubung dari pulang belom makana,, ts sempetein dulu bungkus nasi padang di depan st.senen enak nasi padang udah langganan ts klo k st senen. setelah itu chek in buat boarding dan pas teng jm 22.30 take off Progo air ke jogja (50rb+ppn/h).
Spoiler for kereta:
masih d kereta progo
-- 23/12/2014 -- (pindah kereta)
jam 07.00 klo gak salah progo air landing di lempuyangan, karena kita mau nerusin ke purbolingo ama kereta yang lain maka kami melipir ke warung yang didalam st. lempuyangan. karena nunggu kereta loganya masih lama kita sarapan dulu di deket st.lempuyangan soto di depan st lempuyagan. di sini ketemu ama rombongan tim yang menyusul juga om wito ama mbah wongso yang udah melalang buana di dunia per gunungan khusunya om wito yang udah terbukti udah punya gandengan.,, jm 08.30 kita semua lanjut ke purbolinggo naik logawa air (55rb) naik kereta ya gujes2 karena kesurabaya :P, pas d kereta pada sepokat niatnya mau beli maksi pecel madiun tapi pas berhenti d st.madiun tukang pecelnya udah d razia jadi gak ada, trus nahan laper sampai st.gubeng nyari deh makan ama master Bismi AM diluar st. pesan 6nasi pecel, 2 esteh +1 kopi. baru bungkus 3nasi. ternyata kita gak sadar kalo kertanay udah telat sampai d gubeng yang tadinya mau dikira di gubeng lama eh baru keluar telp temen keretanya udah mau jalan, alhasil langsung deh ambil 3nasi,2esteh+1kopi dari ibu pencjualnya trus lari kejar kereta untung masih sempet masuk kereta sambil ngos2an,dan kita makan bareng2 nasi perjuangan itu.
jm18.00 sampai lah di st purbolingo. dan dari sini si master2 ktm temenya yang abis touring sumba dari jakarta ya sambil nodong alat2 ama cemilan dia.... pas di st purbolingga kita di tawarin elf ac buat 11 orang langsung ke basecamp baderan (750rb) tapi baru jalan 6km sopirnya minta ganti mobil katanay gak pernah diajak buat naik (kayaknya sih modus itu si calo ama supir) , alhasil gantilah sama elef biasa non ac (y kayak d tipu aja ) ya nikmatin aja,,kan niatnya mau seneng2,),, kira2 jam 21.00 sampai d basecamp baderan. niatnya sih mau ngurus perijinan rumah di ketok2 gak ada jawaban,, ini pasti bapaknya udah tidur y dah kita tidur d kantor deket basecamp karena d basecamp udah ada rombongan dari jember yang mau naik juga besoknya.
Spoiler for basecamp :
st. purbolingo
tempat ngorok
-- 24/12/2014 --(its time trecking argopuro \m/(*_*)\m/ 24-27 Des 2014. (4H3M))
sesuai rencana kita berangkat pagi2 apa daya ngurus ijin juga agak lama, ya udah di manfaatin aja buat sarapan di warung depan tempat kita tidus (jam 06.00) , untuk ngurus ijinya butuh fotocopy ktp buat masing2 anggota team dana surat yang dibikin d bksda basecamp biaya Surat perijinan (biaya hari biasa 20rb/ hari libur 30rb/hari, dan uang team 20rb/team)
Spoiler for aturan baru:
Spoiler for ama bapak dan sarapan :
dirumah bapak
sarapan di warung dekt basecamp
abis ritual foto sama surat ijin di tangan + bekel makan siang siap jam 08.00 start dari basecamp baderan + ngojek sampai makadam katanya kalau jalan butuh waktu 3 jam ngojek /2 jam, (walau di suguhi pemandangan yang indah tapi siap2 jantung d pacu karena kanan jalur motor sudah jurang hehehe) beberapa kali TS dan temen ts turun dari motor coz susah jalanya...jalnya jalan sekitar 1 meteran jalan berbabtu dan agak landai,,
Spoiler for start makadam:
ngojek dulu
start makadam
jam 09.00 start sebelum makadam karena motor ndak bisa jalan jauh, jalan yang ditempuh cukup jelas jalurnya karena ada bekas jalan motor yang katanya ada motor yang jalan sampai cikasur kalau ngojek sampai sana di tawarin sama tukang ojeknya 250rb, tapi sebenarnya naik motor sampai cikasur hanya diperbolehkan sampai makadam bukan cikasur, jalan makadam-mata air 1 j alan di dominasi jalan hutan (rumput dan pepohonan) yang agak landai dan sedikit menanjak di beberapa tempat, selama perjalanan disuguhi bau amis anyir karena ada pembunuhan masal cacing gede2, mungkin akibat malam sebelumnya hujan jadi cacing pada keluar,,
Spoiler for cacing:
jalan yang awanya beriringan lama2 pada misah2 sendiri, dan jam 11.30 mata air 1 yang katanya pos 1 via baderan, dan kita putuskan buat ISHOMA,, disini terdapat mata air dari sungai kecil sebelah kiri pos mata air 1, untuk ngambil air turunanya cukup sulit jadi harus hati2,,di pos ini juga kami bertemu kawanan kera liar,, sebaiknya saran kalau mau istirahat d sini harus hati2 menjaga barang bawaan, kalau diambil kera bisa berabe,,
Spoiler for mataair 1:
maksi bareng
awas munyet liar
jam 14.00 setelah acara ISHOMA rampung kita mulai ngelanjutin perjalanan lagi, targetnya sebenarnya cikasur tapi lihat sikon dulu,,, jalur mataair 1 ke mata air 2 di dominasi jalur setapak agak datar dan banyak rumput2 setingi lutut dan kanan kiri pohon,,seperti jalan d kebon,,, kanan kiri banyak burung2 liar,, bikin adem hati,,, , ts yang tadinya jalan d belakang dan tepisah sama rombongan belakang lama2 nyusul rombongan depan dan jam 17.00 sampai mata air 2 di sini diputusin untuk ngecamp karena banyak yang tidak merekomendasikan untuk jalan malam d argopuro karena banyak jalur sabana dan hutan yang bergantian yang bisa menyebabkan resiko tersesat ,serta hewan2 liar. (macan, babi hutan, dll)
Spoiler for mataair 2:
ngecamp cantik
-- 25/12/2014 --(lanjut gan)
pas esoknya jm 06.00 udah bangun semua pada nyiapin sarapan dan packing ulang,,, jm 07.00 dianjut rencana sampai pos cisentor,,, perjalanan anatara mata air 2 dengan alun2 kecil di dominasi hampir sama dengan perjalanan mataair 1 ke mata air 2 dengan banyak pohon2 besar dan edelwis yang tumbuh dikanan kiri dan di dominasi jalan landai agak menanjak,sebelum alun kecil ts dan temen2 sempetin foto2 dan absi foto2 ts disuguhi jalan turun yang agak curam dan susah karena jalan setapak yang rusak karena motor2 yang bersliweran, jam 08.30sampai alun2 kecil
Spoiler for to alun2 kecil:
hutan pinus dan udah banyak edelwis
sudah kelihatan alun2 kecil
di alun2 kecil kita istirahat sebentar sambil nunggu rombongan yang dibelakang, alun2 kecil d tandai dengan sabana yang agak luas dengan adanya pohon(1buah) yang ada di tengahnya , disini ketemu sama warga sekitar yg naik motor yang tadi ketemu saat jalan mau ngambil selada air di cikasur
Spoiler for alun2 ketjicl:
pas jm 09.00 dilanjutin jalan dan nyampe ke alun2 besar jam 10.00 perjalanan dari alun2 kecil - alun2 besar ditandai sabana dan hutan yang bergantiaan kalau gak salah sabana besar itu sabana yang ke tiga , alun2 besar ditandai sabana yang lebih besar daripada alun2 kecil
Spoiler for alun2 besar:
setelah istirahat agak lama kita jalan lagi karena nunggu mas bontox dkk gak dateng2,, start dari alun2 besar jam 10.20 dan target siang sampai cikasur, perjalanan di dominasi sabana dan h utan bergantian, lupa gak kehitung berapa kali,, perjalanan begitu menarik menurut TS karena dibeberapa sabana ada warna sabanaya yang berbeda2 ada yang hijau, cokeelat dan kuning jadi keliahatan begitu bagus,,
Spoiler for perjalanan ini:
sabana ajib
kuning ui
udah mau nyampai cikasur
setelah melewati beberapa sabana sampai juga di cikasur jm 11.20 buat Ishoma, di cikasur sebaiknya harus teliti melihat jalur karena ada banyak jalur bercabang untuk jalur ke cisentor maupun ke jember,, kalau ngikutin jalur sebaiknya ambil jalur yang memutar sungai sebelah kanan jangan yang langsung sungai karena nanti tidak bisa melihat petunjuk arah ke cisentor,, di cikasur bener2 ajib sabana luas banget, katanya ada merak di sini kalau pagi, tapi sayang ts ke sini cuma mampir istirahat siang.
Spoiler for cikasur:
lagi panen selada air di cikasur
ishoma malah gerimis
tanda pertigaan ke cisentor
rumah yang ancur
14.00-17.00 cikasur - cisentor (ngecamp)
selesai ishoma jam 14.00 kita ngelanjutin ke cisentor mengambil jalur sebelah kanan , yang diawali trek nanjak , pas di sini ada kejadian menarik karena ts agak loyo jadi jalan agak belakang sendiri pas jalan di depan ada burung kayak cucak urang yang jalan di depan ts kayak ngasih petunjuk arah, lama kira2 hampir 1 jam an terus d depan,, tapi sayang gak ke photo, tanda2 mendekati cisentor berupa hutan pinus yang lebih lebat dan rimbun,, dan jalan kayak agak memutari bukit, pas ketemu turunan yang curam ktm sungai yang merupakan pos cisentor jm 17.00, di sini baru ts bertemu pendaki2 lainya,,,, dua hari naik baru ktm pendaki lain muka
Spoiler for cisentor:
hotel berbintang-bintang
selengkapnya ada di post 2 ya gan,,,
Diubah oleh mamobp87 13-03-2015 11:35
0
6.2K
Kutip
26
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru