zhouxianAvatar border
TS
zhouxian
Menelisik Kekayaan Miliarder Indonesia Duo Hartono
wa
JAKARTA - Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono semakin diakui dunia. Keduanya merupakan sosok terkaya di Indonesia.

Kekayaan Hartono bersaudara ini meningkat sekira USD3 miliar seiring kenaikan harga saham bank miliknya, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Kini, total kekayaan kedua bersaudara pemilik Grup Djarum ini mencapai USD17,7 miliar. Padahal, pada Maret 2014 lalu, kekayaan keduanya baru mencapai USD14,9 miliar. Demikian dilansir dari Forbes, Rabu (4/3/2015).

Menurut data BEI, Robert dan Michael memiliki 11,62 miliar lembar saham di bank swasta terbesar di Tanah Air tersebut melalui Farindo Investment (Mauritius) Ltd. Jumlah saham tersebut setara dengan 47,15 persen.

Mereka juga merupakan pemilik perusahaan rokok Djarum. Dua bersaudara menerima warisan pabrik rokok dari ayahnya, Oei Wie Gwan, yang meninggal dunia. Saat itu, Robert yang berusia 22 tahun dan kakaknya Michael berhasil membuat perusahaan ini menjadi perusahaan raksasa, padahal awalnya pabriknya baru saja terbakar dan kondisi perusahaan tidak stabil.

Hartono bersaudara juga memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektare di Kalimantan Barat sejak tahun 2008. Duo bersaudara ini juga memiliki serta sejumlah properti kelas atas, di antaranya Grand Indonesia di pusat Jakarta.

Di bawah kendali mereka, gurita bisnis Djarum kian merajalela. Mereka pun ikut masuk ke pasar elektronik di bawah bendera Polytron yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun. Polytron ini kini juga memproduksi ponsel yang sebelumnya hanya meproduksi AC, kulkas, produk video dan audio, dan dispenser.

Djarum juga tidak main-main di industri internet. Anak Robert, Martin Hartono, yang tampaknya paling fokus di bisnis ini. Dia yang ini menjabat sebagai Direktur Teknologi Bisnis PT Djarum mengaku, selama belasan tahun bekerja di Djarum, ternyata selama itu dia bekerja, dia menganggapnya sebagai pelatihan untuk mulai berinvestasi di perusahaan-perusahaan internet.

Melalui perusahaan yang baru dibuat, yakni Ventures Global Prima Digital, mereka juga membeli Kaskus pada Januari 2013. Tak cuma itu, dia juga memiliki situs internet yang bernama infokost.com dan blibli.com.


http://economy.okezone.com/read/2015...ia-duo-hartono

kaya gan emoticon-Blue Guy Peace
0
4.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan