Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

clearhogoAvatar border
TS
clearhogo
curhatan seorang GM ( game master)
mohon maaf yah kalo salah kamar kakak cuma biar banyak yang baca......

Curhatan seorang GM game online Indonesia

Pada suatu hari……. Nah biasanya sebuah cerita dimulai dengan kata gtuh kan karena ane nga kpengen formal jadi ane mulai ajah dengan cerita ane kerja jadi GM (game master) di game online Indonesia yah, jadi ceritanya ane keterima kerja di salah satu perusahaan publisher Indonesia yang bernama GAMEDONK skip skip…..
rata2 (ato bahkan mungkin semua) game online yang di indonesia itu di PUBLISH. bukan di DEVELOP. artinya, kalo ada apa2, itu udah semata2 menjadi "Standard Operational Procedure" untuk ngelapor pada pihak developer (biasanya sih china) dan menunggu jawaban dari mereka itu lama dan nga bisa sehari langsung diberesin.

salah satu tambahan lagi buat mental gamer indonesia, buat ane sendiri yang udah ngerasain jadi seorang GM, mereka ngga mau tau serepot apa prosedur atau proses yang harus dilakukan.

ane pun juga udah ngalamin yang namanya "pasrah karena ngga bisa berbuat apa2" dan "seneng karena cheat/bug tersebut udah ngga bisa dipake lagi". but guess what, kalo masalah bug, katakanlah id ke dobel, dungeon dungeon belom kebuka dan lain sebagainya belum di fix, itu TIDAK SELALU karena GMnya tutup mata.

ane sekedar share ya. agak mirip analoginya dengan ini:

DEVELOPER -- PRODUK --> PUBLISHER -> PLAYER ibarat: Nestle/Danone/KhongGuan -- Biskuit Malkist, Pocky, dll --> Indomart, carrefour -> Konsumen
misalnya kalian beli makanan di supermarket. terus ternyata didalem bungkus makanan itu ada katakanlah serangga mati. masa kalian lapor ke supermarketnya? padahal yang ngebungkus itu si pembuat pastinya (yang baru di shipping ke supermarket), bener ngga?

nah kalo di sistem game online gini, kalian bias cobainnya game ane disini nih http://testbird.io/BFnQ7n?prt. kalian bisa lapor ke kita dan nanti akan kita teruskan ke bagian pihak team developer. TAPI masalahnya, laporan bug itu ngga gampang sama sekali.
tau ngga, rata2 laporan bug itu gimana kalo masuk di email inbox gm?

"kk GM knp gua nga bisa online" "woi tod ada bug benerin dong becus ga si lu jadi gm" “ini kuq item dodge kuning nga ada sih?” dan malah ada yang nanya ngeselin bilang “ woi ada game lain yang lebih seru nga ini game sampah banget!!”

ya kira2 seperti itulah..
ngga bisa kalo kita langsung laporin ke pihak developer juga. ada yang pernah denger ungkapan seperti ini:
"The easiest and the fastest way to fix a bug is to first know how to reproduce it."
yang artinya, kalo kita ga tau gimana cara membuat bug itu terjadi.. ya bagaimana kita bisa ngebenerin bug itu? ibarat gini, kalian makan seafood (cumi, kerang, udang, ikan, dll) terus sampe rumah badan kalian merah2 dan ternyata alergi. Tentu supaya kita ga kena alergi lagi kita harus tau dong makanan apa penyebabnya, bener ngga? Apa itu cumi nya? Kerangnya? Ato udangnya? Apa semuanya? Intinya sebelum kita tau apa penyebabnya, kita ngga akan bisa menghindari problem yang sama Smile

Ngga bisa tuh kita lapor ke developer cuman bilang "Hi, there is a bug which makes the player cannot go to certain dungeon. Please fix this." “this player cannot go online this is his/her id and email.” NO. kita harus menjabarkan caranya SECARA RINCI (entah itu dari tulisan, maupun video fraps atau puluhan screenshot yang intinya menjelaskan bagaimana bug itu terjadi).

yah, okay, emang itu semua bagian dari jobdesc seorang GM. mempunyai networking yang cukup luas memang penting, soalnya kalo mulai ada laporan bug2 gini, biasa ane pun masuk ke dalam game dan coba ngomong sama beberapa temen deket ane yang udah level tinggi. tapi .. ngga semua pun tau tentang itu. andai mereka tau, belum tentu mereka mau ngomong.

kalo dari player yang *udah tau tapi mingkem doang* aja ngga mau kasih tau, bukankah itu mempersulit kerja seorang GM? sekali lagi, ya memang *cari tau tentang bug* memang jobdec seorang GM, tapi player2 yang level tinggi/terkenal pun ngga semuanya tau. masa kita harus mendedikasikan seluruh waktu kerja untuk cari tau gimana bug itu terjadi? lalu bagaimana dengan laporan hack? pertanyaan2 yang masuk ke inbox GM atau forum2 tetangga yang harus kita pantau? dan juga patch/update baru yang harus segera kita translate ke bhs indonesia? apa ditelantarkan begitu saja demi mencari bug? kan ngga.. kita juga harus bagi waktu

kalo soal masalah player yang menggunakan cheat, kita juga ngga bisa main asal ban setiap terima laporan. kita harus ngeliat mereka saat bermain. dan ane rasa kita semua tau ngga semua cheat *gampang diliat*. contoh aja dulu gunbound, kalo pake aimbot, emang orang lain bisa ngeliat? ngga kan? antara JAGO sama CHEAT itu biasa susah dibedain. dan inilah mental orang indo satu lagi. kalo kalah sama yang level/pangkat lebih rendah langsung deh cocod ato nuduh "CHEATTT!" dan ga pernah mikir "wah emang gw kalah skill mungkin"

sama halnya dengan anticheat. hampir semua game ada protectionnya baik itu xtrap, gameguard dan lain sebagainya. untuk semua yang tembus pun kita juga harus lapor. ini sedikit lebih gampang karena biasanya cheat itu berupa third-party program, jadi kita cukup memberikan screenshot bahwa *nih bisa dipake, kok tembus?* dengan sedikit penjelasan tentang efek di game dan mereka akan terima laporan tersebut.

tapi apa memperoleh program2 seperti itu gampang? percaya ngga percaya, dari jobdec sebanyak itupun salah satunya juga memantau perkembangan cheat, masuk ke forum2 local maupun luar supaya dapet program itu dan riskan ngerusakin kompi kantor (apalagi kalo xtrap, tiap ke detect cheat langsung otomatis restart kompinya)


--> DAN BALIK LAGI.. update untuk game (perbaikan bug) maupun anticheat bawaan dari game tersebut adalah KE-BI-JAK-AN dari developer game maupun anticheat tersebut. kalo kita udah lapor dan mereka belum kasih fix.. kita ngga bisa apa2. masa kita tiap hari nge-grecokin mereka dan bilang dengan gaya player "woi tod mana updatenya yang bisa ngefix ini " .. yang ada license kita diputus langsung

sorry, ane bukan ngebela kinerja GM di publisher indo, tapi cuman mencoba membuka mata para player bahwa jadi GM itu ngga gampang.

ga jarang juga denger kritik pedes, "Halah jadi GM ngurus game aja ga bisa/becus, ke laut aja lu!" ato "Loh lu kan digaji untuk itu, lu dibayar untuk itu , jgn complain dong!"

biasa sih ane cuman geleng2 kepala aja ya, memang diakui kinerja GM untuk game2 yang udah ada mungkin BELUM maksimal .. dan satu sifat yang harus dimiliki semua GM adalah KESABARAN. SABAR, SABAR dan SABAR. kita dicaci maki, dikritik, dikomentarin dan kita ga boleh bales ke mereka ( notabene para player player yang aneh)

nah bagi kalian yang udah baca suka dukanya menjadi GM dan jikalau diantara kalian ada yang mau menjadi/ melamar jadi GM boleh deh dipikirin ulang karena ini kerjaan gampang gampang susah ( yang ada banyak susahnya) nah bersama dengan postingan ini GM aka mimin ngajakin kalian untuk lebih baik dan sopan lah kalo lapor hal hal kepada mimin mimin ato GM GM game online Indonesia karena mreka juga manusia eui wkwkwkw btw klo kepengen tau game apa yg ane jadi GM nya silahkan ajah cek ini link http://testbird.io/BFnQ7n?prt dan cobain gamenya wkwkwwkwk.

dan terima kasih buat agan agana dan sista yang udah mau meluangkan waktunya buat baca ini makasih yahemoticon-Matabelo

emoticon-Belomatabelo
Diubah oleh clearhogo 19-12-2014 03:58
0
9K
86
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan