cn.sscAvatar border
TS
cn.ssc
Biaya Hidup di Shanghai (general overview)
Kalau di Shanghai:

- untuk tempat kos yg agak lebih lumayan, anda bisa menyewa kamar 2,500-3000 RMB per bulan sudah termasuk biaya listrik, gas, Internet dan 阿姨a1yi2 (pembantu).

- transportasi tinggal beli 交通卡jiao1tong1* ka3 (transportation card) harga: 100 RMB (80 RMB siap pakai+20 RMB sebagai deposito). Untuk perjalanan kurang dari 10km 3 RMB sekali jalan. Pemakaian lebih dari 50 RMB dalam sebulan dapat diskon 10% untuk setiap perjalanan. Jiaotong ka bisa dipakai di bis umum juga (biasanya 2 RMB sekali jalan)

- makan dan minum: sedikit lebih mahal dari kota lain tetapi masih terbilang murah, contoh 1 botol 450ml 农夫山泉 Nong2fu4 Shan1 Quan2 (Nongfu Spring Mineral Water) di Shanghai harganya 1.60 RMB di Nanjing harganya 1.40 RMB

Banyak minimart seperti Kedi, Family Mart, C Store, Lawson, Quik, 7 Eleven, Tesco dll menjual sajian Chinese food dalam kemasan bento=便当bian4dang harga mulai dari 6.80 RMB s/d 12.80 RMB, banyak juga sajian mie serupa.

Soft Drink seperti Coke dan Mirinda Orange, 2.50 RMB untuk botol plastik 250ml.

Sekali makan di McDonalds, KFC dsbgnya 15-30 RMB (contoh - double cheeseburger: 12 RMB; big mac: 15 RMB; double cheesburger+medium fries+medium coke set meal: 23.50 RMB) atau misalnya Ajisen 5x lebih murah daripada Singapore - contoh: Ajisen Ramen 25 RMB di Singapore $15 (kurang lebih 75 RMB)

Beli mie/kwetiaw/nasi goreng sayur dari kios di pinggir jalan cuma 6 RMB, mau tambah apa misalnya 1 batang sosis tambah 1 RMB...banyak rumah makan murah-meriah tapi enak (jauh lebih bagus dan bersih daripada tempat serupa di Indo, sekali makan 6-15 RMB misalnya 回锅肉饭 hui2 guo1 rou4 fan4 (nasi samcan tumis d/ cabe & pekcai, 12 RMB, 牛肉炒河粉 niu2rou4 chao3 he2fen3 (hor fun goreng sapi) 10-11 RMB atau 菜饭+骨头汤 cai4 fan4+ gu2tou tang1 (nasi goreng sayur+sop bakut d/ sayur) 8-9 RMB, nasi goreng boleh tambah free-flow gratis...belum lagi banyak resto Chinese Fast Food (中式快餐zhong1shi4 kuai4 can1) seperti Laoniangjiu, Master Kong dan Yonghe Dawang (dua terakhir dari Taiwan) harga mulai dari 10-25 RMB per meal kebanyakan paket set meal dan banyak juga resto Chinese Fast Food dimana anda tinggal pilih masakan siap saji dari counter dan lebih murah mulai dari 12-15 RMB per meal (1 lauk daging, 1 lauk sayur+nasi putih) tambah soup biasanya 2-3 RMB...

Kalau mau irit hindari tempat yang banyak bulenya, misalnya pasar swalayan yang ditujukan untuk bule seperti City Shop jauh lebih mahal dari supermarket lokal seperti Hualian, Jiadeli, Lianhua dan banyak lagi atau resto, bar dan cafe bule harganya juga selangit untuk standar lokal tapi kurang lebih sama seperti tempat hiburan termahal di Jakarta.

Satu lagi hal, nonton film di bioskop jarang dilakukan orang karena jauh lebih mahal daripada DVD (5 RMB per disc dari vendor dan film baru keluar, DVD biasanya keluar juga); tarif bioskop biasanya 90an RMB per orang.

Barang mewah lebih murah di Hong Kong dan Singapore karena pajak barang mewah di daratan China tetapi pemerintah pusat berencana mengurangi dan meniadakan pajak barang mewah ini (termasuk Ipad, Iphone). Harga mobil termasuk mobil mewah saat ini kurang lebih sama dengan Indo.
0
21.2K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan