Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BankBCAAvatar border
TS
BankBCA
10 Jurus Mobile Photography dari Komunitas KelasPagi

Image: http://asset3.cbsistatic.com/cnwk.1d...of_610x407.jpg

Praktis dan bisa langsung sharingke jejaring sosial. Gak heran kini mobile photography menjamur di mana-mana. Apalagi kini banyak ponsel dengan kamera yang mumpuni. Tapi gimana sih buat bikin foto yang bagus dari kamera HP?

Kawan-kawan dari komunitas fotografi KelasPagi punya berbagai tips & trik untuk menjepret menggunakan kamera handphone. Cekidot, Gan!

1. Bisma (@abism)
“Selain ikut KelasPagi, rajin-rajinlah liat foto-foto dari Instagrammer yg follower-nya hits, tiru cara mereka moto, dari penyusunan objek, pilihan warnanya, tata cahayanya, trus editnya juga hati-hati, bukan asal banyak filter pasti bagus. Eksperimen dgn masing-masing filter 1 per 1, ga boleh maruk. Akun yang fotonya cakep itu rata-rata minim filter.”

2. Nunu (@oktavianusnugroho)
Just do it. Jangan lewatkan momen keren di depan mata.”[

3. Amel Leo (@amelleo88)
“Perhatiin gelap terang (cahaya). Cari keteraturan dari ketidakteraturan (pola). Tekan shutter di waktu yang tepat (momen).”

4. Mahwari Sadewa Jalutama (@tamagraph)
“Untuk bermain di ranah mobile photography saya lebih suka bermain dengan komposisi dan pola. Memanfaatkan garis-garis yg ada pada ruang, menjadikan geometri sederhana. Terkadang juga bermain dengan kontras. Lebih membentuk image yg minimalis.”

5. Ipin (@diselipin)
“Memaksimalkan dengan keterbatasan yang ada. Contohnya motret pake handphone dengan teknik berbeda. Memutar si handphone sehingga didapat gambar yang nggak biasa, seakan kita dibikin pusing ketika ngeliat foto itu, tapi tetep komposisi nggak diabaikan. Trus dibikin black & white deh, supaya lebih dapet dimensinya. Untuk lebih lengkap, bisa liat di Instagram saya.”

6. Zaini (@zainirahman)
“Perhatikan kuantitas cahaya atau lighting (matahari), posisikan benda yang ingin difoto dalam sepertiga frame supaya menjadi point of view, apabila ingin memotret pemandangan sebaiknya carilah waktu yang tepat, pagi atau sore hari agar langit terlihat cerah.”

7. Ariyanda Septian (@ariyandaaa)
“Nikmati dulu apa yang difoto sebelum memulai memotret agar kamu mengenal apa yang indah atau hal yang bagus dari apa yang mau difoto. Menikmati apa yang mau difoto selama beberapa menit, terus melakukan proses pemotretan dengan HP selama kurang lebih 15 menit.”

8. Nugroho Aji Wibowo (@nugrohoajiwibowo)
“Hindari internal flash & auto preset, main ISO manual saja. Atur zero shutter delay kalau ada. Gunakan resolusi tertinggi. Komposisi, style, white balance, lighting sesuai selera. Editing bebas. Tapi yang penting motret aja dulu jangan kebanyakan mikirin teori sama teknis ntar gak motret-motret kalo kebanyakan mikir.”

9. Kartolo Lo (@lokartolo)
“Fokus pada hasil akhir foto yg akan dihasilkan. Perhatikan angle, komposisi, susunan objek serta pemilihan objek yg ingin dimasukkan dan tidak. Temukan momen. Edit untuk mencapai hasil maksimal yg sesuai diinginkan.”

10. Abrianto (@a.journal27)
“Siapin HP, cek kebersihan lensa, pakailah aplikasi kamera default. Belajarlah untuk mengamati dan melihat secara lebih mendalam. Editing jangan terlalu banyak menambahkan atau mengurangi hasil foto. Filter tidak bisa menggantikan mata yang baik.”

Kombinasikan tips & trik tadi dengan passion Agan. Terus bereksperimen, jepret sesering mungkin sampai Agan menemukan hasil & style sesuai dengan yang Agan pengen.

Jangan lupa juga untuk follow Instagram BCA di @goodlifebca.

Komunitas KelasPagi adalah kelas fotografi gratis di pagi hari yang didirikan oleh Anton Ismael. Melalui komunitas ini, Agan berkesempatan untuk ikutan workshop fotografi GRATIS setiap bulannya dengan pembicara-pembicara yang super keren. Updatenya bisa Agan cek di Twitter [URL="http://twitterxpresiBCA"]@XpresiBCA[/URL] dan @kelaspagijkt.

Spoiler for Workshop Fotografi Gratis:
0
4.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan